Peran Penting Prebiotik Dalam Susu Organik untuk Pencernaan AnakIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kesadaran akan hidup yang lebih sehat dan alami sudah cukup tinggi dalam masyarakat, sehingga saat ini Anda bisa menemukan banyak produk alami di supermarket. Misalnya susu sapi organik. Susu sapi organik lebih alami karena diambil dari sapi peternakan organik yang diberi makan di padang rumput bebas pestisida. Sapi peternakan organik juga tidak disuntik hormon pertumbuhan maupun antibiotik.

Salah satu keunggulan susu organik adalah mengandung prebiotik yang memiliki segudang manfaat untuk pencernaan anak. Selain melancarkan pencernaan, prebiotik pada susu organik juga melindungi sistem pencernaan si kecil dari serangan berbagai penyakit.

Manfaat prebiotik pada susu organik untuk pencernaan anak

Prebiotik adalah salah satu jenis serat. Saat tubuh mendapatkan asupan prebiotik dari susu organik, serat ini akan dicerna oleh bakteri baik yang secara alamiah hidup dalam sistem pencernaan. Karena itu, prebiotik penting untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh.

Anak-anak memiliki sistem pencernaan yang rentan terhadap gangguan kesehatan. Karenanya, susu organik yang mengandung prebiotik dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Menunjang pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan

Sistem pencernaan manusia merupakan tempat tinggal bagi berbagai jenis bakteri. Bakteri pada sistem pencernaan terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya bakteri baik yang membantu sistem pencernaan dan bakteri jahat yang menyebabkan penyakit.

Prebiotik adalah sumber makanan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Asupan prebiotik pada susu organik memiliki manfaat utama untuk mempertahankan lebih banyak bakteri baik sehingga pencernaan anak senantiasa sehat.

2. Mencegah pertumbuhan bakteri yang merugikan

Makanan memiliki peran penting dalam menyeimbangkan jumlah bakteri dalam tubuh. Terlalu banyak bakteri jahat bisa menyebabkan masalah pencernaan pada anak seperti diare dan sembelit.

Nah, prebiotik tidak hanya mendukung pertumbuhan bakteri baik, tapi juga mencegah pertumbuhan bakteri yang merugikan. Anda bisa memenuhi asupan prebiotik dari susu organik atau buah dan sayuran.

3. Membantu penyerapan kalsium

Asupan prebiotik pada susu organik bisa menjadi solusi untuk membantu mendorong pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang anak. Pasalnya, berbagai penelitian yang dirangkum dalam laman International Scientific Association for Probiotics and Prebiotics menemukan bahwa prebiotik dapat mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh. 

Kalsium sendiri dibutuhkan anak guna membangun tulang sekaligus mendukung tumbuh kembangnya agar optimal.

4. Mengoptimalkan sumber energi

Bakteri baik yang subur karena asupan prebiotik juga membantu tubuh dalam mencerna karbohidrat. Semakin baik tubuh mencerna karbohidrat, semakin besar pula energi yang bisa dihasilkan sebagai sumber tenaga anak.

Manfaat ini sangatlah penting, terutama bagi anak-anak yang perlu mendapatkan banyak energi karena aktif belajar dan bermain.

5. Mencegah penyakit pada saluran pencernaan

Prebiotik pada susu organik dapat menunjang pertumbuhan bakteri yang memproduksi vitamin K dan asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek diperlukan untuk menjaga ketahanan dinding saluran pencernaan dari penyakit akibat infeksi dan peradangan.

Kabar baiknya, anak bisa memperoleh beragam manfaat prebiotik untuk memelihara sistem pencernaan melalui susu organik.

Asupan prebiotik pada susu organik sudah cukup bagi si kecil. Bahkan, susu organik tidak hanya kaya akan prebiotik. Produk ini juga mengandung protein, asam lemak sehat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhannya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca