backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

4

Tanya Dokter
Simpan

Rekomendasi 10 Sabun Cuci Muka yang Aman untuk Kulit Sensitif

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 14/03/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

Rekomendasi 10 Sabun Cuci Muka yang Aman untuk Kulit Sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka harus lebih selektif dalam memilih produk skincare, termasuk facial wash. Pastikan Anda telah memerhatikan komposisi produk yang biasanya tertera di label kemasan sebelum membeli. Agar tidak salah, kami merekomendasikan beberapa sabun muka untuk kulit sensitif yang bisa dicoba, baik bagi pria maupun wanita. 

Cara kami memilih sabun cuci muka untuk kulit sensitif

Setiap sabun muka memiliki karakteristiknya tersendiri. Sementara itu, kulit yang sensitif identik dengan masalah kulit kering.

Mengutip The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, saat membeli sabun muka untuk kulit sensitif, pertimbangkan kandungan bahan pelembap di dalamnya, hyaluronic acid, ceramide, dan niacinamide

Selain melembapkan, ketiga kandungan tersebut memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dan mengenyalkan kulit Anda. 

Sementara itu, hindari zat aditif, seperti pewangi, pewarna, dan alkohol dalam sabun cuci muka untuk kulit sensitif yang dikhawatirkan memicu iritasi.

Gunakan juga sabun muka dengan kadar pH 4,5-6,0 bagi pemilik kulit sensitif berjerawat.

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit sensitif

kulit sensitif

Berikut ini ada 10 pilihan facial wash terbaik untuk kulit sensitif yang kami harap cocok dengan kulit Anda.

1. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Rekomendasi facial wash untuk kulit sensitif yang pertama datang dari Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash.

Ya, sabun cuci muka ini berasal dari Jepang dengan kandungan Improved Hyaluronic Acid (AcHA).

Kandungan tersebut bermanfaat untuk membuat kulit 2x lebih lembap daripada bila memakai Hyaluronic Acid biasa. 

Selain itu, sabun cuci muka ini mampu mengangkat kotoran dan minyak di kulit wajah tanpa menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga kelembapan tetap terjaga.

Facial wash Hada Labo untuk kulit sensitif ini diformulasikan sesuai dengan pH kulit dan tidak menggunakan zat pewangi, zat pewarna, mineral oil, serta ethanol.

Nomor registrasi BPOM : NA18121201046

2. SENKA Perfect Whip Facial Foam

Produk dari SENKA ini diklaim sebagai facial foam nomor 1 di Jepang yang terbukti cocok untuk kulit sensitif.

Facial wash SENKA cocok untuk kulit sensitif karena mengandung White Cocoon Essence kualitas terbaik untuk menciptakan busa yang lembut, tebal, dan melimpah.

Kandungan tersebut mampu membersihkan make-up, kotoran, dan minyak berlebih dengan halus.

Sementara itu, kandungan Double Hyaluronic Acid untuk menjaga kulit Anda agar tetap lembut dan terhidrasi setelah pembersihan.

Nomor registrasi BPOM: NA22201200155

3. Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser

Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser merupakan gel pembersih wajah yang ringan dan lembut. 

Facial wash Safi ini berfungsi untuk membersihkan kulit dari sebum dan kotoran yang berlebihan secara optimal, serta menyejukkan kulit sensitif. 

Dengan formula yang lembut dan kandungan bahan alami dari ekstrak Licorice & Chamomile membantu merawat kulit yang kemerahan, sehingga kulit terasa nyaman. 

Secara keseluruhan, Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser dapat menjaga keseimbangan kelembapan kulit, sehingga tetap tampak sehat dan cerah.

Nomor registrasi BPOM: NA32181212479

4. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil merupakan salah satu produk yang populer di Indonesia yang diklaim sebagai sabun cuci muka untuk kulit sensitif, kering, normal, kombinas, dan kulit berjerawat

Facial wash dari Cetaphil ini telah teruji secara klinis efektif membantu melembapkan dan membersihkan kulit wajah, sehingga aman digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif.

Sementara itu, kandungan propylene glycol di dalam produk ini bertujuan untuk melembapkan kulit.

Diketahui, dalam Jurnal Toxicological Research, menyebutkan bahwa minyak PEGylated atau propylene glycol aman dalam pemakaian kosmetik. 

Senyawa ini biasanya bertugas untuk membantu melindungi kulit dari kekeringan dan mencegah kerusakan karena oleh faktor oksidatif eksternal.

Kendati begitu, sangat penting untuk terus memantau keamanan dan risiko produk turunan PEG pada konsumen yang menggunakan produk kosmetik.

Ini dilakukan untuk memastikan tidak ada potensi ancaman kesehatan yang akan muncul, terutama bila digunakan secara ekstensif dan kronis. 

Nomor registrasi BPOM: NE11160700635

5. Sebamed Clear Face Antibacterial Foam

Sabun cuci muka yang satu ini mengandung montaline C40 sebagai anti bakteri yang dapat membunuh 100.000 bakteri dalam waktu 5 menit, sehingga cocok untuk kulit sensitif.

Selain itu, Sebamed facial wash menghasilkan busa yang lembut dan dapat membersihkan kotoran sampai ke pori-pori kulit.

Sebamed Clear Face Antibacterial Foam juga mengandung Panthenol untuk menyembuhkan kulit rusak dan meremajakan kulit.

Nomor registrasi BPOM: NC16161203771 

6. Acnes Foaming Foam

Acnes Foaming Foam merupakan salah satu rekomendasi facial wash untuk kulit sensitif.

Pasalnya, sabun cuci muka ini berbentuk foam mengandung anti bakteri, antiradang serta vitamin sebagai perawatan untuk jenis kulit yang cenderung berjerawat dan sensitif.

Selain itu, mampu membersihkan wajah untuk kulit sensitif dengan cara menghilangkan minyak berlebih dan menghilangkan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

Nomor registrasi BPOM: NA18181202460

7. Skintific 5X Ceramide Low pH Cleanser

Pasti Anda kenal dengan brand yang sedang populer satu ini. Ya, Skintific 5X Ceramide Low pH Cleanser menjadi salah satu facial wash lokal yang populer untuk kulit sensitif.

Sabun cuci muka ini memiliki pH balanced (5.5~6) andalan untuk kulit sensitif karena menggunakan 5 tipe Ceramides.

Gunanya untuk membersihkan wajah secara keseluruhan tapi tetap menjaga kelembapan dan mengembalikan kesehatan skin barrier. 

Facial wash dari Skintific sangat cocok bagi Anda pemilik kulit sensitif karena mengandung amino acid, sehingga lebih aman untuk menghasilkan busa halus.

Kandungan amino acid juga membuat kulit terhindar dari iritasi, rasa kering, dan ketarik setelah mencuci muka.

Terdapat pula active ingredients tambahan seperti Hyaluronic Acid yang bermanfaat untuk:

  • membersihkan kulit agar terlihat lebih cerah,
  • mengontrol produksi minyak berlebih, dan
  • mengatasi kulit meradang akibat jerawat.

Nomor registrasi BPOM: NA11211200832

8. Bioderma Sensibio Gel Moussant

Bioderma Sensibio Gel Moussant adalah pembersih wajah berbasis gel dengan teknologi micellar untuk kulit sensitif hingga kulit yang mudah teriritasi

Selain itu, sabun muka ini juga mampu membersihkan dan membantu meningkatkan hidrasi alami kulit. Komposisi Bioderma Sensibio Gel Moussant dilengkapi Paten D.A.F.

Paten D.A.F adalah penggabungan komposisi yang dipatenkan untuk meningkatkan ambang toleransi kulit, terlepas dari apa pun jenis kulitnya.

Paten ini dirancang oleh NAOS Research di Aix-en-Provence dan sudah melalui proses perkembangan di sejumlah laboratorium.

Sementara itu, dalam efikasi telah teruji bahwa sebanyak 86% dari subjek berpendapat kulitnya terasa lebih tenang setelah pemakaian facial wash dari Bioderma ini.

Nomor registrasi BPOM: NC14171208609

9. La Roche Posay Toleriane Foaming Cleanser

Facial Wash bertekstur gel keluaran La Roche-Posay ini terbuat khusus untuk kulit sensitif yang berminyak. 

Produk ini mengklaim jika formulanya tidak hanya ideal untuk kulit sensitif, tetapi juga acne-prone berkat kandungan yang bebas sabun, alkohol, dan pewangi.

Satu lagi, La Roche Posay Toleriane Foaming Cleanser mampu mengangkat kotoran secara lembut, membersihkan makeup, serta melembapkan dan menenangkan kulit sensitif.

Nomor registrasi BPOM: NC14211200004

10. Whitelab pH-Balanced Facial Cleanser

Whitelab pH-Balanced Facial Cleanser adalah facial wash lokal dengan pH yang sesuai dengan pH kulit (5.5), sehingga cocok untuk kulit sensitif. 

Sabun muka ini memiliki formula khusus dengan kekuatan 3 kandungan utama Agarikon Mushroom Extract, Prebiotic Oat, dan Niacinamide.

Ketiganya berperan dalam membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan sebum berlebih hingga ke pori-pori tanpa membuat kulit kering dan tertarik. 

Nomor registrasi BPOM: NA18211207375

Nah, itulah beberapa rekomendasi sabun cuci muka terbaik untuk kulit sensitif. Bagaimana, apakah telah menemukan sabun muka untuk membersihkan kulit sensitif Anda?

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 14/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan