home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Ragam Makanan yang Bisa Bantu Hilangkan Bau Badan Tak Sedap

6 Ragam Makanan yang Bisa Bantu Hilangkan Bau Badan Tak Sedap

Tidak banyak orang yang mengetahui bau atau aroma tubuhnya sendiri. Mungkin karena bau tubuh itu melekat sehingga Anda sudah terlalu terbiasa dengan bau tersebut. Sayangnya, tidak semua bau badan itu harum dan wangi. Ada juga bau badan yang tidak sedap hingga mengganggu orang lain. Bau badan yang tidak sedap sebenarnya bisa Anda kurangi dengan memilih makanan yang tepat. Lantas, makanan seperti apa yang bisa jadi penghilang bau badan tak sedap?

6 pilihan makanan penghilang bau badan

Ada yang mengatakan, “Anda adalah apa yang Anda makan”. Kalimat tersebut memang benar adanya.

Dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat, Anda tak hanya memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh.

Selain itu, makanan tertentu juga ternyata dapat memengaruhi aroma yang keluar secara alami dari tubuh Anda.

Apabila Anda termasuk sebagian orang yang sering kali mengalami masalah bau badan, simak jenis-jenis makanan dan minuman untuk menghilangkan bau badan tak sedap berikut ini:

1. Sayuran hijau

microgreens, sayuran hijau

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Evolution and Human Behavior Journal menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi makanan dengan bahan dasar sayuran dan buah-buahan memiliki bau badan yang lebih sedap.

Sayur-sayuran hijau termasuk ke dalam makanan yang dapat mengatasi bau badan, khususnya area tubuh bagian bawah. Hal ini disebabkan oleh kandungan klorofil di dalamnya.

Klorofil dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya dapat menetralkan zat yang bisa menyebabkan bau badan.

2. Makanan kaya serat

makanan kaya serat

Jika ingin mencari solusi penghilang bau badan, ada baiknya Anda perbanyak makanan berserat lainnya.

Tak hanya sayuran hijau, makanan berserat lain seperti buah-buahan, kacang-kacangan, serta beragam sayur berwarna seperti wortel, nyatanya bisa mengatasi bau badan.

Makanan jenis ini bisa jadi penghilang bau badan karena membantu detoksifikasi alami di dalam tubuh.

Hal ini membuat tubuh tak perlu mengeluarkan racun dan zat-zat yang bisa menimbulkan bau badan melalui keringat.

3. Buah-buahan citrus

serabut putih pada jeruk

Makanan penghilang bau badan tak sedap selanjutnya adalah buah-buahan citrus.

Asam yang terdapat di dalam buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali dapat meningkatkan aliran air di dalam tubuh.

Dengan demikian, jenis makanan tersebut dapat mengurangi jumlah racun atau zat di dalam tubuh yang dapat menyebabkan bau tubuh tak sedap.

Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi buah-buahan secara langsung, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan citrus dalam bentuk olahan, seperti mengonsumsi air lemon segar di pagi hari atau mengonsumsi jus jeruk di siang hari.

Dengan rajin mengonsumsi buah-buahan ini, Anda dapat mengatasi bau badan.

4. Minuman herbal

Salah satu makanan dan minuman yang efektif sebagai penghilang bau badan tak sedap adalah yang berasal dari bahan-bahan herbal.

Bahan-bahan herbal dianggap dapat mengurangi bau badan tak sedap karena memiliki kandungan anti bakteri.

Kandungan anti bakteri yang terdapat di dalam bahan-bahan herbal dapat menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

Hal ini sangat efektif mengatasi bau badan tak sedap sebab bakteri termasuk salah satu zat yang dapat menyebabkan bau badan.

Selain itu, minuman herbal seperti teh yang terbuat dari bahan herbal dapat membantu melancarkan pencernaan. Jadi, tidak ada racun atau zat berbahaya yang bertahan di dalam sistem pencernaan Anda.

Jika dibiarkan, racun dan zat-zat tersebut dapat menimbulkan bau badan.

Beberapa contoh minuman herbal yang bisa Anda coba meliputi teh herbal yang dibuat dari peppermint atau jasmine.

5. Jamur kancing

manfaat jamur kancing

Makanan lainnya yang diyakini bekerja sebagai penghilang bau badan adalah jamur kancing alias jamur champignon.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi dari Journal of Traditional and Complementary Medicine. Studi tersebut meneliti efek jamur kancing terhadap bau mulut, badan, serta feses.

Hasilnya, ekstrak jamur kancing sebesar 50, 500, dan 1.000 mg per hari dapat mengurangi aroma tak sedap dari tubuh selama 4 minggu konsumsi.

6. Makanan dengan seng (zinc)

kandungan nutrisi dan manfaat daging kepiting

Anda juga dapat mencoba makanan yang kaya akan seng atau zinc sebagai penghilang bau badan tak sedap.

Salah satu pemicu bau badan adalah penumpukan bakteri. Nah, konsumsi zinc membantu mengurangi perkembangbiakan bakteri pada tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung zinc adalah:

  • Makanan laut (kerang, lobster, kepiting)
  • Kacang-kacangan
  • Gandum utuh
  • Produk olahan susu (yogurt, kefir, susu)

Itulah 6 jenis makanan dan minuman yang ampuh sebagai penghilang bau badan.

Selain mengonsumsi jenis makanan di atas, upaya mengurangi bau badan juga bisa Anda lakukan dengan menjaga kebersihan diri seperti mandi secara teratur dan memakai deodoran.

Anda juga sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan pemicu bau badan, seperti bawang, kafein, serta minuman beralkohol.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chlorophyllin: Is it Effective Odor Control? – International Foundation for Gastrointestinal Disorder. (n.d.). Retrieved April 9, 2021, from https://iffgd.org/manage-your-health/diet-and-treatments/chlorophyllin-for-odor-control/ 

Champion, D. (2019). 5 foods and drinks that affect body odor – The Ohio State University Wexner Medical Center. Retrieved April 9, 2021, from https://wexnermedical.osu.edu/blog/5-foods-and-drinks-that-affect-body-odor 

Eat The Right Foods To Say Goodbye To Body Odor – Lifehack. (n.d.). Retrieved April 9, 2021, from https://www.lifehack.org/506004/eat-the-right-foods-to-say-goodbye-to-body-odor 

Zinc – National Institutes of Health. (2021). Retrieved April 9, 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-HealthProfessional/ 

Nishihira, J., Nishimura, M., Tanaka, A., Yamaguchi, A., & Taira, T. (2017). Effects of 4-week continuous ingestion of champignon extract on halitosis and body and fecal odor. Journal Of Traditional And Complementary Medicine, 7(1), 110-116. https://doi.org/10.1016/j.jtcme.2015.11.002

Zuniga, A., Stevenson, R., Mahmut, M., & Stephen, I. (2017). Diet quality and the attractiveness of male body odor. Evolution And Human Behavior, 38(1), 136-143. https://doi.org/10.1016/j.evolhumbehav.2016.08.002

Ågren, M., Ghathian, K., Frederiksen, A., Bjerrum, M., Calum, H., & Danielsen, P. et al. (2020). Zinc Oxide Inhibits Axillary Colonization by Members of the Genus Corynebacterium and Attenuates Self-perceived Malodour: A Randomized, Double-blind, Placebo-controlled Trial. Acta Dermato Venereologica, 100(10), adv00145. http://dx.doi.org/10.2340/00015555-3499

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 19/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.