Apakah Anda Mempunyai Rambut yang Sehat? Temukan Jawabannya di Sini!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Rambut yang sehat adalah impian bagi semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda pun harus bisa merawatnya dengan baik. Setelah dirawat, tentu Anda ingin tahu apakah usaha Anda selama ini terbayar atau tidak. Nah, untuk itu, yuk, kenali apa saja ciri-ciri dari rambut yang sehat. 

Ciri-ciri rambut yang sehat

Pada dasarnya, terdapat banyak produk perawatan rambut yang beredar agar rambut tetap sehat. Sederhananya, rambut yang sehat bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang, sehingga mengetahui apa saja ciri-ciri rambut yang sehat pun diperlukan.

1. Rambut lembut dan berkilau

mengembalikan warna rambut

Salah satu ciri-ciri rambut sehat yang paling terlihat adalah rambut yang lembut dan berkilau. Biasanya, Anda perlu menggunting ujung-ujung rambut secara rutin agar terhindar dari rambut bercabang. 

Rambut yang berkilau merupakan hasil dari kutikula, lapisan luar rambut, yang halus dan merata. Lapisan luar rambut ini berfungsi sebagai pelindung kulit kepala. 

2. Mempunyai tingkat elastisitas yang pas

manfaat kolagen untuk rambut

Rambut dengan elastisitas yang kuat merupakan rambut yang akan kembali ke bentuk semula setelah meregang meregang. Jika elastisitasnya berkurang, rambut akan lebih mudah patah, dan dapat menyebabkan kerontokan

Cara menguji kelenturan rambut Anda pun cukup mudah, yaitu dengan membasahi rambut Anda terlebih dahulu. Setelah itu, ambil satu helai dan regangkan atau tarik rambut Anda.

Apabila helai rambut Anda sempat meregang, artinya, salah satu tanda rambut sehat telah Anda miliki. 

3. Tidak mengalami kerontokan parah

suplemen untuk kulit dan rambut

Menurut American Academy of Dermatology, jumlah normal helai rambut yang rontok adalah 50 sampai 100 helai per hari. Hal ini dikarenakan siklus pertumbuhan rambut biasanya dapat bertahan 2-8 tahun dan akan rontok setelahnya untuk menumbuhkan helaian rambut yang baru. 

Jika Anda kehilangan lebih dari jumlah yang sudah disebutkan sebelumnya, kemungkinan besar Anda memiliki masalah kesehatan yang mungkin belum Anda sadari. 

4. Mudah disisir

sisir rambut
Sumber: Style Caster

Biasanya, rambut yang sehat merupakan rambut yang mudah disisir. Hal ini disebabkan oleh kondisi permukaan rambut yang halus karena kutikula yang tertutup, sehingga membuat rambut lebih mudah untuk disisir.

Apabila kutikula tidak sehat, rambut akan lebih mudah tersangkut satu sama lain, kusut, dan membuatnya lebih sulit untuk disisir. 

Maka itu, ketika menyisir rambut dan sisir lebih luwes untuk bergerak, artinya rambut Anda termasuk dalam kategori sehat. 

5. Tidak keriting (frizzy) meskipun di tempat yang lembap

rambut tak rusak meski catokan

Rambut yang keriting atau mengembang bisa disebabkan oleh rambut yang menyerap kelembapan udara sekitar.

Hal ini dapat terjadi jika kutikula rambut Anda rusak. Akibatnya, titik-titik air yang berasal dari tempat yang lembap pun dapat menerobos batang rambut. 

Tips agar rambut tetap sehat

Masih melansir dari laman American Academy of Dermatology, merawat rambut agar tetap sehat sebenarnya cukup sederhana. Akan tetapi, Anda harus melakukannya secara rutin agar hasilnya maksimal.

Yuk, simak apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rambut indah, kuat, dan berkilau.

  • Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, disarankan untuk sering keramas, yaitu sekali dalam sehari.
  • Bagi Anda yang memiliki rambut kering, dianjurkan tidak terlalu sering keramas, bisa 2-3 hari sekali.
  • Fokus untuk membersihkan kulit kepala ketika keramas agar lebih bersih.
  • Gunakan kondisioner setelah penggunaan sampo untuk memperbaiki tampilan rambut rusak dan melindungi rambut dari sinar UV.
  • Memakai pelindung rambut ketika berenang.

Pada dasarnya, ciri-ciri rambut yang sehat dapat dilihat melalui berbagai hal. Jika Anda merasa rambut sudah sangat kusam, rontok, dan sulit diatur, bisa saja rambut Anda mulai menunjukkan tanda-tanda rambut rusak. Apabila Anda khawatir, silakan konsultasikan dengan ahli dermatologi atau dokter Anda.

Sumber Foto: Lavish Hair

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca