4 Penyebab Anda Mendadak Tidak Nafsu Makan

Oleh

Apakah Anda pernah merasa tidak nafsu makan, padahal hidangan yang disajikan adalah menu favorit? Nafsu makan menurun pasti pernah dialami oleh semua orang. Kecenderungan seseorang untuk mengalami penurunan nafsu makan adalah akibat banyaknya masalah yang sedang dihadapi atau mengalami stres berlebihan. Namun, nafsu makan berkurang tidak hanya disebabkan oleh faktor psikologis atau mood saja. Ada beberapa penyebab yang harus Anda waspadai.

Apa yang terjadi pada tubuh jika nafsu makan menurun?

Nafsu makan merupakan suatu sistem pengaturan internal yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi di dalam tubuh. Hilangnya nafsu makan normal akan menjadi masalah jika kondisi tersebut terus berlanjut. Malnutrisi atau kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah masalah serius utama kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu.

Akibat kurangnya nafsu makan, tubuh kekurangan nutrisi penting untuk mengontrol gula darah. Untuk menangani nafsu makan menurun adalah dengan mengetahui penyebabnya. Pada banyak kasus, hilangnya nafsu makan disebabkan oleh penyakit, yang artinya kondisi tersebut hanya berupa gejala dari sebuah penyakit.

Apa penyebabnya nafsu makan menurun?

1. Obat dan perawatan medis

Kehilangan nafsu makan yang diikuti rasa lelah dan rasa mual juga bisa disebabkan karena obat-obatan tertentu. Perawatan medis dapat menyebabkan Anda mengalami nafsu makan menurun khususnya akibat pengobatan kanker. Obat-obatan yang dapat menyebabkan kelelahan dan kehilangan nafsu makan adalah antibiotik, morfin, steroid anabolik, kodein, obat tidur, dan obat hipertensi serta darah rendah.

2. Gangguan mental

Kehilangan nafsu makan juga bisa disebabkan karena seseorang mengalami gangguan mental. Mereka yang mengalami ini biasanya akan merasa stres, sedih, gelisah, dan depresi sehingga psikologi mereka terganggu. Nafsu makan menurun seperti ini tidak boleh dibiarkan berkepanjangan karena dikhawatirkan akan bertambah parah.

3. Kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah awal yang sangat berat untuk ibu hamil. Perubahan hormon yang terjadi menyebabkan energi calon ibu terkuras, sehingga mudah merasa lelah dan malas. Tidak hanya itu, biasanya hal tersebut juga akan menimbulkan rasa mual atau yang biasa kita kenal dengan morning sickness. Akibat perubahan hormon dan perubahan yang terjadi pada tubuh wanita hamil menyebabkan mereka kehilangan nafsu makan.

4. Penyakit

Siapa yang menyangka bahwa nafsu makan menurun dapat disebabkan oleh adanya penyakit-penyakit berbahaya yang ada di dalam tubuh. Ada beberapa penyakit kronis yang menyebabkan nafsu makan menurun secara drastis.

Mengonsumsi multivitamin penambah nafsu makan mungkin diperlukan sebagai langkah awal untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Anda juga bisa mencoba hidangan favorit anda untuk mengatasi nafsu makan menurun. Segera konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit berbahaya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca