8 Camilan Sehat yang Boleh Dimakan di Malam Hari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda sering merasa lapar pada malam hari atau saat terbangun di tengah malam? Anda ingin makan lagi, tapi makanan berat dapat menambah kalori dalam tubuh Anda, sedangkan metabolisme tubuh melambat pada malam hari. Anda pun beralih pada camilan. Padahal tanpa Anda sadari, belum tentu camilan tersebut kalorinya lebih rendah dibanding makanan berat.

Terkadang, ketika sedang ngemil, Anda tak menyadari berapa banyak kalori yang sudah Anda makan, sebab seringnya orang memakan camilan sambil mengerjakan sesuatu seperti menonton tv, menyelesaikan tugas, mengobrol santai, membaca buku, atau bahkan sambil melamun. Namun, menahan lapar juga dapat membuat tidur Anda tidak nyenyak, sehingga hormon leptin akan dihasilkan; rasa kenyang distimulasi oleh hormon ini. Lalu, bagaimana solusinya?

Berbagai camilan yang bisa dimakan di malam hari

Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa camilan yang baik untuk dikonsumsi di malam hari ketika rasa lapar muncul.

1. Buah ceri

Menurut Keri Gans, seorang ahli diet di New York dan penulis buku The Small Change Diet, melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh kita. Jam internal ini adalah ritme pola harian (seperti waktu bangun, waktu tidur) yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Kapsul melatonin juga dikonsumsi oleh para pelancong ketika pergi ke tempat yang memungkinkan mereka mengalami jet lag. Penelitian menemukan bahwa ada perubahan pada durasi dan kualitas tidur pada penderita insomnia kronis dengan meminum jus ceri asam. Selain itu, zat tersebut juga bisa mengatasi masalah sakit kepala. Kandungan lainnya pada ceri adalah antioksidan seperti beta karoten yang baik untuk masalah jantung.

2. Oatmeal

Biasanya orang memakan oatmeal untuk sarapan, tetapi Anda juga bisa memakan oatmeal sebagai camilan di malam hari. Mengapa? Karena oatmeal dapat memproduksi hormon serotonin, dan hormon ini dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin. Dikutip dari Livestrong, oatmeal mengandung protein dan karbohidrat kompleks, jadi jika Anda ingin menambah asupan protein lebih banyak, Anda bisa menyajikannya dengan yogurt tanpa lemak.

3. Susu

Kita sering melihat promosi tentang kebiasaan minum susu sebelum tidur, dengan berbagai macam klaim kesehatan. Bahkan dipercaya bahwa anak yang dalam usia pertumbuhan perlu minum susu sebelum tidur untuk menambah tinggi badannya. Susu mampu membuat Anda tertidur nyenyak karena mengandung tryptophan asam amino, yang memberi sinyal pada otak untuk memproduksi serotonin. Selain itu, minum susu juga akan membuat Anda merasa kenyang.

4. Keju dan crackers

Hmm, siapa yang mengira tidak boleh makan keju sebelum tidur? Keju dan crackers adalah alternatif lain dari kombinasi dari protein dan karbohidrat kompleks. Namun, bukan berarti Anda bisa makan berlebihan dan sebebasnya. Untuk menjadi camilan sehat, lihat label nutrisi pada produk yang Anda makan, sebaiknya sekitar 150 kalori dengan kombinasi crackers gandum utuh dan keju rendah lemak seperti keju feta.

5. Pisang

Selain bisa menjadi camilan sehat di malam hari, pisang juga bisa menjadi penyelamat Anda saat melewatkan makan malam, sebab pisang mengenyangkan dan mengandung magnesium dan potassium. Selain itu, keduanya juga dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak. Potassium sendiri memiliki fungsi untuk kesehatan kardiovaskular dan kognitif.

6. Ubi

Ya, ubi juga merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan potassium. Selain itu, ubi juga mengandung potassium dan niacin, keduanya baik untuk kesehatan jantung. Lalu ada fosfor, vitamin A, dan vitamin C. Anda bisa menyajikan ubi dengan mengukusnya, untuk mengurangi konsumsi minyak berlebih.

7. Popcorn

Anda bisa berbahagia sekarang karena popcorn bisa menjadi camilan kala Anda lapar di malam hari, tetapi popcorn tersebut haruslah tanpa rasa, tidak ditambah garam, tidak ditambah perasa lainnya. Alasan popcorn baik untuk dikonsumsi adalah karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak serta tinggi serat, juga mengandung antioksidan. Popcorn juga termasuk ke dalam makanan gandum utuh. Bisa menjadi makanan alternatif untuk diet. Anda bisa mengonsumsinya sekitar satu mangkuk dengan sedikit taburan minyak zaitun.

8. Selai kacang alami

Selai kacang alami adalah yang tidak ditambah minyak palem sebagai penyeimbang, dan tentunya tidak ditambah gula. Selai kacang alami baik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh, yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat Anda. Selain itu, kacang tanah juga mengandung vitamin E, niacin, folat, dan protein. Anda bisa melahapnya dengan roti gandum utuh.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Nasi, Mie, Pasta, dan Roti: Sumber Karbohidrat Mana yang Paling Sehat?

    Ada berbagai jenis makanan pokok yang bisa Anda pilih, mulai dari nasi, mie, pasta, atau roti. Namun, yang mana sumber karbohidrat paling sehat?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

    Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

    Konsumsi alkohol ternyata memengaruhi kondisi jantung Anda. Lantas, apa pengaruh baik dan buruk minum alkohol untuk kesehatan jantung?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Penyakit Jantung, Kesehatan Jantung 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

    Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

    Apa yang membuat beras merah selalu diyakini lebih baik dari beras putih? Dan apakah benar beras merah dapat membantu menurunkan berat badan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

    Salah satu diet yang dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan aman dan sehat adalah diet tinggi serat. Seperti apa aturannya? Cari tahu di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Nutrisi, Hidup Sehat 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    makanan pedas atasi migrain

    Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
    makanan untuk penderita thalasemia

    Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
    Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    cemilan bayi

    Aneka Pilihan Camilan dan Finger Food untuk Bayi yang Bergizi Tinggi dan Lezat

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
    makanan untuk yang kurang tidur

    Berbagai Makanan yang Perlu Dikonsumsi Jika Anda Kurang Tidur

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
    Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit