7 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Perut Kembung Saat Haid

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Perut kembung adalah salah satu gejala sindrom pramenstruasi (PMS) yang dapat terjadi 1-2 minggu sebelum menstruasi. Perut kembung tentu membuat Anda tidak nyaman, bahkan merasa berat badan bertambah karena perut yang menonjol keluar. Untungnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala ini. Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang dapat mengatasi perut kembung saat haid.

Ubah gaya hidup, cara terbaik untuk atasi perut kembung saat haid

Ada banyak perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi perut kembung. Pada akhirnya, perubahan ini dapat membantu meringankan gejala-gejala perut kembung saat haid.

1. Hindari makanan asin

suka rasa asin, ini alasannya

Natrium dalam garam dapat meningkatkan jumlah air yang disimpan tubuh. Menghindari makanan asin dapat membantu mengurangi penumpukan cairan dan mencegah perut kembung saat haid.

The American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi asupan garam hingga 1.500 miligram (mg) per hari. Salah satu cara menghindari kelebihan garam adalah dengan memasak makanan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan segar.

Karena banyak makanan olahan yang mengandung garam, jika Anda masak makanan sendiri, Anda bisa mengatur sendiri takaran garam yang diinginkan.

2. Makan makanan yang kaya kalium

alergi pisang

Makan makanan yang kaya kalium dapat membantu mengurangi perut kembung saat haid. Penelitian menunjukkan kalium menurunkan kadar natrium dan meningkatkan produksi urine. Dengan cara ini, kalium mencegah penumpukan cairan yang bisa membuat perut jadi kembung ketika haid.

Makanan kaya kalium yang dapat mengurangi perut kembung saat haid termasuk sayuran hijau gelap, seperti bayam, ubi, pisang, alpukat, dan tomat.

3. Makan makanan bersifat diuretik alami

jahe untuk berhenti merokok

Sesuatu yang bersifat diuretik berarti dapat meningkatkan produksi urine. Memproduksi lebih banyak urine membantu tubuh untuk menyingkirkan air. Dengan cara ini, diuretik membantu mengurangi volume air yang terlalu banyak dalam tubuh.

Banyak makanan yang memiliki sifat diuretik alami, dengan mengonsumsi makanan tersebut Anda bisa mengurangi perut kembung saat haid. Makanan yang bertindak sebagai diuretik alami meliputi asparagus, nanas, timun, daun bawang, jahe, dan bawang putih.

Diuretik juga tersedia dalam bentuk pil. Dokter mungkin meresepkan ini jika Anda mengalami perut kembung yang lebih parah dan perawatan rumahan lainnya tidak membantu.

4. Minum banyak air

air putih obat infeksi saluran kencing alami

Bukan karena merasa kembung, Anda malah menghindari minum air putih. Pastikan Anda minum banyak air pada hari-hari menjelang menstruasi. Cobalah membawa botol air bersama Anda, dan tujukan untuk mengisinya beberapa kali sehari.

Pada umumnya minum air putih delapan gelas sehari (sekitar dua liter) dapat mencukupi kebutuhan air banyak orang.  Namun, Anda sendiri yang dapat menilai berapa banyak air yang Anda butuhkan.

5. Olahraga teratur

olahraga untuk pcos

Sebuah penelitian tahun 2013 menemukan bahwa olahraga teratur dapat membantu mengatasi gejala PMS. Ketika perut kembung adalah gejala PMS, olahraga teratur dapat membantu mengurangi itu.

Olahraga teratur adalah kunci untuk mengurangi gejala PMS. Para ahli menyarankan untuk melakukan salah satu dari yang berikut:

  • Beberapa jam aktivitas fisik dalam seminggu
  • Satu jam atau lebih aktivitas berat dalam seminggu
  • Kombinasi tingkatan aktivitas Anda

Supaya tubuh lebih bugar, Anda bisa menambahkan beberapa latihan khusus untuk membangun otot dalam seminggu. Atau setidaknya untuk tetap sehat, Anda bisa melakukan latihan rutin selama 2,5 jam dalam seminggu..

6. Hindari alkohol dan kafein

minum kopi saat haid

Para peneliti mengatakan bahwa alkohol dan kafein bisa menyebabkan perut kembung dan gejala lain dari PMS. Jika Anda susah menghindari secangkir kopi di pagi hari, cobalah menggantinya dengan minuman yang memiliki lebih sedikit kafein, seperti teh, atau gantikan sebagian kopi berkafein untuk jenis tanpa kafein.

7. Hindari karbohidrat olahan

makanan minuman manis penyebab impotensi

Karbohidrat olahan, seperti tepung dan gula olahan, menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Kondisi ini dapat meningkatkan tingkat insulin dalam darah, yang akhirnya merangsang ginjal untuk menahan natrium.

Nah, tingginya jumlah natrium membuat cairan menumpuk hingga perut terasa kembung. Maka itu, sebaiknya hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana dan karbohidrat olahan terlalu banyak seperti gula dan makanan manis lainnya.

8. Pertimbangkan pil KB

infeksi jamur vagina efek samping pil kb

Sebuah penelitian tahun 2008 melaporkan bahwa pil KB dapat membantu menyembuhkan perut kembung saat haid. Namun, beberapa wanita melaporkan bahwa pil KB membuat perut terasa lebih kembung.

Efek pil dapat bervariasi untuk setiap wanita, sehingga lebih baik diskusikan terlebih dulu dengan dokter dan mencoba beberapa jenis yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk mengelola perut kembung.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Kondisi yang Jadi Penyebab Perut Anda Begah dan Kembung

Perut begah sering disebabkan karena kekenyangan makan. Namun, tidak hanya itu saja penyebabnya. Simak penyebab perut begah lainnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 06/11/2019 . Waktu baca 6 menit

Katakan Selamat Tinggal Pada Perut Kembung dengan Minum 5 Teh Herbal Ini

Perut kembung memang membuat Anda tidak nyaman. Salah satu solusi mengatasinya adalah dengan minum teh herbal untuk perut kembung, apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Kapan Bisa Mulai Haid Lagi Setelah Aborsi?

Setelah aborsi, Anda tentu saja akan bisa haid lagi karena Anda sudah tidak lagi hamil. Namun, waktu kedatangannya bisa berbeda untuk tiap wanita.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 07/09/2019 . Waktu baca 4 menit

3 Pilihan Obat untuk Membantu Mengatasi Perut Kembung

Selain membuat tidak nyaman, perut kembung juga seolah membatasi ruang gerak tubuh. Lantas, apa saja obat yang bisa membantu meredakan perut kembung?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/07/2019 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

menggunakan menstrual cup

Berapa Lama Masa Pakai Menstrual Cup?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 25/04/2020 . Waktu baca 4 menit
asupan serat

Memenuhi Asupan Serat Harian Tanpa Alami Masalah Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 07/01/2020 . Waktu baca 4 menit
biji adas untuk perut kembung

Biji Adas untuk Meredakan Perut Kembung, Apakah Benar Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 16/12/2019 . Waktu baca 4 menit
perut begah, kembung

5 Penyebab Perut Terasa Begah, Plus Cara Mengobati dan Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15/12/2019 . Waktu baca 11 menit