4 Penyebab Anda Mendadak Tidak Nafsu Makan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah merasa tidak nafsu makan, padahal hidangan yang disajikan adalah menu favorit? Nafsu makan menurun pasti pernah dialami oleh semua orang. Kecenderungan seseorang untuk mengalami penurunan nafsu makan adalah akibat banyaknya masalah yang sedang dihadapi atau mengalami stres berlebihan. Namun, nafsu makan berkurang tidak hanya disebabkan oleh faktor psikologis atau mood saja. Ada beberapa penyebab yang harus Anda waspadai.

Apa yang terjadi pada tubuh jika nafsu makan menurun?

Nafsu makan merupakan suatu sistem pengaturan internal yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi di dalam tubuh. Hilangnya nafsu makan normal akan menjadi masalah jika kondisi tersebut terus berlanjut. Malnutrisi atau kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah masalah serius utama kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu.

Akibat kurangnya nafsu makan, tubuh kekurangan nutrisi penting untuk mengontrol gula darah. Untuk menangani nafsu makan menurun adalah dengan mengetahui penyebabnya. Pada banyak kasus, hilangnya nafsu makan disebabkan oleh penyakit, yang artinya kondisi tersebut hanya berupa gejala dari sebuah penyakit.

Apa penyebabnya nafsu makan menurun?

1. Obat dan perawatan medis

Kehilangan nafsu makan yang diikuti rasa lelah dan rasa mual juga bisa disebabkan karena obat-obatan tertentu. Perawatan medis dapat menyebabkan Anda mengalami nafsu makan menurun khususnya akibat pengobatan kanker. Obat-obatan yang dapat menyebabkan kelelahan dan kehilangan nafsu makan adalah antibiotik, morfin, steroid anabolik, kodein, obat tidur, dan obat hipertensi serta darah rendah.

2. Gangguan mental

Kehilangan nafsu makan juga bisa disebabkan karena seseorang mengalami gangguan mental. Mereka yang mengalami ini biasanya akan merasa stres, sedih, gelisah, dan depresi sehingga psikologi mereka terganggu. Nafsu makan menurun seperti ini tidak boleh dibiarkan berkepanjangan karena dikhawatirkan akan bertambah parah.

3. Kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah awal yang sangat berat untuk ibu hamil. Perubahan hormon yang terjadi menyebabkan energi calon ibu terkuras, sehingga mudah merasa lelah dan malas. Tidak hanya itu, biasanya hal tersebut juga akan menimbulkan rasa mual atau yang biasa kita kenal dengan morning sickness. Akibat perubahan hormon dan perubahan yang terjadi pada tubuh wanita hamil menyebabkan mereka kehilangan nafsu makan.

4. Penyakit

Siapa yang menyangka bahwa nafsu makan menurun dapat disebabkan oleh adanya penyakit-penyakit berbahaya yang ada di dalam tubuh. Ada beberapa penyakit kronis yang menyebabkan nafsu makan menurun secara drastis.

Mengonsumsi multivitamin penambah nafsu makan mungkin diperlukan sebagai langkah awal untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Anda juga bisa mencoba hidangan favorit anda untuk mengatasi nafsu makan menurun. Segera konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit berbahaya.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan nutrisi dan makanan untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Berbagai Makanan yang Perlu Dikonsumsi Jika Anda Kurang Tidur

Ngantuk, lemas, dan tak bertenaga akibat begadang semalaman? Daftar makanan ini bisa membuat Anda segar dan berenergi lagi.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Nasi, Mie, Pasta, dan Roti: Sumber Karbohidrat Mana yang Paling Sehat?

Ada berbagai jenis makanan pokok yang bisa Anda pilih, mulai dari nasi, mie, pasta, atau roti. Namun, yang mana sumber karbohidrat paling sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

Konsumsi alkohol ternyata memengaruhi kondisi jantung Anda. Lantas, apa pengaruh baik dan buruk minum alkohol untuk kesehatan jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Jantung, Kesehatan Jantung 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berat badan turun akibat depresi

Kenapa Berat Badan Turun Drastis Saat Sedang Depresi?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
diet ibu menyusui

Sebelum Ibu Menyusui Diet Menurunkan Berat Badan, Ketahui Dulu 7 Aturan Pentingnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 November 2020 . Waktu baca 8 menit
cara meningkatkan leukosit lewat makanan penambah sel darah putih

Daftar Makanan untuk Atasi Kekurangan Sel Darah Putih

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 8 November 2020 . Waktu baca 7 menit
membakar kalori

Kalau Ingin Berat Badan Ideal, Berapa Kalori yang Harus Dibakar?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit