4 Langkah Skincare Malam yang Ampuh Atasi Bekas Jerawat Membandel

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda membutuhkan cara optimal untuk menghilangkan bekas jerawat, cobalah merawat wajah dengan skincare malam secara rutin. Langkah sederhana ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit, serta menghindari pertumbuhan jerawat baru pada area bekas jerawat.

Untuk memaksimalkan rangkaian skincare pada malam hari demi memudarkan bekas jerawat Anda, simak penjelasannya berikut ini.

Skincare malam untuk menghilangkan bekas jerawat

Produk skincare dikatakan bekerja dengan baik ketika dapat mengatasi masalah kelebihan minyak wajah, membersihkan pori-pori wajah, serta membantu penyembuhan bekas jerawat yang meradang.

Tak jarang bekas jerawat menimbulkan noda kehitaman yang dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi setelah jerawat. Noda yang menetap kerap membuat individu jadi tak percaya diri.

Maka itu, untuk menuntaskan bekas jerawat yang membandel, yuk coba skincare malam di bawah ini secara rutin.

1. Bersihkan makeup

Setelah seharian beraktivitas, wajah bersentuhan begitu lama dengan makeup. Belum lagi ada debu yang menempel di wajah. Saatnya kulit wajah Anda beristirahat sejenak.

Membersihkan makeup dengan cleanser merupakan langkah pertama penerapan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat.

Gunakan kain lembut untuk membersihkan keseluruhan wajah. Jangan lupa pada area rahang dan leher, serta di belakang telinga. Hindari tekanan yang berlebihan saat membersihkan wajah, agar bekas jerawat tak kembali meradang. 

2. Cuci wajah

Setelah membersihkan makeup, skincare selanjutnya untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mencuci wajah. Rutinitas sederhana ini memberikan manfaat optimal untuk menjaga kesehatan kulit wajah. 

Penelitian dari Pediatric Dermatology mengungkapkan, rutinitas mencuci wajah berpengaruh signifikan terhadap kesehatan kulit wajah. Studi ini dipantau selama 6 minggu. 

Peneliti menemukan jerawat timbul lebih banyak pada partisipan yang hanya mencuci wajahnya sekali saja dalam sehari. Sementara partisipan yang mencuci wajah dua kali sehari dapat meminimalkan jerawat.

Cucilah wajah secara lembut. Jangan gunakan sabun batang, tetapi pilih facial wash dengan kandungan asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, atau enzim dari buah-buahan.

Saat membersihkan wajah, gunakan air suam-suam kuku, sehingga bekas jerawat bisa terhindar dari iritasi. Penggunaan air hangat dalam membilas wajah bisa memicu iritasi.

3. Gunakan toner

Mungkin saja sebagian orang melewatkan rutinitas ini. Mengaplikasikan toner adalah salah satu skincare routine malam untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. 

Toner dapat membantu mengurangi sisa-sisa minyak atau sebum. Karena fungsinya tersebut, toner mampu membantu menghilangkan komedo dan kemerahan. Anda bisa memilih toner yang melembabkan jika sedang menggunakan obat-obatan untuk jerawat agar kulit tidak kering.

Gunakan kapas untuk mengaplikasikan toner, lalu usapkan pada keseluruhan area wajah. Terutama pada area T-zone yang sering mengeluarkan banyak minyak.

4. Aplikasikan gel penghilang bekas jerawat

Tutup rangkaian skincare malam dengan gel penghilang bekas jerawat. Anda bisa mengaplikasikan gel penghilang bekas jerawat setiap malam hari hingga noda tersamarkan. Pilih gel dengan kandungan niacinamide untuk menghilangkan bekas jerawat.

Niacinamide dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi pada bekas jerawat. Komponen yang tergolong sebagai vitamin B3 ini dapat memberikan proteksi dengan mencegah pertumbuhan jerawat pada area bekas jerawat. Selain itu, niacinamide membantu menjaga kelembapan kulit.

Selain niacinamide, kandungan allium cepa dan mucopolysaccharide dapat membantu memperbaiki ketidakrataan kulit akibat bekas jerawat. Pilih juga kandungan pionin yang mampu menuntaskan bakteri penyebab jerawat.

Nah, kini Anda sudah tahu skincare malam hari yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan hilangnya bekas jerawat. Lakukan langkah ini setiap malam dan lihat perbedaannya setelah beberapa minggu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Bekas Jerawat Membandel Bisa Hilang Total?

Menghilangkan bekas jerawat bukanlah hal yang mustahil. Berikut beberapa cara menyamarkan bekas jerawat pada wajah yang dapat perlu Anda ketahui.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
cara menyamarkan bekas jerawat
Jerawat, Health Centers 27 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit

Bekas Jerawat

Noda bekas jerawat hitam merupakan keluhan dari sebagian besar orang. Ketahui cara untuk mengatasinya dan juga penyebabnya agar dapat dihindari.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
bekas jerawat hitam
Dermatologi, Jerawat 23 Januari 2020 . Waktu baca 7 menit

Rekomendasi Obat Bekas Jerawat yang Tepat

Rekomendasi obat bekas jerawat ini bisa Anda coba untuk menuntaskan noda yang membandel. Pastikan kandungan ini terdapat dalam obat bekas jerawat Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
obat bekas jerawat
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 15 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

moisturizer dulu atau sunscreen

Moisturizer Dulu Atau Sunscreen? Ini Urutan Pemakaian yang Benar

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
berapa lama skin care menunjukkan hasil

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit