3 Cara Alami Mengatasi Gejala Glaukoma di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Glaukoma adalah penyakit yang terjadi akibat kerusakan saraf mata. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan bahkan kebutaan permanen bila tidak cepat diobati dengan tepat. Nah, selain pakai obat tetes mata dan obat minum, ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi glaukoma di rumah lho! Apa saja? Yuk, intip ulasan lengkap berikut.

Beragam cara mengatasi glaukoma

Dalam kasus yang ringan, gejala glaukoma biasanya akan mereda setelah minum obat atau pakai obat tetes mata. Namun, penelitian menemukan bahwa ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi glaukoma. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Makan makanan tinggi astaxanthin

Astaxanthin adalah jenis karotenoid yang paling banyak mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri berperan penting untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit, seperti glaukoma.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Vison menemukan astaxanthin dapat membantu mengurangi kerusakan retina yang disebabkan oleh stres oksidatif. Meski uji coba baru dilakukan pada tikus, hasil penelitian ini cukup memberikan angin segar sebagai cara mengatasi glaukoma.

Anda bisa mengonsumsi astaxanthin dalam bentuk alami atau suplemen. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum minum suplemen astaxanthin. Pasalnya, tidak semua orang membutuhkan suplemen makanan.

Dalam bentuk alami, Anda bisa mendapatkan asupan astaxanthin dari:

  • Wortel
  • Ubi jalar
  • Semangka
  • Blewah
  • Paprika merah dan kuning
  • Mangga
  • Tomat
  • Salmon
  • Udang
  • Lobster
  • Alga merah
  • Telur ikan

2. Perbanyak asupan omega 3

Lemak tidak selalu buruk untuk tubuh. Bila Anda cermat dalam memilah makanan, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat ketimbang mudaratnya.

Nah, salah satu lemak baik yang terbukti banyak manfaatnya untuk tubuh adalah asam lemak omega-3. Usut punya usut, rutin mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega-3 bisa jadi cara efektif untuk mengatasi glaukoma, lho. Hal ini pun didukung studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Melbourne.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan tekanan intraokular pada orang dengan gejala glaukoma dini. Penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata orang dewasa dari risiko degenerasi makula dan sindrom mata kering.

Asam lemak omega-3 banyak terkandung dalam ikan berlemak (ikan cod, salmon, sarden, dan tuna)  dan makanan laut lain, seperti udang, kepiting, dan kerang. Anda juga bisa mendapatkan asupan asam lemak omega 3 dari suplemen minyak ikan yang banyak dijual di toko obat atau apotek.

3. Minum suplemen koenzim Q10 (CoQ10)

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi glaukoma adalah dengan minum suplemen koenzim Q10 (CoQ10).

CoQ10 adalah antioksidan yang sebenarnya ada di hampir setiap sel tubuh Anda. Antioksidan ini berperan untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan sel serta melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengutip dari Medical Daily, koenzim Q10 dapat membantu mengurangi sejumlah gejala glaukoma yang membuat mata tak nyaman. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel neuroretinal dan juga mengurangi jumlah radikal bebas yang dihasilkan mata.

Penelitian dalam Journal of Glaucoma juga menemukan bahwa gabungan suplemen CoQ10 dan vitamin E efektif membantu meredakan stres oksidatif yang dialami pasien glaukoma sudut terbuka.

Baca Juga:

Sumber