Apakah Diet Soda Lebih Sehat Dari Soda Biasa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 16, 2020
Bagikan sekarang

Anda mungkin pernah melihat beberapa minuman ringan merek ternama yang memiliki produk dengan embel-embel “Diet” di kemasannya. Diklaim, soda jenis ini lebih sehat dibanding dengan soda biasa, dan tidak akan bikin gemuk. Benarkah seperti itu? Menurut, Keri Gans, pembicara untuk American Dietetic Association dan penulis  The Small Change Diet, yang dikutip situs Livescience, soda biasa tidak memiliki keuntungan nutrisi apa-apa bagi tubuh, lalu bagaimana dengan diet soda?

Apa itu diet soda?

Diet soda adalah minuman berkarbonasi bebas kalori, namun memiliki pemanis berupa aspartame, suclarose, acesulfame-kalium, dan pemanis lainnya yang tidak berkalori. Secara umum, minuman soda jenis ini tidak berbahaya bagi kesehatan, keseimbangan tubuh, atau komposisi tubuh. Namun, penelitian baru-baru ini  menyebutkan diet soda memiliki kaitan dengan masalah kesehatan. Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa diet soda memiliki risiko kesehatan jangka panjang, namun ada berbagai penyakit yang dikaitkan dengan efek dari diet soda.

Kandungan seperti pemanis buatan, yang ditemukan pada diet soda, memiliki rasa manis yang lebih kuat dibandingkan dengan gula. Brooke Alpert, RD, penulis The Sugar Detox, yang dikutip situs Health, menyebutkan bahwa pemanis ini dapat menyebabkan memudarnya indra pengecap kita terhadap makanan yang mengandung pemanis alami, seperti buah.

Benarkah diet soda dapat menurunkan berat badan?

Diet soda yang diminum secara berlebihan dapat menyebabkan bertambahnya berat badan. Mengapa demikian? Katanya tadi diet soda bebas kalori?

Bebas kalori tidak menjamin berat badan Anda akan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena diet soda dapat memicu insulin yang dapat mempengaruhi penyimpanan lemak di tubuh Anda, sehingga menyebabkan peningkatan pada berat badan. Peneliti dari University of Texas menemukan peminum diet soda mengalami 70% peningkatan pelebaran lingkar pinggang, jika dibandingkan dengan yang tidak meminumnya.

Adanya pengaruh psikologis juga menjadi salah satu alasan diet soda malah membuat berat badan naik. Ketika Anda mengonsumsi sesuatu yang rendah kalori, secara tidak sadar, Anda pun menambah asupan makanan lain, seperti satu burger atau beberapa potong pizza. Menurut dr. John Spangler, dosen keluarga dan kedokteran komunitas di Wake Forest University Baptist Medical Center North Carolina, yang dikutip Livescience, masyarakat menjadi sangat terobsesi dengan mengonsumsi diet soda, sehingga ada kaitannya dengan populasi yang mengalami kenaikan berat badan.

Apa dampak dari minum diet soda?

1. Mengganggu kesehatan tulang dan gigi

Meski bebas kalori, diet soda tidak termasuk ke dalam minuman sehat. Diet soda merupakan minuman dengan kandungan bahan kimia, beberapa di antaranya mungkin dapat merusak tubuh. Contohnya kandungan asam fosfat, kandungan ini dapat menurunkan kepadatan mineral tulang dan mengikis enamel gigi – hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang. Peneliti Tufts University menemukan perempuan yang meminum soda cenderung mengalami  rendahnya kepadatan tulang di pinggang dibanding dengan perempuan yang tidak meminum soda sama sekali.

2. Mungkin memicu sakit kepala

Pun dengan kandungan pemanis buatan dalam soda diet, seperti aspartame dan suclarose. Biarpun diklaim aman untuk tubuh, penggunaan pemanis buatan memang masih diperdebatkan. Penelitian yang dikutip situs Health, menyebutkan bahwa aspartame dapat menimbulkan sakit kepala seperti migrain, namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, bukti tersebut anekdotal alias belum jelas.

3. Peningkatan risiko diabetes dan sindrom metabolik

Dampak lainnya dari mengonsumsi diet soda adalah terjadinya peningkatan risiko sekitar 36% untuk sindrom metabolik dan diabetes. Sindrom metabolik adalah kondisi yang membuat seseorang berisiko tinggi terhadap sakit jantung, stroke, dan diabetes. Kondisi-kondisi tersebut adalah tekanan darah tinggi, kadar glukosa, peningkatan kolesterol, dan pelebaran lingkar pinggang. Peneliti dari University of Miami and Columbia University yang dikutip oleh situs Health juga mengungkapkan risiko yang sama dari efek dari minum diet soda. Namun, peneliti juga mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menarik kesimpulan yang pasti tentang dampak diet soda terhadap kesehatan.

4. Bahaya jika dicampur minuman beralkohol

Pemanis buatan dapat diserap lebih cepat oleh aliran darah daripada gula, sehingga ketika soda diet dikonsumsi sebagai campuran alkohol, dapat menyebabkan efek berbahaya. Pendapat ini didasarkan pada peneliti dari Northern Kentucky University yang dikutip oleh situs Health. Penelitian ini membuktikan bahwa partisipan yang mengonsumsi alkohol yang dicampur dengan minuman diet memiliki konsentrasi alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan alkohol yang dicampurkan dengan minuman yang mengandung gula.

5. Meningkatkan risiko depresi

Penelitian lain yang ditampilkan pada pertemuan American Academy of Neurology menemukan bahwa orang-orang yang meminum lebih dari empat gelas kemasan soda 30% rentan mengalami risiko depresi lebih tinggi daripada mereka yang menjauhi minuman manis. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi minuman yang rendah kalori, jawabannya adalah air putih.

BACA JUGA:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya makanan, apa yang Anda minum juga sama pentingnya untuk menurunkan berat badan. Inilah 5 minuman penurun berat badan yang dapat Anda coba.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu

Apa Akibatnya Jika Minum Obat Pakai Soda?

Mau minum obat pakai soda untuk menetralisir rasa pahit? Tunggu dulu. Sebelum melakukannya, simak ulasan berikut untuk tahu bahayanya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik Januari 2, 2019

5 Resep Minuman Segar Saat Cuaca Panas Menyerang

Cuaca panas seharian bisa buat tubuh makin capek dan bahkan nyaris dehidrasi. Agar tetap fit, yuk ikuti resep minuman segar di sini. Caranya mudah, kok!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Tips Sehat November 21, 2018

5 Minuman Sehat yang Cocok Buat Anda Memulai Hari Lebih Semangat

Anda biasa ngopi dulu sebelum berangkat? Psstt... Beberapa pilihan minuman sehat di pagi hari ini nyatanya lebih ampuh bikin Anda melek dan semangat!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Tips Sehat November 11, 2018

Direkomendasikan untuk Anda

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Tanggal tayang Maret 31, 2020
Awas, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Anda Gagal Turunkan Berat Badan

Awas, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Anda Gagal Turunkan Berat Badan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu
Tanggal tayang Desember 8, 2019
3 Kreasi Resep Olahan Bubble Milk Tea yang Segar dan Lebih Sehat

3 Kreasi Resep Olahan Bubble Milk Tea yang Segar dan Lebih Sehat

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang Oktober 3, 2019
Mengapa Dada Terasa Sakit Setelah Minum Soda?

Mengapa Dada Terasa Sakit Setelah Minum Soda?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang Juli 15, 2019