Kenapa Beberapa Orang Bisa Punya Pembuluh Darah Mirip Sarang Laba-Laba?

Oleh

Pembuluh darah sarang laba-laba adalah pembuluh darah yang menyerupai varises, tetapi lebih kecil dan lebih dekat ke permukaan kulit. Pembuluh darah ini berwarna merah, ungu atau biru, yang memutar dan berbelok, terlihat seperti cabang-cabang pohon atau sarang laba-laba. Pembuluh darah ini kebanyakan ditemukan di kaki atau wajah dan dapat menutupi area kecil atau besar pada kulit.

Apa penyebab pembuluh darah sarang laba-laba?

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko pembuluh darah sarang laba-laba, termasuk penuaan, riwayat keluarga terkait pembuluh darah sarang laba-laba, riwayat pribadi terkait pembekuan darah, riwayat operasi pembuluh darah, maupun penggunaan pil KB.

Kondisi ini lebih sering dialami wanita dikarenakan perubahan hormon selama puber, kehamilan, menyusui, menopause. Orang yang pekerjaannya membutuhkan berdiri dalam waktu lama seperti orang sales, pekerja pabrik, perawat, penata rambut, guru, juga berisiko tinggi untuk memiliki pembuluh darah sarang laba-laba. Kurang berolahraga dan obesitas juga merupakan faktor dari pembuluh darah “sarang laba-laba.”

Tanda dan gejala pembuluh darah sarang laba-laba

Penampakan pembuluh darah yang seperti sarang laba-laba pada kulit adalah tanda yang paling jelas dari kondisi ini. Selain itu, kebanyakan kasus ini juga diikuti oleh perasaan tidak nyaman di kaki seperti pegal, kram, terbakar, kesemutan, atau beban berat di kaki terutama ketika berdiri untuk waktu yang lama.

Gejala yang kurang umum adalah pembengkakan, penggelapan kulit dan bisul. Gejala ini dapat lebih buruk pada wanita selama siklus menstruasi atau kehamilan.

Pilihan pengobatan untuk pembuluh darah sarang laba-laba

Stocking pendukung atau kompresi

Ini adalah trik paling jitu untuk mengatasi keluhan yang datang bersama pembuluh darah laba-laba. Gunakan stocking pendukung yang berukuran tepat, gejala yang tidak nyaman dapat mereda ketika stocking tersebut memberikan tekanan pada pembuluh darah. Stocking ini tersedia dalam panjang di bawah lutut, di atas lutut, dan gaya pantyhose, dan dapat dibeli secara bebas atau dengan resep.

Skleroterapi

Dalam prosedur ini, dokter akan menyuntikkan zat kimia iritan (biasanya larutan garam yang berkonsentrasi sangat tinggi) ke dalam pembuluh darah yang bermasalah, menyebabkan pembuluh darah menjadi kejang dan kolaps ke dalam. Setelahnya, pembuluh darah yang tersegel tidak dapat lagi mengangkut darah dan menjadi jaringan luka, kemudian memudar pada akhirnya.

Pengobatan laser endovenous

Serat laser kecil akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah. Sinar laser yang berdenyut dikirim ke dalam pembuluh darah, menyebabkan pembuluh darah menjadi kolaps dan tersegel menutup. Prosedur ini dilakukan pada pasien rawat jalan dalam anestesi lokal. Dokter juga dapat memasukkan kateter kecil ke dalam pembuluh darah dan mengirimkan energy radiofrekuensi ke dalam dinding pembuluh darah, membuatnya memanas dan tersegel menutup.

Perubahan gaya hidup

Kebersihan yang baik, olahraga yang relevan dan penurunan berat badan (jika dibutuhkan) dapat sangat membantu dalam pengobatan pembuluh darah sarang laba-laba.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca