Terobsesi Ingin Kurus? Terapkan 5 Aturan Ini untuk Diet yang Aman

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak orang zaman sekarang yang bahkan sejak remaja sudah terobsesi diet, guna mendapatkan tubuh indah, ramping, nan sedap dipandang mata? Banyak yang berlomba-lomba mengonsumsi pil pelangsing, makan hanya satu kali sehari, sibuk menimbang-nimbang kalori yang akan dimakan. Hasilnya malah akan kekurangan gizi. Terobsesi diet bukanlah sesuatu yang baik bagi siapapun, terutama remaja. Simak, apa yang harus dilakukan jika Anda memang sedang terobsesi oleh diet.

Aturan sehat yang harus dilakukan jika Anda terobsesi diet

1. Jangan lupa selalu bersyukur

Ketimbang selalu membandingkan dengan tubuh selebritas yang ramping hasil editan foto, mengapa Anda tidak mulai bersyukur dengan segala kondisi tubuh yang Anda miliki? Masih banyak orang di luar sana yang jauh dari cukup kenyang, bahkan kekurangan. Intinya arahkan diri Anda untuk selalu fokus dan bersyukur pada kekuatan tubuh dan segala kebutuhan yang Anda miliki.  

2. Pilih porsi makan yang cukup, sehingga tidak ada perasaan bersalah sesudahnya

Kadang, makan makanan dengan porsi besar hanya akan membuat Anda merasa bersalah mengenai asupan makanan yang Anda makan. Sebaiknya, sebelum makan, pilih porsi yang sekiranya tidak akan meninggalkan perasaan menyesal sesudahnya. Anda bisa mengira-ngira seberapa lapar diri Anda, dan seberapa banyak kalori yang dibutuhkan per hari, serta berapa takaran yang cukup untuk memenuhi asupan makanan untuk yang tubuh yang sehat.

3. Lakukan olahraga yang memang benar-benar menyenangkan bagi Anda

Selain terobsesi diet, biasanya remaja juga akan melakukan olahraga yang keras hingga timbul rasa lelah. Hal itu jelas salah dilakukan, jika memang tujuan diet Anda adalah untuk mendapatkan tubuh yang ramping, sehat, dan bugar.

Boleh diet (dengan makan makanan sehat), tapi tidak dengan olahraga yang hanya akan  mengakibatkan kelelahan hebat atau berujung cedera. Cobalah dikombinasikan dengan kegiatan workout yang menyenangkan. Contoh, zumba atau aerobik, futsal atau basket, yang setidaknya Anda mendapatkan kata “seru dan menyenangkan” dari olahraga yang Anda tekuni. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan tubuh sehat, jiwa juga senang gembira.

4. Stop hitung menghitung kalori sebelum makan

Daripada capek-capek sebelum makan selalu menghitung kalori (yang pastinya juga menjadi beban tersendiri), baiknya Anda fokus untuk makan makanan yang padat nutrisi serta bergizi tinggi. Saat Anda makan makanan yang kaya nutrisi, tubuh Anda akan memanfaatkan semua kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Jadi, semakin baik kualitas makanan yang Anda makan, semakin mudah juga Anda mendapatkan tubuh yang Anda idam-idamkan.

5. Ayo, coba ubah pikiran Anda. Jadikan diet sebagai gaya hidup sehat, bukan menahan rasa lapar

Kebanyakan, ketika Anda terobsesi diet, yang dipikirkan hanyalah kalori, timbangan, dan menahan rasa lapar. Jelas itu salah, kalau bisa hapus anggapan yang kurang tepat seperti itu. Tidak perlu takut untuk makan atau menahan lapar. Malahan, Anda sebaliknya bisa melihat itu sebagai gaya hidup sehat yang mulai Anda tekuni, karena penting untuk kesehatan, bukan untuk tubuh idaman. Dengan gaya hidup yang sehat, Anda bisa membentengi diri Anda dari segala macam penyakit, tubuh yang tidak sehat, dan bonusnya yaitu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 3, 2017 | Terakhir Diedit: November 29, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca