Yang Harus Dihindari Saat Melakukan Yoga

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Sepintas, yoga memang terlihat seperti olahraga yang mudah dilakukan. Padahal, sebenarnya olahraga ini memiliki teknik yang cukup rumit. Tak jarang pula beberapa orang masih melakukan kesalahan-kesalahan, sehingga tidak berhasil mendapatkan manfaat yoga secara maksimal. Berikut adalah kesalahan-kesalahan dalam yoga yang perlu Anda ketahui.

Kesalahan dalam yoga yang seharusnya dihindari

Dilansir dari Medical News Today, yoga adalah jenis olahraga yang menggabungkan pose-pose tertentu, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Olahraga ini dinilai dapat memperbaiki kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama menyelaraskan kontrol fisik dan psikis.

Sayangnya, masih banyak penggiat yoga yang justru melakukan kesalahan-kesalahan kecil, di antaranya:

1. Menahan napas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yoga merupakan olahraga yang tidak hanya berfokus pada postur-postur tubuh, tapi juga pernapasan.

Maka itu, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang satu ini, terutama saat sedang mempraktikkan pose yang cukup sulit. Ketika sedang yoga, Anda justru harus merasakan setiap tarikan dan embusan napas Anda.

Bernapas secara sadar dan fokus tentu berbeda dengan saat Anda bernapas seperti biasa. Dengan fokus pada pernapasan, Anda merangsang kerja korteks serebral.

Korteks serebral adalah bagian otak yang akan mengelola emosi Anda. Ketika emosi terkontrol, Anda akan merasa lebih tenang dan rileks.

2. Terlalu tegang

Kesalahan lainnya yang mungkin dilakukan dalam mengikuti yoga adalah berpikir terlalu banyak, sehingga menjadi tegang.

Biasanya, pikiran-pikiran tersebut muncul karena Anda merasa tidak yakin dengan diri sendiri. Anda tidak yakin bahwa tubuh Anda cukup lentur untuk melakukan gerakan-gerakan yoga, kurang kurus, tidak punya pakaian yang cocok, dan lainnya.

Bahkan, Anda mungkin cenderung membandingkan diri Anda sendiri dengan orang lain yang ada di dalam ruang kelas yoga. Nah, pikiran-pikiran seperti ini yang justru dapat menghambat Anda.

Jika Anda khawatir soal tubuh Anda kurang fleksibel, tidak perlu khawatir. Justru, Anda akan mempelajari pose-pose yang membantu tubuh Anda menjadi semakin lentur.

Selain itu, yoga bukanlah olahraga yang menuntut Anda untuk sempurna, apalagi jika Anda baru pertama kali mencoba.

Jadi, tidak perlu terlalu cemas dan ingat bahwa setiap orang pasti belajar dari nol sebelum menguasai sesuatu, termasuk yoga.

3. Memaksakan pose yang menyakitkan

Salah satu kesalahan lain yang sering dilakukan dalam yoga adalah memaksakan diri. Banyak orang yang berusaha terlalu keras ketika menjajal pose tertentu, bahkan hingga tubuhnya kesakitan.

Padahal, terlalu memaksakan diri melakukan gerakan yang tidak biasa Anda lakukan justru berisiko menyebabkan cedera. Anda tidak wajib mencoba semua jenis pose yang ada. Jika memang terasa sakit, berhentilah sejenak.

Yang paling penting dalam yoga adalah selalu dengarkan dan hargai batasan-batasan dari tubuh Anda.

4. Memilih kelas dengan level lanjutan, padahal Anda masih pemula

Mungkin tebersit di pikiran Anda untuk langsung mencoba kelas yoga dengan tingkatan yang lebih tinggi, dengan harapan mendapatkan hasil yang instan.

Hal tersebut justru merupakan suatu kesalahan dalam yoga. Olahraga ini, pada dasarnya, memang tidak memberikan hasil yang langsung terasa dalam waktu singkat. Kembali lagi ke poin 3, terlalu memaksakan diri malah akan berisiko.

Pilihlah kelas yoga dengan tingkatan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kuasai tenaga dalam tubuh Anda terlebih dahulu. Setelahnya, Anda akan merasa lebih nyaman saat melakukan pose-pose yang lebih menantang.

5. Melupakan apa arti dan tujuan yoga sebenarnya

Kesalahan umum lainnya dalam yoga adalah tidak memahami secara utuh tujuan yoga itu sendiri. Beberapa orang mengira bahwa yoga hanyalah olahraga fisik semata. Padahal, yoga memiliki arti lebih dari sekadar aktivitas fisik.

Yoga mengedepankan keseimbangan antara tubuh dan pikiran Anda. Bahkan, para ahli dan praktisi yoga tidak menjadikan kebugaran tubuh saja sebagai tujuan utamanya.

Mereka juga berfokus pada spiritualitas, yang mereka tekankan pada teknik pernapasan dan fokus mental.

Dengan memahami tujuan dari yoga, Anda tidak hanya akan mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat, tapi juga spiritualitas yang lebih kaya. Dengan begitu, Anda bisa menghadapi hidup dengan lebih tenang.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 5, 2020 | Terakhir Diedit: Desember 10, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca