Serba-serbi Diet Pisang untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 04/06/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

The Morning Banana Diet atau dikenal juga dengan nama Asa-Banana Diet adalah jenis diet yang mengutamakan konsumsi pisang di pagi hari sebagai aturan utamanya. Banana diet atau diet pisang dicetuskan oleh sepasang suami istri yang berasal dari Jepang yaitu Sumiko Watanabe, seorang farmasis dan ahli dalam bidang pengobatan untuk pencegahan penyakit. Suaminya, Hitoshi Watanabe, mempelajari ilmu pengobatan dan konseling tradisional Cina.

Diet ini bermula ketika pasangan Sumiko dan Hitoshi hendak menikah. Hitoshi mengalami kenaikan berat badan dan ingin menurunkan berat badannya sebelum menikah. Setelah mencoba beberapa macam kegiatan fitness dan diet, Hitoshi akhirnya berhasil menurunkan berat badannya dari 80 kg menjadi 72 kg, tetapi beratnya tidak bisa turun lebih jauh lagi dari angka 72 kg. Sumiko kemudian menyarankan diet pisang dan diet ini berhasil membuat Hitoshi mencapai berat badan yang diinginkan. Hitoshi lalu menyebarkan diet ini ke komunitas di internet dan diet pisang kemudian banyak diperbincangkan.

Aturan menjalankan diet pisang

1. Memakan pisang yang belum diolah untuk sarapan

Dalam diet ini, pisang akan menjadi makanan pertama yang Anda konsumsi setelah bangun tidur. Pisang yang dimaksud adalah buang pisang utuh, bukan yang sudah diolah menjadi makanan lain seperti pisang goreng atau cake pisang. Anda bisa mengonsumsi lebih dari satu buah sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda tidak suka pisang, Anda boleh mencoba buah lain tetapi hanya konsumsi satu jenis buah saja, misalnya mengganti satu buah pisang dengan satu buah apel. Setelah itu tunggu 15-30 menit baru Anda boleh makan makanan lain.

2. Minum air putih

Anda disarankan untuk minum air putih terutama saat mengonsumsi pisang di waktu sarapan. Jangan minum air dingin, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air dalam suhu ruang. Anda juga bisa mengonsumsi teh atau jahe hangat untuk menghangatkan badan. Jika ingin minum minuman jenis lain, tunggulah 15-30 menit setelah ritual sarapan pisang Anda selesai. Diet ini tidak mengharuskan Anda mengonsumsi air putih hingga 2 liter per hari karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung keadaan individu dan keadaan lingkungan seperti cuaca dan tingkat kelembaban.

3. Anda boleh makan apapun saat makan siang dan makan malam

Makanan yang dianjurkan adalah makanan Jepang terutama nasi dengan beberapa lauk. Untuk makan malam, Anda harus makan sebelum jam 8 malam karena jika Anda makan terlalu dekat dengan waktu tidur, maka tubuh Anda masih harus bekerja mencerna makanan saat Anda tidur. Hal ini akan menyebabkan Anda merasa tidak segar dan kelelahan (fatigue) ketika bangun esok hari, karena waktu tidur Anda tidak dipergunakan semaksimal mungkin untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh. Tubuh yang lelah tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan malah memicu kenaikan berat badan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memperhatikan sinyal yang diberikan oleh tubuh, kapan Anda benar-benar merasa lapar, kapan Anda sebenarnya sudah kenyang.

4. Mengonsumsi camilan

Anda diperbolehkan mengonsumsi camilan, tetapi Anda hanya boleh mengonsumsi satu jenis camilan saja di sela-sela makan siang dan makan malam. Camilan bisa berupa cokelat, kue, dan makanan manis lainnya. Tetapi hindari camilan yang berbahan dasar susu seperti es krim misalnya. Setelah itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi camilan lagi. Makanan pencuci mulut setelah makan malam juga tidak dianjurkan.

5. Tidur yang cukup dan hindari bangun tidur dengan alarm

Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol berat badan jika tubuh Anda sehat dan tidak lelah. Tidur sebelum tengah malam dan bangun tidur tanpa dibangunkan oleh alarm adalah kunci tubuh Anda dapat bekerja dengan normal tanpa adanya sumber stres tambahan. Bangun tidur menggunakan alarm akan membuat otak Anda berada di bawah tekanan atau stres sehingga membuat sistem pencernaan Anda tidak berjalan lancar.

6. Silakan berolahraga, tetapi jangan terpaksa

Anda disarankan untuk berolahraga, tapi pilihlah jenis olahraga yang Anda santai menjalaninya. Jika pikiran untuk harus berolahraga malah membuat Anda stres, maka Anda tidak perlu ‘benar-benar’ berolahraga. Memilih aktivitas fisik yang tidak membuat Anda kehabisan napas dan terlihat seperti bukan jenis olahraga yang membakar kalori bisa Anda jadikan alternatif aktivitas fisik. Berjalan kaki santai atau bahkan hanya mengayun-ayunkan tangan contohnya.

Bagaimana efek diet pisang terhadap kesehatan?

Mengonsumsi buah di pagi hari termasuk baik bagi kesehatan. Buah mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja pencernaan di pagi hari. Selain itu, anjuran untuk tidur sebelum tengah malam dan tidak makan setelah jam 8 malam juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, mereka yang memiliki waktu tidur 7-9 jam per harinya cenderung memiliki berat badan normal. Kita juga akan cenderung makan berlebih atau makan makanan tidak sehat jika sedang dalam kondisi lelah.

Anjuran diet pisang untuk berhenti makan ketika Anda sudah 80% kenyang juga dapat membantu Anda mengontrol jumlah kalori yang masuk. Membatasi konsumsi camilan dan produk susu beserta olahannya bisa mengurangi asupan kalori terutama lemak dan gula sehingga dapat mencegah kenaikan berat badan yang diakibatkan oleh kelebihan kalori.

Diet pisang juga sangat menekankan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menghindari stres baik fisik maupun emosional. Ini dapat membantu tubuh Anda untuk berfungsi secara maksimal sehingga kerja tubuh menjadi normal, termasuk didalamnya kerja sistem pencernaan.

Penurunan berat badan dari diet pisang mungkin terjadi karena Anda akan cenderung makan lebih sedikit. Hanya makan buah untuk sarapan serta mengurangi camilan dapat berkontribusi dalam penurunan berat badan. Diet ini tidak memaksa Anda melakukan perubahan besar seperti mengganti sebagian makanan Anda dengan sayuran, atau mengharuskan Anda berolahraga beberapa jam dalam sehari. Karena pendekatannya lebih ke arah gaya hidup, maka penurunan berat badan yang terjadi juga cenderung lama dan mungkin tidak secara signifikan terlihat. Tetapi penurunan berat badan yang terjadi dapat bertahan dalam waktu lama karena gaya hidup Anda lah yang sebenarnya diubah dalam diet ini.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Nafsu Seks Siapa yang Lebih Besar? Pria atau Wanita?

Semua orang punya nafsu seks yang berbeda. Namun apakah benar nafsu seks pria lebih besar dari wanita? Simak apa kata hasil penelitian.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Meski timbangan menunjukkan berat badan Anda 3 kg lebih ringan, kalau dietnya salah, jangan-jangan jumlah lemak tubuh tidak berkurang sama sekali.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Nutrisi, Hidup Sehat 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Memang benar makan tidak teratur bisa bikin Anda cepat gemuk. Tapi dari sisi kesehatan, ada banyak efek samping buruk lainnya. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Nutrisi, Hidup Sehat 03/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab infeksi saluran kencing

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
kesehatan kandung kemih

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit
pijat prostat

Pijat Prostat, Benarkah Bisa Atasi Masalah Prostat dan Seksual?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 6 menit