Berapa Kali Sehari Sebaiknya Pria Cuci Muka dengan Sabun Muka?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Salah satu cara merawat penampilan pria adalah dengan mencuci muka. Selain untuk menjaga wajah tetap bersih, cuci muka dengan sabun muka juga akan membantu kulit wajah tetap terawat dan terhindar dari berbagai gangguan kulit seperti jerawat dan komedo. Tapi jangan salah, meski kesannya sederhana, sering kali para pria tidak melakukannya dengan benar.

Ahli penyakit kulit atau dermatolog asal New York City, Dr. Jeremy Brauer mengatakan, mencuci muka termasuk ke dalam perawatan wajah yang paling murah dan mudah dilakukan. “Semakin Anda mencucinya dengan baik dan benar, wajah Anda akan semakin terawat dengan baik,” ujar direktur riset klinis dari Laser & Skin Surgery Center of New York ini, seperti dilansir Ask Men.

Berapa kali yang ideal?

Umumnya para ahli merekomendasikan pria mencuci wajahnya dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Kalau terlalu sering atau lebih dari dua kali, kulit Anda bisa berisiko kering.

Kebanyakan pria mungkin mencuci wajah mereka di pagi hari saat sedang mandi, sebelum berangkat kerja. Pada saat malam, pria mencuci wajah mereka dengan sabun wajah yang memiliki scrub, untuk menghilangkan debu dan juga minyak yang menempel setelah seharian beraktivitas.

Dr. Terrence Keaney, ahli ilmu penyakit kulit yang bekerja dengan Dove Men+Care, kepada Business Insider, merekomendasikan kepada para pasien prianya agar mencuci wajah mereka dua kali sehari. Dan hanya dua kali sehari saja.

“Ketika Anda mencuci wajah Anda, sabun atau pembersih yang Anda gunakan tidak hanya menghilangkan minyak dan keringat, tapi juga menghilangkan lipid dalam kulit. Jadi sabun atau pembersih Anda bisa berpotensi membuat kulit iritasi jika digunakan terlalu sering,” tutur Dr. Keaney.

Apa akibatnya kalau terlalu sering cuci muka pakai sabun muka?

Anda mungkin mencuci wajah Anda terlalu sering atau malah jarang. Bahkan Anda mungkin salah menggunakan sabun muka atau mencuci muka di waktu yang tidak tepat.

Ia memperingatkan kepada para pria agar tidak sering mencuci wajah. “Saya selalu waspada dan mencoba mencegah orang lain membersihkan wajah mereka terlalu berlebihan, serta membuat kulit mereka kering dan iritasi,” ujar Keany.

Dikutip dari Health, kebiasaan yang salah tersebut bisa membuat kulit wajah Anda kering, rambut-rambut halus di wajah (jenggot, kumis, brewok) tidak tumbuh, timbul jerawat, atau kulit jadi berminyak. Tapi tidak jarang juga kebiasaan yang salah dalam mencuci wajah bisa menyebabkan iritasi.

Dr. Keany juga menyarankan kita untuk menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah, di pagi hari setelah bangun tidur dan juga malam hari tepat sebelum tidur.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

    Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30/01/2020 . 4 menit baca

    Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

    Pakai sheet mask tidak hanya sekadar ditempelkan di wajah beberapa menit. Intip cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Hidup Sehat, Kecantikan 27/01/2020 . 4 menit baca

    Panduan Memilih Sabun Muka Terbaik untuk Wajah Berjerawat

    Mencuci muka jadi langkah penting agar jerawat di wajah tidak bertambah parah. Jangan asal beli, yuk ikuti panduan membeli sabun muka untuk jerawat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Jerawat, Health Centers 24/01/2020 . 5 menit baca

    Kesalahan Saat Memakai Skincare yang Mungkin Anda Lakukan

    Skincare Anda tidak bekerja dengan baik? Mungkin Anda melakukan beberapa kesalahan yang tanpa sadari Anda lakukan saat memakai skincare. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Hidup Sehat, Kecantikan 09/01/2020 . 4 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    gatal karena kulit kering

    Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 5 menit baca
    warna rambut

    Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . 4 menit baca
    Skin care dengan asam aktif

    Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . 4 menit baca
    berapa lama skin care menunjukkan hasil

    Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Dipublikasikan tanggal: 05/02/2020 . 4 menit baca