5 Cara Alami Mengatasi Gejala Glaukoma, Mulai dari Obat Herbal hingga Makanan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Glaukoma adalah penyakit yang terjadi akibat kerusakan saraf mata. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan, bahkan komplikasi glaukoma berupa kebutaan permanen bila tidak cepat diobati dengan tepat. Nah, selain pakai obat tetes mata dan obat minum, ternyata ada cara lain dan obat-obatan herbal tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi glaukoma di rumah, lho! Apa saja? Yuk, intip ulasan lengkap berikut.

Beragam obat herbal dan cara alami mengatasi glaukoma

Saat ini, sudah banyak jenis obat herbal yang diklaim mampu menyembuhkan penyakit glaukoma. Namun, apakah benar obat-obatan tradisional bisa mengatasi penyakit ini secara tuntas?

Penting untuk Anda ketahui bahwa hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat mengembalikan kerusakan saraf mata akibat glaukoma. Terapi dan pengobatan glaukoma yang ada hanya membantu mengendalikan gejala-gejala, serta mencegah penyakit berkembang menjadi semakin parah.

Oleh karena itu, obat-obatan herbal yang ada hanya akan membantu menjaga kesehatan mata pasien glaukoma serta menghindari risiko kerusakan lebih lanjut pada saraf mata. Tentunya, pasien harus tetap menerima pengobatan medis dari dokter, seperti obat tetes mata.

Berbagai studi telah membuktikan bahwa bahan tradisional dan zat alami di bawah memberikan efek positif terhadap mata yang rusak akibat glaukoma. Beberapa di antaranya adalah:

1. Makan makanan tinggi astaxanthin

Astaxanthin adalah jenis karotenoid yang paling banyak mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri berperan penting untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit, glaukoma.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Vision menemukan astaxanthin dapat membantu mengurangi kerusakan retina yang disebabkan oleh stres oksidatif. Meski uji coba baru dilakukan pada tikus, hasil penelitian ini cukup memberikan angin segar sebagai cara mengatasi glaukoma.

Pasien glaukoma bisa mengonsumsi astaxanthin dalam bentuk alami atau obat suplemen herbal. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum minum suplemen astaxanthin. Pasalnya, tidak semua orang membutuhkan suplemen makanan.

Tapi tenang, Anda juga bisa mengobati gejala-gejala glaukoma dengan cara mendapatkan asupan astaxanthin dari bahan alami, yaitu dengan rajin mengonsumsi:

  • Wortel
  • Ubi jalar
  • Semangka
  • Blewah
  • Paprika merah dan kuning
  • Mangga
  • Tomat
  • Salmon
  • Udang
  • Lobster
  • Alga merah
  • Telur ikan

2. Perbanyak asupan omega 3

Lemak tidak selalu buruk untuk tubuh. Salah satu lemak baik yang terbukti banyak manfaatnya  adalah asam lemak omega-3. Usut punya usut, rutin mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega-3 bisa jadi cara yang efektif mengobati glaukoma secara alami, lho. Hal ini pun didukung studi yang dilakukan oleh peneliti dalam Translational Vision Science and Technology.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan tekanan intraokular pada orang dengan gejala glaukoma dini. Penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata orang dewasa dari risiko degenerasi makula dan sindrom mata kering.

Asam lemak omega-3 banyak terkandung dalam ikan berlemak (ikan cod, salmon, sarden, dan tuna)  dan makanan laut lain, seperti udang, kepiting, dan kerang. Anda juga bisa mendapatkan asupan asam lemak omega 3 dari suplemen minyak ikan yang banyak dijual di toko obat atau apotek.

3. Minum suplemen koenzim Q10 (CoQ10)

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi glaukoma adalah dengan minum obat suplemen herbal dengan kandungan koenzim Q10 (CoQ10).

CoQ10 adalah antioksidan yang sebenarnya ada di hampir setiap sel tubuh Anda. Antioksidan ini berperan untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan sel serta melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Koenzim Q10 dapat membantu mengurangi sejumlah gejala glaukoma yang membuat mata tak nyaman. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel neuroretinal dan juga mengurangi jumlah radikal bebas yang dihasilkan mata.

4. Mengonsumsi buah bilberry

Bilberry adalah buah yang telah dimanfaatkan sebagai obat herbal alami sejak abad ke-16, dan sudah ada beberapa studi yang menguji efek buah ini pada pasien glaukoma.

Bahan aktif yang terkandung dalam bilberry adalah anthocyanin, yaitu salah satu jenis flavonoid yang termasuk dalam antioksidan untuk tubuh. Anthocyanin dalam bilberry diyakini mampu melindungi saraf-saraf optik pada mata, sel-sel retina, sehingga dapat memperlambat kerusakan pada mata.

5. Menggunakan ekstrak ginkgo biloba

Ginkgo biloba juga dipercaya sebagai ramuan tradisional yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit glaukoma. Tanaman yang berasal dari Tiongkok ini mengandung flavonoid dan terpenoid yang tinggi. Selain itu, terdapat lebih dari 60 jenis zat bioaktif yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh.

Meski pengaruh obat herbal dengan ginkgo biloba dan penyakit glaukoma belum diketahui secara jelas, tanaman ini diyakini dapat memperbaiki sirkulasi darah pada mata, serta mengurangi kerusakan saraf-saraf optik pada mata secara alami.

Nah, itu dia berbagai bahan herbal alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengendalikan gejala-gejala glaukoma. Namun, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter dan ahli gizi mengenai asupan bahan-bahan tersebut, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Obat dan Cara untuk Mengatasi Sakit Mata pada Anak yang Aman

Segera periksakan jika terlihat masalah pada mata anak. Diagnosis dari dokter dapat membantuk Anda menentukan obat mata apa yang sesuai dan aman untuk anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Kesehatan Anak, Parenting 31 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Implan Glaukoma, Pengobatan Termutakhir untuk Glaukoma

Salah satu pengobatan untuk mengatasi kebutaan yang disebabkan penyakit glaukoma adalah pemasangan implan. Tahukah Anda mengenai implan glaukoma?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 27 Juni 2019 . Waktu baca 7 menit

Inilah 5 Penyakit Mata yang Sering Menyerang Si Kecil Selain Mata Merah

Tidak hanya mata merah, ternyata ada banyak jenis penyakit mata yang sering terjadi pada anak. Apa sajakah penyakitnya? Simak ulasannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Anak, Parenting 9 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit

Nyaman, Sih, Tapi Ini Akibatnya Jika Membaca Sambil Tiduran

Anda suka membaca sambil tiduran karena lebih nyaman? Eits, tunggu dulu, coba perhatikan efek apa saja yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan ini!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 4 April 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Retinopati diabetik

Retinopati Diabetik

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 8 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 8 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit
cara mengobati kalazion benjolan di mata

6 Cara Menghilangkan Benjolan di Kelopak Mata (Kalazion)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
pusing pakai kacamata baru

Merasa Pusing Saat Pakai Kacamata Baru, Normal atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 15 April 2020 . Waktu baca 4 menit