Kalori Bukan Musuh! Orang Dengan 4 Kondisi Ini Justru Perlu Banyak Kalori

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kebutuhan kalori harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Banyak orang yang tak peduli dengan kebutuhan kalori yang harusnya ia penuhi. Padahal, hal ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan gizi, seperti kegemukan, malnutrisi, bahkan kekurangan gizi. Tak banyak yang tahu, sebenarnya Anda membutuhkan kalori lebih dalam saat-saat tertentu. Apa saja yang menyebabkan pertambahan kebutuhan kalori seseorang?

Kapan saja kebutuhan kalori saya bertambah?

1. Ketika sedang sakit

Mengalami penyakit kronis atau penyakit infeksi tertentu bisa membuat kebutuhan kalori atau energi Anda bertambah. Contohnya adalah pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan. Dalam hal ini, asupan makannya harus kuat dan banyak – dipertimbangkan juga status gizinya – agar pengobatan kanker yang sedang dilakukannya lancar.

Selain itu, penyakit kronis seperti ini rentan membuat pasiennya mengalami penurunan berat badan drastis, sehingga kebutuhan energi harus diperhatikan. Konsultasikan dengan dokter perubahan pola makan seperti apa yang diperlukan setiap kali Anda didiagnosis dengan penyakit tertentu. 

2. Sedang membentuk otot

Bila Anda sedang dalam program untuk membesarkan dan membentuk otot, maka kebutuhan energi Anda perlu ditambahkan dari sebelumnya. Pasalnya, di dalam program tersebut Anda harus melakukan olahraga yang berat dan menguras energi.

Tambahan kalori saat membentuk otot berasal dari protein yang memang dibutuhkan lebih banyak. Nah, sumber kalori yang baik untuk membentuk otot salah satunya yaitu protein. Mengonsumsi makanan tinggi protein telah terbukti dapat membantu otot terbentuk dan semakin besar.

3. Sedang hamil dan menyusui

Kehamilan dan menyusui adalah alasan mengapa Anda harus menambah kebutuhan kalori. Hal ini disebabkan karena selama kehamilan dan menyusui, Anda tak hanya memberikan makan tubuh Anda saja, tetapi juga bayi yang ada di dalam kandungan. Karenanya, semua kebutuhan zat gizi rata-rata akan bertambah.

Jangan takut gemuk, bila memang Anda mengonsumsi makanan sesuai dengan perhitungan kalori yang telah ditetapkan, seharusnya kalori yang masuk ke dalam tubuh dan yang dikeluarkan tubuh akan seimbang. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi pada dokter kandungan, bidan, atau ahli gizi untuk mengetahui berapa persisnya kebutuhan kalori Anda saat ini. 

4. Baru saja menjalani operasi

Pasien yang baru saja menjalani operasi besar membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya, demi mempercepat pemulihan. Maka dari itu, dalam hal ini kebutuhan kalori juga jadi lebih besar. Ini supaya tubuh memiliki cukup energi untuk memperbaiki jaringan serta sel-sel yang rusak akibat operasi yang dilakukan tersebut. Biasanya, kebutuhan protein yang akan ditambahkan karena zat gizi ini berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh.

Bagaimana cara menambahkan kebutuhan kalori?

Bagi Anda yang mengalami kondisi-kondisi yang telah disebutkan sebelumnya, memang lebih baik untuk menambahkan kebutuhan kalori dalam sehari karena tubuh sedang memerlukan energi yang lebih banyak.

Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang tepat, maka sebaiknya Anda konsultasikan hal ini pada ahli gizi. Sebab, perhitungan ini harus sesuai dengan kondisi yang Anda alami saat ini. Jika kurang atau berlebihan, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan gizi.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 21, 2017 | Terakhir Diedit: September 18, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca