6 Suplemen Terbaik untuk Kulit Cerah dan Rambut Indah Bercahaya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13 Maret 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tak mau punya kulit cerah dan rambut indah? Mungkin Anda sudah melakukan berbagai hal demi mendapatkan hal tersebut, mulai dari perawatan salon hingga mengatur pola makan yang baik. Namun, masih juga Anda menemukan bercak kulit kering, bibir pecah-pecah, dan rambut kusam? Mungkin Anda bisa mencoba suplemen untuk kulit berikut ini. 

Suplemen untuk kulit yang Anda butuhkan setiap hari

Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen. Suplemen dapat membantu penuhi kebutuhan gizi Anda, sehingga baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit dan rambut. Ada beberapa suplemen untuk kulit yang sebaiknya Anda konsumsi, apa saja?

1. Biotin

Biotin merupakan vitamin B yang mendorong kesehatan kulit, saraf, saluran pencernaan, dan metabolisme. Suplemen yang mengandung biotin dapat membantu mengurangi rambut rontok dan mendorong pertumbuhan kuku.

Biotin dapat ditemukan pada beberapa makanan, seperti selai kacang dan pisang. Dosis asupan biotin yang direkomendasikan sebesar 35 mikrogram setiap harinya, yang mungkin sudah Anda dapatkan otomatis dalam menu makan Anda.

2. Ekstrak pakis

Mungkin Anda sudah kenal dengan pakis. Ternyata ektsrak dari sayuran ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehtan kulit. Ya, ekstrak pakis telah diteliti selama hampir 20 tahun lamanya untuk kemampuannya dalam meremajakan kulit.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ekstrak pakis dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Suplemen untuk kulit ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan seperti eksim, psoriasis, dan vitiligo.

Selain itu, suplemen yang mengandung ekstrak pakis telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi penting pada jaringan kulit. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai dosis yang tepat jika Anda tertarik untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak pakis. Umumnya, dosis suplemen akan bergantung dengan berat badan masing-masing orang.

vitamin kecantikan

3. Zat besi

Tanpa zat besi, maka rambut Anda akan terlihat kusam, tipis, dan kering. Makanya, mineral ini diandalkan sebagai suplemen untuk kulit. Terlebih jika asupan zat besi dalam tubuh tidak tercukupi, kuku menjadi rentan rapuh dan mudah patah. Mineral ini juga berperan dalam mengaktifkan vitamin B di dalam tubuh, sehingga kulit Anda akan tampak lebih bersinar.

Tak sulit kok untuk mendapatkan zat besi. Anda bisa mentemukannya dalam beragam jenis makanan seperti, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, daging sapi, daging ayam, dan makanan laut.  Namun, konsumsi zat besi berlebihan dan tanpa pengawasan akan menyebabkan kerusakan struktur kulit, layaknya efek radikal bebas.

Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum Anda mengonsumsi suatu suplemen untuk kulit dan rambut.

4. Asam lemak omega

Kandungan omega 3 dalam ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel bermanfaat untuk mengatur produksi minyak dan membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, nutrisi tersebut juga dapat menunda proses penuaan kulit sehingga dapat mencegah keriput.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 mengungkapkan bahwa EPA, yaitu salah satu jenis omega-3, mampu membantu menangkal sinar UV yang selama ini membuat kulit jadi kusam dan berkerut.

Terlebih lagi, asam lemak omega-3 juga dapat membuat rambut terlihat lebih bersinar, mencegah rambut menjadi kering, dan menyehatkan kulit kepala. Pastikan Anda mengonsumsi suplemen omega-3 sesuai dengan rekomendasi Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian, 600 mg DHA per hari. Namun, jika anda memiliki riwayat gangguan mood, alergi ikan, diabetes, atau tekanan darah tinggi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Vitamin C

Suplemen untuk kulit dan rambut lainnya adalah vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, membantu menghilangkan ketombe, menghentikan kerontokan rambut, sehingga dapat menyebabkan rambut terlihat lebih tebal.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa seseorang yang rajin mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan E, kulitnya akan tampak lebih bersinar hanya dalam waktu 4 bulan.

Berapa banyak suplemen vitamin C yang perlu Anda konsumsi setiap harinya bergantung pada jenis kelamin Anda. Wanita 19 tahun ke atas sebaiknya mengonsumsi 75 g suplemen vitamin C setiap hari, sedangkan pria berusia 19 tahun ke atas hanya perlu mengonsumsi sebanyak 19 g per hari.

Namun, perlu Anda ketahui, vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga dapat menjadi masalah bagi penderita hemokromatosis dan orang dengan penyakit zat besi yang berlebihan.

6. Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E merupakan vitamin yang kaya antioksidan sehingga dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat mengarah pada terbentuknya garis halus.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E, rambutnya tumbuh lebih subur daripada pria yang menggunakan perawatan plasebo.

Pada dasarnya, karena vitamin E ini larut dengan lemak, maka sebaiknya gunakan suplemen yang berbentuk gel. Perlu diingat bahwa mengonsumsi vitamin E berlebihan bisa menimbulkan memar di bawah permukaan kulit.

Umumnya, asupan vitamin E yang dibutuhkan tubuh bisa didapat dengan mengonsumsi beragam makanan yang kaya vitamin E, contohnya seperti alpukat, minyak zaitun, dan gandum.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
manfaat ampas teh bagi kecantikan

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit