Bolehkah Pria Pakai Sabun Wajah Khusus Wanita?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Dibandingkan dengan sabun wajah untuk pria, sabun wajah wanita lebih sering dan mudah ditemukan. Bahkan varian untuk sabun wajah wanita lebih banyak. Hal ini memicu sebagian besar pria untuk menggunakan sabun wajah wanita saat membersihkan wajah. Akan tetapi, amankah jika pria menggunakan sabun wajah untuk wanita, atau justru berbahaya untuk kesehatan kulitnya?

Sabun wajah wanita untuk pria, boleh tidak ya?

Kulit wajah pria dan wanita memang cenderung berbeda. Rata-rata, pria memang memiliki wajah yang lebih berminyak dibanding dengan kulit wanita. Hal ini disebabkan jumlah kolagen pada lapisan kulit bagian tengah (dermis) pada laki-laki lebih tinggi dibanding wanita.

Hal lain yang membedakan kulit keduanya adalah kebiasaan pria mencukur rambut di wajah, baik kumis maupun jenggot. Kebiasaan ini nyatanya memberikan efek eksfoliasi terhadap wajah pria. Oleh karena jenis kulit dan kebiasaan ini, terdapat perbedaan bahan baku yang digunakan di dalam sabun wajah untuk pria dan wanita.

Sabun wajah untuk pria biasanya memiliki tambahan bahan tertentu. Tambahan bahan ini dapat melembutkan jenggot atau mengandung eksfolian yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan rambut wajah.

Tetapi, selain bahan-bahan tersebut, kandungan lain yang ada di dalam sabun wajah pria sama seperti sabun wajah wanita. Bahan-bahan tersebut misalnya sintetis surfaktan, asam lemak, atau sabun.

Jadi sebenarnya sah-sah saja jika Anda sesekali menggunakan sabun wajah wanita, karena hampir semua kandungannya sama. Meski memang, ketika Anda terus-terusan menggunakan sabun wajah Anda tidak mendapat

Nah, yang mesti diperhatikan justru jenis sabun wajah yang akan dipakai. Entah produk tersebut ditujukan untuk wanita atau pria, tapi yang utama Anda harus tahu apakah produk tersebut memang untuk jenis kulit Anda.

Namun, wanita tidak disarankan menggunakan sabun wajah untuk pria sebab bahan-bahan tambahan yang menjadi kandungan di dalam sabun wajah untuk pria cenderung lebih keras dan tidak cocok untuk kulit wajah wanita yang lebih sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit.

Sabun wajah yang baik untuk pria berdasarkan jenis kulit

Bagi pria, menggunakan sabun wajah untuk wanita memang tidak masalah. Hanya saja, sebaiknya pilih yang sesuai dengan jenis kulit.

1. Kulit normal

Jika kulit Anda termasuk kulit normal, tandanya kulit Anda tidak akan bermasalah dengan segala jenis sabun wajah, baik sabun wajah untuk kulit berminyak atau kering, keduanya tidak memiliki perbedaan khusus. Hal ini terjadi karena Anda memiliki sirkulasi darah yang baik dan pori-pori Anda juga tidak terlalu terlihat.

Pastinya, penggunaan sabun wajah berfungsi untuk mencegah bertumpuknya debu dan kotoran pada wajah Anda. Sehingga, meski kulit Anda tidak bermasalah, Anda tetap harus rajin mencuci dan membersihkannya. Anda bebas memilih jenis pembersih wajah untuk pria maupun wanita yang sesuai dengan selera Anda.

2. Kulit berminyak

Sementara itu, jika kulit Anda cenderung berminyak, pori-pori Anda akan cenderung lebih besar dan terlihat. Selain itu, minyak pada wajah Anda akan lebih mudah muncul sekalipun Anda baru saja mencuci wajah menggunakan sabun. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda memilih jenis sabun wajah untuk pria ataupun wanita yang dapat menahan produksi minyak pada wajah.

Mengingat produksi minyak pada pria lebih banyak dibanding produksi minyak pada wanita, pilih jenis sabun wajah yang dapat mengontrol minyak pada wajah lebih baik.

Tetapi ingat, jangan pilih sabun wajah yang dapat membuat kulit Anda terlalu kering, karena membuatnya terlalu kering justru akan menimbulkan efek produksi minyak wajah yang lebih banyak lagi.

3. Kulit kering

Meski pria cenderung memiliki jenis tipe kulit berminyak, bukan berarti tidak ada pria yang memiliki kulit yang kering. Biasanya, kondisi kulit seperti ini ditandai dengan kulit yang mudah gatal atau terkelupas, dan terasa kencang.

Pria dengan kulit seperti ini sebaiknya menggunakan jenis sabun wajah yang dapat menghilangkan debu dan kotoran pada wajah tetapi tidak akan menghambat minyak alami. Jenis sabun wajah untuk pria maupun wanita yang cocok digunakan untuk kondisi kulit ini adalah yang produk yang dapat membantu kulit terhidrasi.

4. Kulit sensitif

Selain kulit berminyak, banyak juga pria yang merasa memiliki jenis kulit sensitif. Jenis kulit yang satu ini biasanya disebabkan oleh bagian kulit yang ditumbuhi rambut seperti kumis atau jenggot.

Padahal, bagian kulit yang ditumbuhi rambut pada wajah dengan bagian kulit yang lainnya mungkin berbeda tipe atau jenisnya, dan harus dirawat dengan cara yang berbeda pula.

Untuk mengatasi kulit sensitif, sabun wajah untuk pria dan wanita yang bisa digunakan adalah sabun yang tidak mengandung alkohol, pengharum, atau bahan kimia berbahaya lainnya. Sebaiknya pilih sabun wajah dengan kandungan bahan alami seperti aloe vera atau chamomile yang baik untuk kulit.

Sumber foto: Storyblocks Video

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan