Bukan Cuma Permen! Kebanyakan Makan Buah Asam Juga Bisa Merusak Gigi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin selama ini Anda hanya tahu bahwa makanan manis saja yang bikin gigi berlubang. Padahal, buah-buahan yang rasanya asam juga bisa membuat gigi rusak — meski dengan cara yang berbeda.

Kenapa buah asam bikin gigi rusak?

Kandungan pH asam dalam beberapa buah dapat mengikis mineral alami yang membentuk enamel. Enamel (email) adalah lapisan paling keras dan terluar gigi, yang bisa Anda lihat ketika bercermin. Proses pengikisan ini disebut erosi gigi.

Paparan zat asam yang terus menerus diterima oleh gigi akan semakin melemahkan struktur permukaan gigi hingga menyebabkan terbukanya dentin (lapisan tengah gigi). Hilangnya email pada gigi bisa bikin permukaan atau bentuk gigi jadi tidak rata, gigi memendek, gigi sensitif, atau bahkan patah.

Menurut penelitian, pH yang dapat merusak gigi adalah sama dengan atau di bawah 5,5. Contoh buah asam yang dapat merusak gigi adalah lemon karena buah kuning ini punya tingkat keasaman yang tinggi. Buah lain yang berisiko merusak gigi adalah anggur, nanas, mangga, jeruk, dan buah-buahan lain yang rasanya sangat asam.

Apa gigi bisa langsung rusak setelah sekali makan buah?

Tentu tidak. Risiko gigi rusak hanya terjadi jika Anda terus-terusan makan buah asam dengan porsi yang berlebihan.

Seberapa cepat kerusakan gigi yang terjadi setelahnya juga tergantung pada bagaimana cara Anda memakannya. Gigi bisa cepat rusak jika buah dikonsumsi dengan cara diisap atau dikunyah langsung dari potongan buahnya. Minum jus jeruk pakai sedotan, misalnya, tidak akan begitu berdampak pada gigi.

Hal lainnya yang memengaruhi risiko kerusakan gigi adalah seberapa kuat gigi Anda semulanya dan bagaimana kebiasaan menyikat gigi Anda selama ini. Jika Anda termasuk orang yang jarang sikat gigi, tentu risiko kerusakan gigi dapat terjadi lebih cepat dan parah.

Bisakah gigi yang terlanjur rusak diperbaiki?

Bisa. Namun Anda harus lebih dulu memeriksakan gigi ke dokter gigi. Gigi yang sudah terkikis atau bahkan berlubang bisa ditambal oleh dokter.

Apabila kerusakannya sudah meluas, dokter gigi dapat menyarankan dental crown. Dental crown gigi adalah prosedur pemasangan selubung gigi di atas gigi yang rusak. Dental crown disebut juga mahkota gigi tiruan.

Tips sehat makan buah agar tidak merusak gigi

Meski buah asam berisiko menyebabkan gigi rusak, bukan berarti Anda jadi sama sekali menghindari makan buah. Buah-buahan tersebut tetap penting manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cara makan buah yang salahlah yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kerusakan gigi. Berikut tips sehat makan buah asam agar Anda tetap bisa mendapat manfaatnya, sembari melindungi kesehatan gigi:

  • Konsumsi buah asam dalam bentuk jus lebih baik daripada bentuk utuhnya. Namun, membuat jus buah dengan menambahkan banyak gula. Paduan rasa asam buah dan manis gula juga dapat membuat gigi rusak.
  • Pilih waktu makan buah yang tepat. Lebih baik makan buah asam di waktu makan utama (sarapan, makan siang, atau makan malam). Hindari makan buah asam sebagai camilan.
  • Jangan lama-lama makan buah asam. Terlalu lama mengunyah atau membiarkan buah asam di dalam mulut akan semakin meningkatkan efek pengikisan email gigi.
  • Kumur air putih setelah makan buah asam. Minum susu segar juga dapat dijadikan pilihan cara menjaga kesehatan gigi setelah makan buah.
  • Jika ingin sikat gigi, beri jarak minimal 30 menit setelahnya. Gigi yang baru terpapar asam lebih rentan rusak jika diberikan tekanan langsung seperti saat sikat gigi.
  • Sikat gigi perlahan dengan bulu sikat yang lembut. Tekanan berlebih saat menyikat gigi dapat memperparah kerusakan yang diakibatkan oleh asam.
  • Perbanyak makan buah yang bisa menguatkan gigi, seperti kiwi, cranberry, apel, dan stroberi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Artikel dari ahli drg. Melia

Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi yang Bengkak

Gusi sakit dan membengkak bukan sekadar hal sepele. Jika dibiarkan bisa menyebabkan masalah serius lainnya. Pahami apa saja penyebab gusi bengkak.

Ditulis oleh: drg. Melia
penyebab gusi bengkak

Panduan Tepat Merawat Gigi yang Dipasang Behel

Bagi Anda yang giginya dibehel atau dikawat, harus merawat giginya dengan benar. Bagaimana cara merawat kawat gigi di rumah ataupun di dokter?

Ditulis oleh: drg. Melia
cara merawat gigi dikawat
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 11 Februari 2019

Mengenal Berbagai Jenis Tambalan Gigi dan Cara Merawatnya

Gigi yang bolong atau rusak biasanya akan diperbaiki dengan cara ditambal. Tambal gigi tidak hanya 1 jenis. Apa saja jenis-jenis tambalan pada gigi?

Ditulis oleh: drg. Melia
tambal gigi
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 21 Januari 2019

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Benarkah Terlalu Sering Minum Paracetamol Sebabkan Gangguan Pendengaran?

Hati-hati jika Anda sering minum obat penghilang nyeri, seperti paracetamol. Efek samping paracetamol berlebihan dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Alergi Paracetamol

Paracetamol sering diresepkan untuk merdakan demam dan nyeri. Tapi tahukah Anda bahwa ada orang yang alergi obat paracetamol?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
melihat bullying

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit
kencing berdiri

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit