Baik untuk Kulit, tapi Sehatkah Minyak Alpukat untuk Memasak?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 31/10/2019
Bagikan sekarang

Tidak seperti buah-buahan pada umumnya, alpukat sangat kaya akan lemak sehingga dapat diolah menjadi minyak. Minyak alpukat kerap dimanfaatkan untuk kesehatan kulit, mata, sendi, serta penyembuhan luka. Melihat semua manfaat tersebut, apakah minyak alpukat juga menyehatkan bila digunakan untuk memasak?

Seperti apa minyak yang menyehatkan untuk memasak?

Tubuh memerlukan lemak, dan minyak adalah salah satu sumber lemak yang paling tinggi. Namun, tidak semua jenis minyak baik bagi tubuh. Agar asupan lemak memberikan manfaat, Anda perlu mengonsumsinya dari sumber yang tepat.

Lemak terdiri atas tiga jenis, yakni lemak tak jenuh, lemak jenuh, dan lemak trans. Lemak tak jenuh terbagi lagi menjadi dua, yakni lemak tak jenuh rantai tunggal (monounsaturated fatty acid/MUFA) dan lemak tak jenuh rantai ganda (polyunsaturated fatty acid/PUFA).

cara menyimpan minyak goreng

MUFA dan PUFA adalah kandungan yang membuat suatu sumber lemak menjadi menyehatkan. Pasalnya, keduanya dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, mencegah pembentukan plak, serta melindungi jantung dari penyakit.

MUFA dan PUFA banyak ditemukan pada minyak nabati nontropis, seperti minyak kanola, minyak jagung, dan minyak zaitun. Sebaliknya, minyak kelapa, minyak palem, dan minyak dari sumber hewani lebih banyak mengandung lemak jenuh.

Apakah minyak alpukat menyehatkan untuk memasak?

Minyak alpukat mungkin tidak sepopuler minyak nabati lainnya. Padahal, minyak alpukat sangat kaya akan lemak menyehatkan dari jenis yang beragam. Minyak ini juga mengandung beberapa senyawa antioksidan yang tidak kalah bermanfaat.

Satu sendok makan minyak alpukat memiliki energi sebanyak 124 kalori. Kandungan lemak totalnya adalah sebesar 14 gram, atau setara dengan 21 persen kebutuhan lemak dalam sehari.

Lemak total tersebut terdiri dari 10 gram MUFA, 2 gram PUFA, dan 1,6 gram lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh dalam minyak alpukat sangat kecil jika dibandingkan dengan MUFA dan PUFA sehingga lebih menyehatkan jika digunakan untuk memasak.

Saking tingginya kandungan MUFA dalam minyak alpukat, persentase asam lemak ini mencapai 70 persen dari total seluruh nutrisi yang terdapat dalam minyak tersebut. Sementara itu, 30 persen sisanya terdiri dari PUFA, lemak jenuh, antioksidan, dan natrium dalam jumlah kecil.

Adakah kekurangan dari mengonsumsi minyak alpukat?

khasiat minyak alpukat untuk rambut

Minyak alpukat memiliki keunggulan dalam persentase MUFA dibandingkan beberapa minyak sejenisnya. Minyak yang diolah langsung dari daging buah alpukat ini juga tidak mengandung kolesterol sehingga baik bagi kesehatan jantung.

Meski demikian, kandungan nutrisi minyak alpukat sama sekali berbeda dengan buah alpukat utuh. Buah alpukat sangat kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh karbohidrat dan protein dalam jumlah kecil.

Minyak alpukat yang Anda gunakan untuk memasak tidak lagi mengandung berbagai nutrisi tersebut. Harga minyak alpukat pun umumnya lebih mahal dibandingkan minyak sejenisnya karena proses produksinya lebih rumit.

Namun, kekurangan tersebut sama sekali tidak mengurangi manfaat yang akan Anda peroleh dari mengonsumsi minyak alpukat. Kandungan lemaknya amat menyehatkan sehingga sayang jika dilewatkan.

Anda dapat memperoleh manfaat minyak alpukat dengan menyertakannya dalam menu makan harian atau mingguan. Misalnya dengan mencampurkannya ke dalam salad dan sup, membuatnya menjadi mayones, atau mengoleskanya pada daging panggang.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Minyak Canola Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Tapi Hati-hati Risiko Kesehatannya

Minyak canola kaya lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun. Meski begitu, minyak canola belum tentu baik untuk dimasukkan ke dalam rencana diet Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Apakah Memasak Pakai Minyak Canola Dijamin Lebih Sehat?

Minyak canola termasuk salah satu pilihan minyak goreng yang baik untuk memasak. Tetapi apakah minyak ini benar lebih sehat untuk tubuh?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina

3 Alasan Minyak Sayur Bisa Berbahaya untuk Kesehatan Anda

Memasak pakai minyak sayur erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung. Namun, minyak goreng juga bisa tingkatkan risiko kanker paru, lho!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina

Mengenal Diet Alpukat, Betulkah Bermanfaat untuk Turun Berat Badan?

Diet alpukat adalah salah satu variasi diet buah yang dianggap mampu untuk menurunkan berat badan. Benarkah? Bagaimana caranya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat minyak alpukat untuk kulit

Selain Melembapkan, Ini 6 Manfaat Tak Terduga Minyak Alpukat untuk Kulit

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 12/06/2019
manfaat body butter

Mengenal Manfaat Body Butter, Plus Cara Membuatnya di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 02/04/2019
efek samping minyak canola

Perhatikan 4 Efek Samping Minyak Canola Ini Sebelum Menggunakannya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 30/08/2018
minyak safflower

Apakah Memasak Dengan Minyak Safflower Lebih Baik Ketimbang Pakai Minyak Sayur Biasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 16/08/2018