Sindroma Kanker Keluarga: Apakah Keluarga Saya Mempunyai Keturunan Kanker?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Pada masa sekarang ini penyakit kanker merupakan penyakit yang umum. Hal ini dapat dikarenakan risiko kanker dapat diturunkan di dalam suatu keluarga melalui suatu pola keturunan atau genetik. Selain itu, anggota dari suatu keluarga tersebut juga dapat memiliki faktor risiko gaya hidup yang sama seperti pola makan, pola aktivitas, perilaku merokok, dan kecenderungan obesitas. Sehingga, tidak heran jika di dalam suatu keluarga sedikitnya terdapat satu atau dua anggotanya yang pernah mengalami penyakit kanker. Bagaimana mengetahui jika keluarga memiliki keturunan kanker?

Bagaimana kanker terjadi dan diturunkan secara genetik?

Kanker yang terjadi pada suatu keluarga dapat disebabkan oleh adanya kondisi gen abnormal yang diturunkan dari generasi ke generasi. Meskipun demikian, hanya 5-10% dari total kasus kanker disebabkan oleh gen abnormal yang sudah bermutasi dan diturunkan dalam suatu pola keturunan kanker, sisanya peluang mengalami kanker masih dipengaruhi oleh faktor risiko kanker yang dialami oleh seseorang.

Gen itu sendiri merupakan sekumpulan DNA yang mengatur bagaimana sel dan tubuh secara keseluruhan untuk tumbuh dan berkembang. Ketika terjadi kelainan atau mutasi pada gen atau khususnya DNA maka sel dapat berkembang diluar kendali dan menyebabkan timbulnya kanker.

Proses mutasi tersebut dapat terjadi pada seseorang melalui dua mekanisme utama yaitu:

  • Mutasi gen yang diturunkan – merupakan mutasi yang sudah ada pada proses pembuahan sel, ketika salah satu sel telur atau sel sperma sudah memiliki karakteristik gen abnormal dalam pembentukan individu yang baru. Proses pembuahan tersebut akan menghasilkan satu sel baru yang berdiferensiasi menjadi bayi. Karena semua sel berasal dari sel pertama yang sama maka mutasi terjadi pada setiap sel dan karakteristik mutasi sel tersebut juga dapat diturunkan pada generasi selanjutnya.
  • Mutasi gen yang diperoleh (somatis) – merupakan mutasi yang tidak berasal dari sel telur atau sel sperma orang tua namun mutasi terjadi pada masa mendatang. Mutasi gen terjadi pada suatu sel dan kemudian menyebar ke beberapa sel lainnya. Jenis mutasi ini merupakan penyebab utama dalam terjadinya kanker namun karakteristik ini tidak diturunkan ke generasi selanjutnya.

Banyak sindroma kanker keluarga terjadi ketika mutasi yang diturunkan juga terjadi pada gen penekan tumor (tumor suppressor gene), di mana gen tersebut dapat memperlambat tumbuhnya sel abnormal hingga suatu ketika gen tersebut berhenti bekerja atau terjadi kesalahan pada proses pembelahan, perbaikan DNA ataupun proses mematikan sel.

Seseorang yang lahir dengan mutasi gen yang diturunkan dapat hidup normal atau tidak mengalami kanker, hanya saja mereka lebih rentan mengalami kanker jika memiliki suatu faktor risiko penyebab kanker. Itulah sebabnya pada seseorang yang memiliki kerabat atau keluarga dekat yang pernah mengalami kanker maka terdapat kemungkinan ia berisiko tinggi untuk mengalami kanker.

Cara mengetahui apakah keluarga Anda keturunan kanker

Mutasi gen yang diturunkan dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko mengalami kanker, namun juga terdapat peluang interaksi hal tersebut dengan paparan faktor risiko kanker. Terlebih lagi jika dalam suatu keluarga memiliki faktor risiko yang sama seperti terpapar asap rokok. Misalnya, seseorang dengan mutasi gen yang diturunkan memiliki karakteristik paru yang menyebabkan ia lebih sulit mengeluarkan racun dari asap rokok.  Maka ia dan anggota keluarga yang memiliki mutasi gen tersebut akan lebih berisiko mengalami kanker.

Terdapat beberapa hal yang dapat menunjukkan jika keluarga Anda mengalami sindroma kanker, diantaranya:

  • Banyak terjadi kasus kanker yang sama di dalam keluarga
  • Kanker terjadi pada usia yang relatif muda, atau berkisar usia 20-an hingga dibawah usia lanjut
  • Kanker terjadi pada kedua bagian organ berpasangan, seperti pada mata, payudara, dan ginjal
  • Lebih dari satu jenis kanker terjadi pada satu orang anggota keluarga
  • Terjadinya kanker masa anak-anak pada anggota keluarga bersaudara, misalnya kanker tulang pada saudara laki-laki dan perempuan pada saat usia anak-anak
  • Kanker yang terjadi pada jenis kelamin yang tidak lazim, seperti kanker payudara pada laki-laki
  • Kanker terjadi pada setiap generasi

Perhatikan juga karakteristik penyebaran kanker pada keluarga keturunan kanker, sindroma kanker keluarga yang disebabkan mutasi gen yang diturunkan memiliki karakteristik seperti:

  1. Terjadi pada anggota keluarga dekat (semakin dekat hubungan darah maka semakin besar risiko kanker keluarga yang mungkin Anda alami).
  2. Kanker terjadi pada satu sisi keluarga saja antara sisi keluarga ibu atau ayah, misalnya dua kasus kanker terjadi pada keluarga ibu akan lebih berisiko dibandingkan jika satu kasus kanker terjadi pada masing-masing sisi keluarga ibu atau ayah.
  3. Kasus kanker yang sama terjadi pada beberapa anggota keluarga

Jenis kanker yang dapat diturunkan dalam suatu keluarga

Berikut beberapa jenis kanker yang lebih mungkin diturunkan dalam suatu keluarga:

Jika Anda menemukan beberapa kasus kanker dengan karakteristik penyebaran kanker seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, segera lakukan pencegahan dengan penerapan gaya hidup sehat, serta periksakan diri Anda ke dokter untuk konsultasi dan pemeriksaan genetik guna mengetahui risiko kanker yang Anda miliki.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

Anak-anak mungkin mengalami tekanan darah tinggi. Orangtua dapat mengukur tekanan darah anak di rumah dengan panduan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hipertensi, Health Centers 22/04/2020 . 7 menit baca

Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Yuk, pelajari lebih dalam mengenai gejala, penyebab, dan cara mengatasiny berikut ini.

Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 13/04/2020 . 1 menit baca

Mengapa Neuroblastoma (Jenis Kanker Saraf) Bisa Terjadi pada Anak-Anak?

Sebagai salah satu jenis kanker yang menyerang sel saraf, neuroblastoma sering diderita oleh anak. Apa penyebab neuroblastoma pada anak?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Anak, Parenting 11/03/2020 . 4 menit baca

Grup WhatsApp Keluarga Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Siapa sangka bahwa ratusan pesan yang dikirimkan setiap hari di grup keluarga, terutama platform WhatsApp bisa pengaruhi kesehatan mental Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 29/02/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

akibat anak terlalu sering dibentak

Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 8 menit baca
kanker-muncul-kembali

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 6 menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca
pangan rekayasa genetika

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Pangan Rekayasa Genetika

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . 5 menit baca