Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Tips Membersihkan Kuas Masker Wajah agar Terhindar dari Kuman dan Jamur

    Tips Membersihkan Kuas Masker Wajah agar Terhindar dari Kuman dan Jamur

    Aktivitas memanjakan diri di rumah seperti memakai masker wajah terasa menyenangkan, terlebih lagi jika dilakukan setelah melewati hari yang panjang. Namun, tunggu dulu, ingatkah kapan terakhir kali Anda mencuci kuas yang dipakai untuk mengoleskan masker? Tanpa perawatan yang tepat, kuas masker yang kotor bisa menimbulkan efek samping pada kulit wajah Anda, lho! Nah, coba tips mudah membersihkan kuas masker, yuk!

    Apa bahaya jika kuas masker tidak dibersihkan?

    manfaat masker teh hijau

    Ketika mengaplikasikan masker wajah, beberapa orang mungkin memilih menggunakan jari tangan agar lebih praktis dan cepat.

    Sementara itu, sebagian orang lainnya mungkin lebih suka memakai alat seperti kuas khusus masker.

    Dengan bantuan kuas, proses pengaplikasian masker memang menjadi lebih mudah dan tersebar secara merata ke seluruh bagian wajah.

    Namun, apakah Anda bisa menjamin kualitas serta kebersihan kuas masker yang biasa Anda gunakan? Kapan terakhir kali Anda mencucinya?

    Sama halnya dengan kuas makeup, kuas yang Anda pakai untuk mengoleskan masker mudah kotor dan dipenuhi sisa produk masker dan debu.

    Ditambah lagi, Anda mungkin terkadang membiarkan kondisi kuas masker dalam keadaan basah dan lembap. Kondisi ini yang menjadikan kuas masker rentan dihinggapi bakteri serta jamur.

    Mengutip dari laman American Academy of Dermatology Association, jika bakteri sudah berkembang biak di kuas, hal ini dapat mengakibatkan masalah pada kulit.

    Masalah pada kulit yang mengancam di balik kuas masker yang kotor bisa meliputi jerawat, ruam, hingga infeksi jamur serta bakteri E. coli.

    Oleh karena itu, mengetahui cara membersihkan kuas perlengkapan kosmetik dan perawatan wajah, termasuk kuas masker, sangatlah penting.

    Idealnya, berapa kali harus membersihkan kuas masker?

    masker penghilang komedo

    Membersihkan kuas makeup dan produk perawatan wajah bisa dilakukan setiap 7-10 hari sekali.

    Namun, akan lebih baik lagi jika Anda langsung segera mencuci kuas masker setiap kali Anda selesai menggunakannya.

    Pasalnya, residu masker yang dibiarkan begitu saja di permukaan kuas, ditambah dengan sisa air yang membuatnya lembap, akan lebih mudah mengendap dan dihinggapi kuman.

    Hal ini seharusnya tidak akan memakan banyak waktu dan tenaga, mengingat pemakaian masker wajah biasanya hanya perlu dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

    Penting untuk Anda ingat bahwa menjaga kebersihan peralatan kosmetik dan perawatan wajah berarti Anda juga menjaga kebersihan diri dan kesehatan kulit wajah secara keseluruhan.

    Cara membersihkan kuas masker hingga bersih tuntas

    menggunakan masker setelah liburan

    Mencuci kuas masker sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa segera membilas atau mencuci kuas dengan cara pakai sabun dan air mengalir setelah selesai memakai masker di wajah.

    Namun, akan lebih baik lagi jika Anda mencuci kuas masker secara tuntas setiap 1-2 minggu sekali. Cara yang dilakukan tentu berbeda dengan sekadar membilasnya sehabis pemakaian.

    Ikuti tata cara membersihkan kuas masker dengan baik dan benar di bawah ini.

    1. Bilas dengan air hangat

    Gunakan air hangat untuk membilas kuas masker terlebih dahulu. Air hangat akan meluruhkan residu masker serta kotoran lainnya yang mengendap di kuas.

    Jika Anda menggunakan kuas berbentuk bulu, pastikan air mengalir hingga ke setiap sela-sela kuas.

    2. Tuangkan sabun

    Cara selanjutnya adalah gunakan sabun untuk membersihkan kuas masker. Tuang sabun secara merata ke seluruh bagian kuas.

    Anda bisa memakai sabun cair biasa, sabun bayi, sabun batang, atau produk pembersih khusus kuas. Agar lebih bersih, putar-putar ujung kuas di telapak tangan sebelum dibilas.

    3. Bilas kembali kuas dengan air hangat

    Untuk menghilangkan sisa sabun, basahi kembali kuas masker dengan air hangat.

    Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di kuas masker Anda. Jika sudah dibilas, lap kuas dengan handuk.

    Agar kuas benar-benar kering, Anda bisa meletakkannya dengan cara digantung terbalik sehingga sisa air dari ujung kuas menetes ke bawah.

    Bila sudah kering sepenuhnya, kuas masker Anda dapat digunakan kembali seperti biasa.

    Nah, cara membersihkan kuas masker sendiri sangat mudah, bukan? Meski tampak sepele, kebiasaan ini juga merupakan bagian dari kebersihan diri dalam melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

    Kuas masker yang dirawat dengan benar akan terjaga kualitasnya, Anda juga terhindar dari masalah kulit.


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    How to Clean Your Makeup Brushes – American Academy of Dermatology Association. (n.d.). Retrieved April 21, 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/clean-your-makeup-brushes 

    Cheap Ways To Clean Your Makeup Brushes With Household Products – Black Doctor. (2017). Retrieved April 21, 2021, from https://blackdoctor.org/cheap-ways-to-clean-your-makeup-brushes-with-household-products

    Cleaning Your Makeup Brushes – The Beauty Academy. (n.d.). Retrieved April 21, 2021, from https://www.thebeautyacademy.org/blog/cleaning-your-makeup-brushes/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui Jul 15, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
    Next article: