Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Penyebab Sakit Gigi Setelah Makan Daging dan Tips Atasinya

Penyebab Sakit Gigi Setelah Makan Daging dan Tips Atasinya

Munculnya sakit gigi setelah makan daging memang hal yang menyebalkan sekali. Terlebih, ini kadang memengaruhi aktivitas sehari-hari, seperti berinteraksi dengan orang lain, tersenyum, ataupun saat ingin membuka mulut.

Apa penyebab sakit gigi setelah makan daging?

penyakit gusi

Sakit gigi setelah makan daging bisa terjadi akibat sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi atau menandakan bahwa terdapat masalah pada gigi Anda.

Pada beberapa kasus, sakit gigi bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang lebih serius. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tahu berbagai penyebab sakit gigi setelah makan daging berikut ini.

1. Karies gigi

Adanya karies pada gigi sangat memengaruhi respons Anda saat mengunyah makanan, termasuk daging. Terlebih lagi jika serat daging sudah tersangkut di gigi yang sedang mengalami karies.

Hal tersebut akan memicu timbulnya rasa nyeri. Inilah alasan kenapa Anda akan merasakan sakit gigi sehabis makan daging.

2. Penyakit gusi

Penyakit gusi akan menyebabkan peradangan dan memengaruhi struktur keras maupun lunak yang menopang gigi Anda. Kondisi ini juga disebut sebagai penyebab utama tanggalnya gigi.

Penurunan fungsi gusi ini tentu akan memengaruhi kemampuan Anda dalam mengunyah makanan, seperti daging. Jika serat daging masuk ke sela-sela bagian gusi yang sakit, ini bisa menimbulkan rasa sakit yang hebat.

3. Impaksi gigi bungsu

Impaksi gigi merupakan kondisi ketika gigi geraham ketiga yang ada di bagian belakang mulut Anda tidak mempunyai cukup ruang untuk tumbuh secara normal.

Gigi bungsu yang impaksi bisa menyebabkan kerusakan pada gigi yang ada di sebelahnya. Jika serat daging mengenai bagian gigi yang bermasalah, ini tentu akan menimbulkan nyeri.

4. Trauma gigi

Trauma gigi merupakan timbulnya cedera pada gigi yang pastinya berkaitan erat dengan jaringan saraf dalam gigi itu sendiri.

Rusaknya sistem saraf ini akan menimbulkan rasa nyeri, terutama saat Anda mengunyah makanan yang alot seperti daging.

Trauma gigi bisa terjadi karena kecelakaan, insiden kekerasan, atau bahkan terjatuh akibat kontak fisik saat berolahraga.

Cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging

flossing

Jika kondisi ini Anda biarkan berlarut-larut, dikhawatirkan akan timbul masalah yang serius. Untuk itu, ikutilah beberapa cara berikut untuk mengatasi sakit gigi setelah makan daging.

1. Minum obat pereda nyeri

Jika tidak memungkinkan untuk menunggu pengobatan dari dokter gigi, Anda bisa mengobati rasa nyeri dengan meminum obat sakit gigi yang dijual bebas.

Namun, jika rasa nyeri masih berlanjut, ini saatnya untuk Anda menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Mengompres pipi dengan air dingin

Anda bisa mengompres pipi atau rahang untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Kompres dingin juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi sakit gigi karena cedera atau trauma lainnya.

Air dingin bisa membuat pembuluh darah menyempit sehingga akan mengurangi peradangan. Anda hanya perlu membungkus es dengan handuk, lalu menempelkannya pada area yang sakit tak lebih dari 20 menit.

3. Flossing

American Dental Association telah merekomendasikan pemakaian flossing (benang gigi) untuk membersihkan sela-sela gigi dari kotoran dan sisa-sisa makanan.

Membersihkan gigi secara rutin akan mengurangi risiko gigi berlubang, penyakit gusi, dan sakit gigi setelah makan makanan yang keras.

Kebiasaan baik ini juga akan menghilangkan plak di gigi. Plak merupakan lapisan lengket pada gigi yang mengandung bakteri.

Bakteri gigi akan memakan sisa makanan di mulut. Saat ini terjadi, akan dilepaskan asam yang menggerogoti gigi sehingga gigi pun berlubang.

4. Berkumur air garam

Cara termudah untuk mengobati sakit gigi yakni dengan berkumur air garam. Cara alami ini juga biasa direkomendasikan oleh dokter gigi untuk mengatasi ketidaknyaman pada gigi dan mulut Anda.

Air garam bersifat sebagai antiradang dan antibakteri alami. Selain itu, segala sisa makanan atau kotoran yang mungkin saja tersangkut pada sela gigi Anda juga bisa dibersihkan dengan air garam.

Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air. Gunakan air yang hangat, jangan terlalu panas ataupun dingin.

Untuk mencegah gigi sakit setelah makan daging di masa mendatang, Anda bisa lakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.


Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

3 ways to treat a toothache. (2020). Retrieved 22 June 2022, from https://valleydentalcare.org/3-ways-to-treat-a-toothache/

I get tooth pain when I eat. (2022). Retrieved 22 June 2022, from https://www.weybridgedental.co.uk/i-get-tooth-pain-when-i-eat/

Cavities/ tooth decay. (2022). Retrieved 22 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cavities/symptoms-causes/syc-20352892

Gum disease. (2020). Retrieved 22 June 2022, from https://www.cdc.gov/oralhealth/fast-facts/gum-disease/index.html

How to get rid of toothache? The best treatment depends on the cause. (2022). Retrieved 22 June 2022, from https://www.dentaly.org/en/toothache-causes-treatment/#Broken_cracked_tooth_pain

Impacted wisdom teeth. (2022). Retrieved 22 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wisdom-teeth/symptoms-causes/syc-20373808

My teeth hurt after eating. (2022). Retrieved 22 June 2022, from https://www.oatlandsdentalweybridge.com/my-teeth-hurt-after-eating/

Tooth trauma and injury – everything you need to know. (2022). Retrieved 22 June 2022, from https://bestdentistinhouston.com/blog/tooth-trauma-and-injury-everything-you-need-to-know/#What_happens_if_you_hit_your_tooth_really_hard

Toothache pain relief – how to relieve tooth pain?. (2022). Retrieved 22 June 2022, from http://toothache-pain-relief.org/toothache-pain-relief.htm

What are caries?. (2022). Retrieved 22 June 2022, from https://www.acffglobal.org/for-patients/what-is-caries/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.