Apa Bedanya Perawatan UGD, IGD, PICU, dan ICU di Rumah Sakit?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 6 Juli 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Istilah-istilah UGD, IGD, PICU, ICU sering kali kita jumpai di rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta. Sayangnya, banyak orang yang masih bingung apa perbedaan dan fungsi dari jenis fasilitas perawatan ini. Jika Anda salah satunya, ulasan berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk memahami perbedaan PICU, ICU, UGD dan IGD.

Mengenal perbedaan PICU, ICU, UGD dan IGD

UGD dan IGD

Banyak orang menganggap UGD (unit gawat darurat) dan IGD (instalasi gawat darurat) adalah dua fasilitas perawatan yang sama. Padahal tidak begitu. UGD dan IGD memang merupakan tempat pelayanan kesehatan untuk menangani pasien yang gawat darurat. Akan tetapi, UGD dan IGD adalah dua hal yang berbeda.

UGD memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dibanding IGD. Biasaya UGD terdapat di rumah sakit kecil sementara IGD berada di rumah sakit yang lebih besar dengan dokter jaga yang juga lebih banyak. Dokter jaga di UGD biasanya adalah dokter umum. Sedangkan dokter jaga di IGD biasanya tak hanya melibatkan dokter umum saja, namun juga dokter spesialis.

Meski begitu baik UGD dan IGD memiliki prinsip penanganan yang sama. Pasien gawat darurat yang datang ke akan langsung mendapatkan penanganan dari dokter jaga hingga kondisinya membaik. Setelah membaik, pasien umumnya akan dipindahkan ke ruang rawat inap yang telah ditentukan oleh dokter.

ICU

Intensive Care Unit alias ICU adalah perawatan di rumah sakit yang dikhususkan untuk pasien dewasa dengan kondisi yang mengancam jiwa. Sebagian besar prosedur yang dilakukan di ruang perawatan ICU ditujukan untuk menyelamatkan pasien dari cacat permanen yang dikhawatirkan dapat memengaruhi bagaimana mereka menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan, dalam banyak kasus, prosedur yang dilakukan di ruang ICU dikhususkan untuk menyelamatkan pasien dari kematian. Oleh sebab itu, pasien yang mengalami kondisi kritis atau mengacam jiwa biasanya akan dipantau secara intensif dengan peralatan khusus oleh tenaga medis yang sudah terampil dan terlatih.

Akan ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi di ruang ICU. Nah, hal inilah yang jadi alasan mengapa tenaga medis yang ditugaskan berjaga di ruang ICU dituntut untuk bisa melakukan tindakan penanganan medis kritis dengan tingkat kesiagaan yang tinggi. Para tenaga medis yang kebagian tugas jaga di ruang ICU harus siap jika sewaktu-sewaktu ada pasien yang membutuhkan pertolongannya.

PICU

PICU merupakan singkatan dari pediatric intensive care unit. Berbeda dengan ICU, PICU merupakan bagian dari fasilitas perawatan rumah sakit yang dikhususkan untuk anak-anak dengan rentang usia 1 bulan hingga 18 tahun. Pada perawatan ini, anak-anak dengan kondisi sakit parah atau kritis akan mendapatkan perawatan intensif dan pemantauan terus menerus dari tenaga medis.

Biasanya tenaga medis akan memberikan terapi yang mungkin tidak tersedia di ruang perawatan rumah sakit pada umumnya. Beberapa dari terapi yang lebih intensif ini termasuk pemasangan ventilator (mesin pernapasan) pada pasien, serta pemberian obat-obatan tertentu yang hanya dapat diberikan di bawah pengawasan medis yang ketat. Dalam banyak kasus, anak-anak yang menjalani operasi besar akan dirawat di PICU selama beberapa hari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Persiapan Penting Sebelum Rawat Inap di Rumah Sakit

Sebelum masuk opname di rumah sakit, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal penting agar pengobatan lancar. Salah satunya menghubungi asuransi Anda.

Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Asuransi, Hidup Sehat 23 Agustus 2018 . Waktu baca 3 menit

3 Langkah Menggunakan BPJS Kesehatan untuk Berobat Jalan

Setiap warga negara Indonesia bisa pakai BPJS untuk rawat jalan gratis jika tahu cara mengklaimnya yang tepat. Apa saja langkahnya?

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Asuransi, Hidup Sehat, Tips Sehat 18 Agustus 2018 . Waktu baca 5 menit

Prosedur dan Cara Kerja Asuransi Kesehatan untuk Menanggung Pengobatan

Sebelum Anda memilih asuransi kesehatan, penting untuk mengetahui cara kerja asuransi secara umum. Lebih lengkap soal prosedur klaim asuransi, cek di sini.

Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Asuransi, Hidup Sehat 16 Agustus 2018 . Waktu baca 3 menit

10 Kondisi Kesehatan yang Harus Segera Ditangani di Ruang IGD

Sakit kepala, demam, dan muntah umumnya dapat disembuhkan dengan obat-obatan. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda sampai masuk IGD. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 7 Mei 2018 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

dokter melawan COVID-19

Apa yang Terjadi di Ruang Isolasi Rumah Sakit saat Tangani Coronavirus?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
rumah sakit di penang

5 Rumah Sakit di Penang Pilihan Pasien Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
pasien ICU

4 Orang yang Biasanya Dirawat di ICU Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 5 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit
penanganan keracunan makanan di IGD

Kapan Harus ke IGD Jika Mengalami Keracunan Makanan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit