Banyak gym yang menawarkan sesi olahraga pribadi sambil dipandu oleh seorang personal trainer. Dilansir dari Men’s Journal, nge-gym di bawah pengawasan ketat dari personal trainer bisa meningkatkan peluang keberhasilan kebugaran tubuh hingga lebih dari 30 persen. Tapi tunggu dulu. Tidak semua orang butuh atau cocok dengan program one on one ini.

Anda mungkin membutuhkan bantuan jasa personal trainer, jika…

1. Anda seorang pemula

Sebagai seorang pemula, Anda mungkin merasa kebingungan harus mulai dari mana begitu dihadapkan dengan jejeran peralatan olahraga di gym. Pelatih pribadi dapat merancang sebuah rencana latihan khusus hanya untuk Anda berdasarkan pada apa yang ingin Anda capai, dan mengaturnya sesuai jadwal rutintas harian Anda agar komitmen berolahraga tidak akan terbengkalai. Seorang pelatih dapat membantu Anda dalam menentukan bagaimana memulai dan seberapa banyak latihan yang dapat Anda tangani pada awalnya.

Mereka dapat membantu mencarikan aktivitas yang tepat bagi Anda — termasuk frekuensi, intensitas, dan jenis latihannya — dan menunjukkan bagaimana cara mengoperasikan masing-masing alat agar sesi olahraga Anda efektif. Program yang dipersonalisasi ini biasanya akan memberikan Anda hasil yang lebih nyata daripada rencana latihan standar, atau bahkan asal-asalan. Pelatih gym yang baik membantu Anda memaksimalkan waktu Anda di gym sekaligus menjaga Anda agar tidak berolahraga di luar batas kemampuan tubuh Anda.

2. Sesi olahraga Anda selama ini tidak membuahkan hasil

Jika Anda selama ini telah berolahraga mandiri secara konsisten selama beberapa minggu atau bulan tapi tidak kunjung kehilangan berat badan atau mencapai tujuan Anda, meminta bantuan seorang pelatih mungkin merupakan pilihan yang tepat. Mungkin saja selama ini sebenarnya semua upaya mandiri Anda membuahkan hasil, tapi ternyata tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Nah, personal trainer sebagai pihak luar yang netral bisa melihat apa yang selama ini mungkin salah atau kurang dilakukan, dan membantu mengoreksi atau mengubah cara Anda berolahraga agar lebih efisien untuk meraih hasil yang lebih optimal.

Ayo, semangat! Jangan malas nge-gym

Pelatih profesional mengajarkan Anda cara yang tepat untuk melakukan setiap gerakan latihan dalam rutinitas Anda. Biasanya ia akan terlebih dulu menunjukkan gerakannya dan meminta Anda mengikuti arahannya sehingga ia bisa memperbaiki masalah dengan postur tubuh atau teknik Anda. Belajar bagaimana cara nge-gym dengan benar dapat mengurangi risiko cedera dan menggenjot semangat Anda untuk melatih diri lebih baik lagi. Anda juga akan bisa melanjutkan latihan sendiri di rumah setelah mendapatkan instruksi dari pelatih.

Ia juga bisa membantu Anda tetap termotivasi, dan bahkan mendorong Anda keluar dari zona nyaman. Banyak orang yang tidak kunjung mendapatkan hasil karena mereka tidak bekerja sekeras yang mereka mampu. Semangat dan motivasi bisa mudah luntur ketika Anda berjuang sendirian, tapi jika ada orang yang menantang, Anda jadi akan terus terpacu untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, mengetahui bahwa Anda sudah kepalang tanggung membayar jumlah uang yang tidak sedikit demi beberapa kali pertemuan dapat “memaksa” Anda menuntaskan misi hingga akhir.

3. Anda terjebak dengan rutinitas olahraga yang itu-itu saja

Kebanyakan orang terlalu sering memfokuskan diri pada latihan kardio seperti lari di atas treadmill atau bersepeda elektrik saja untuk waktu yang sangat lama. Lama-kelamaan ini tak hanya membuat Anda bosan dan patah semangat, tapi juga menyebabkan Anda terjebak dalam masa plateau (kondisi stagnan tanpa perubahan apapun), meningkatkan risiko langganan cedera pada otot yang itu-itu saja, dan kelelahan. Itulah mengapa Anda memerlukan variasi dalam program nge-gym Anda.

Pelatih dapat menawarkan perspektif dan gagasan baru untuk menantang tubuh dan pikiran Anda. Bahkan jika Anda hanya bertemu setiap beberapa minggu, Anda akan merasa segar dan tertantang ketika “dihidangkan” dengan set latihan dan mainan olahraga baru untuk dimainkan. Pelatih juga mungkin berolahraga bareng dengan Anda, bukannya memandu, untuk menambahkan elemen kompetisi ke rencana latihan Anda agar Anda semakin termotivasi untuk melakukan yang lebih baik lagi.

Jangan cuma gunakan treadmill saja di gym

Personal trainer dapat memanfaatkan waktu latihan sebaik-baiknya, sehingga meningkatkan efisiensi program latihan Anda. Ini sangat bermanfaat bila Anda memiliki waktu yang terbatas untuk berolahraga. Misalnya, jika Anda harus memotong sesi latihan 1 jam menjadi hanya 30 menit, pelatih dapat memberikan Anda set latihan berbeda yang mampu membakar kalori dalam jumlah yang sama dan memberikan manfaat fisik yang sama dalam separuh waktu.

4. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan, cedera, atau keterbatasan tertentu

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan atau keluhan medis tertentu, dokter Anda mungkin ingin Anda berolahraga. Tapi bagaimana Anda bisa melakukannya jika sedang sakit, misalnya memiliki penyakit jantung atau baru saja sembuh dari operasi kanker? Personal trainer bisa menjawab kekhawatiran Anda. Seorang pelatih gym yang bersertifikat resmi telah menjalani pelatihan ekstensif untuk bekerja sama dengan setiap jenis klien, dan mungkin banyak di antaranya yang memiliki kebutuhan khusus.

Pastikan Anda memberi tahu pelatih Anda apa yang menjadi keterbatasan Anda atau kondisi apa yang saat ini sedang Anda alami, sehingga ia dapat merancang program khusus sesuai yang Anda butuhkan. Pelatih pribadi yang baik akan selalu memantau reaksi tubuh Anda terhadap setiap jenis latihan, apakah membaik atau justru memburuk sehingga mereka dapat menyesuaikan rencana program Anda jika diperlukan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca