Kenapa Beberapa Orang Bisa Punya Pembuluh Darah Mirip Sarang Laba-Laba?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/08/2018 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Pembuluh darah sarang laba-laba adalah pembuluh darah yang menyerupai varises, tetapi lebih kecil dan lebih dekat ke permukaan kulit. Pembuluh darah ini berwarna merah, ungu atau biru, yang memutar dan berbelok, terlihat seperti cabang-cabang pohon atau sarang laba-laba. Pembuluh darah ini kebanyakan ditemukan di kaki atau wajah dan dapat menutupi area kecil atau besar pada kulit.

Apa penyebab pembuluh darah sarang laba-laba?

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko pembuluh darah sarang laba-laba, termasuk penuaan, riwayat keluarga terkait pembuluh darah sarang laba-laba, riwayat pribadi terkait pembekuan darah, riwayat operasi pembuluh darah, maupun penggunaan pil KB.

Kondisi ini lebih sering dialami wanita dikarenakan perubahan hormon selama puber, kehamilan, menyusui, menopause. Orang yang pekerjaannya membutuhkan berdiri dalam waktu lama seperti orang sales, pekerja pabrik, perawat, penata rambut, guru, juga berisiko tinggi untuk memiliki pembuluh darah sarang laba-laba. Kurang berolahraga dan obesitas juga merupakan faktor dari pembuluh darah “sarang laba-laba.”

Tanda dan gejala pembuluh darah sarang laba-laba

Penampakan pembuluh darah yang seperti sarang laba-laba pada kulit adalah tanda yang paling jelas dari kondisi ini. Selain itu, kebanyakan kasus ini juga diikuti oleh perasaan tidak nyaman di kaki seperti pegal, kram, terbakar, kesemutan, atau beban berat di kaki terutama ketika berdiri untuk waktu yang lama.

Gejala yang kurang umum adalah pembengkakan, penggelapan kulit dan bisul. Gejala ini dapat lebih buruk pada wanita selama siklus menstruasi atau kehamilan.

Pilihan pengobatan untuk pembuluh darah sarang laba-laba

Stocking pendukung atau kompresi

Ini adalah trik paling jitu untuk mengatasi keluhan yang datang bersama pembuluh darah laba-laba. Gunakan stocking pendukung yang berukuran tepat, gejala yang tidak nyaman dapat mereda ketika stocking tersebut memberikan tekanan pada pembuluh darah. Stocking ini tersedia dalam panjang di bawah lutut, di atas lutut, dan gaya pantyhose, dan dapat dibeli secara bebas atau dengan resep.

Skleroterapi

Dalam prosedur ini, dokter akan menyuntikkan zat kimia iritan (biasanya larutan garam yang berkonsentrasi sangat tinggi) ke dalam pembuluh darah yang bermasalah, menyebabkan pembuluh darah menjadi kejang dan kolaps ke dalam. Setelahnya, pembuluh darah yang tersegel tidak dapat lagi mengangkut darah dan menjadi jaringan luka, kemudian memudar pada akhirnya.

Pengobatan laser endovenous

Serat laser kecil akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah. Sinar laser yang berdenyut dikirim ke dalam pembuluh darah, menyebabkan pembuluh darah menjadi kolaps dan tersegel menutup. Prosedur ini dilakukan pada pasien rawat jalan dalam anestesi lokal. Dokter juga dapat memasukkan kateter kecil ke dalam pembuluh darah dan mengirimkan energy radiofrekuensi ke dalam dinding pembuluh darah, membuatnya memanas dan tersegel menutup.

Perubahan gaya hidup

Kebersihan yang baik, olahraga yang relevan dan penurunan berat badan (jika dibutuhkan) dapat sangat membantu dalam pengobatan pembuluh darah sarang laba-laba.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Muncul Ruam dan Gatal Sebelum Melahirkan? Itu Adalah PUPPP

PUPPP atau PUPPS adalah masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil. Namun, apa yang membuat kondisi ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 26/03/2020 . 4 menit baca

4 Penyakit yang Menimbulkan Bentol Berair pada Kulit Bayi

Bentol berair pada kulit bayi tidak hanya terjadi akibat lecet saja. Namun, pada juga muncul akibat masalah kesehatan tertentu. Apa saja? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 14/03/2020 . 6 menit baca

4 Penyebab Bercak Putih Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Bercak putih pada kulit bayi bisa menandakan masalah kesehatan. Apa saja, ya? Lantas, bagaimana cara mengibatinya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 28/02/2020 . 5 menit baca

Biang Keringat pada Bayi: Penyebab, Ciri-Ciri, Cara Mengatasi, dan Tips Mencegahnya

Biang keringat jadi masalah kulit yang paling umum terjadi pada bayi. Yuk, pelajari lebih dalam tentang penyebab, gejala, hingga perawatannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 20/02/2020 . 11 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 5 menit baca
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . 4 menit baca
obat untuk infeksi jamur kulit

Cara Memilih Obat untuk Kulit yang Gatal Karena Infeksi Jamur Kulit

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . 6 menit baca
merawat kulit saat karantina

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . 6 menit baca