7 Penyebab Kaki Kesemutan yang Jarang Disadari

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Duduk atau berdiri dalam posisi yang sama selama berjam-jam kadang bisa membuat kaki kesemutan. Ketika harus jalan kaki, tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman karena rasa kebas dan sensasi geli. Nah, sebenarnya apa saja sih penyebab kaki kesemutan? Nyatanya, bukan hanya karena Anda diam dalam posisi yang lama, lho. Mungkin saja kaki kebas dan kesemutan jadi tanda dari suatu masalah kesehatan tertentu

Penyebab kaki kesemutan

Kebanyakan orang menganggap kaki kebas dan kesemutan bukanlah hal yang berbahaya dan memilih untuk membiarkannya hingga rasa itu hilang sendiri. Namun, pernahkah Anda tiba-tiba merasa kesemutan di kaki tanpa ada penyebab? Jika hal itu terjadi, mungkin penyebab kaki kesemutan adalah masaah kesehatan tertentu.

1. Saraf terjepit

Biasanya, orang yang merasakan kesemutan pada kaki disebabkan oleh saraf yang terjepit. Hal tersebut kemungkinan besar berasal dari cedera atau pembengkakan yang terkadang kita tidak tahu apa penyebabnya. Selain itu, kurang bergerak juga dapat menyebabkan saraf terjepit.

2. Racun

Tanpa disadari, ada banyak racun yang masuk ke tubuh, entah karena terserap melalui kulit atau dari berbagai makanan yang tercemar. Racun yang menyerap melalui kulit, seperti arsenik , merkuri, atau bahkan zat-zat yang berasal dari lem.

Nah, racun ini yang kemudian bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh terasa kebas dan kesemutan, termasuk pada kaki.

3. Konsumsi alkohol

Orang yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol biasanya  akan merasa kakinya kesemutan. Jadi, kadar alkohol yang berlebihan di dalam tubuh ini akan memengaruhi jaringan saraf hingga memicu rasa geli dan sakit. Rasa itulah yang kita sebut sebagai kesemutan. 

4. Cedera pada sendi

Cedera pada sendi atau yang biasa disebut repetitive strain injuries (RSI) terjadi akibat dari melakukan aktivitas fisik berulang-ulang tanpa istirahat. Kondisi ini membuat otot-otot tegang dan sakit. Selain itu, terlalu lama berada di depan komputer juga dapat memicu cedera pada sendi yang dapat menyebabkan kaki kesemutan. 

5. Efek samping obat

Beberapa pengobatan tertentu sering kali menyebabkan efek samping yang tidak mengenakkan. Salah satunya rasa geli-geli sakit pada kaki akibat konsumsi obat, seperti obat untuk kanker, kejang, atau tekanan darah tinggi.  

6. Usia lanjut

Usia bisa jadi salah satu penyebab dari kaki kesemutan. Biasanya orang yang berusia sekitar 60 tahun ke atas, akan lebih sering mengalami hal ini. Sering kali mereka yang sudah lanjut usia mengalami gejala kesemutan, kebas, sulit berdiri dan berjalan karena rasa kesemutan tersebut. 

7. Kurang vitamin

Kekurangan vitamin B1, B6, B12, atau niasin bisa menyebabkan rasa kebas dan kesemutan pada kaki. Hal tersebut dikarenakan vitamin-vitamin tersebut sangat penting untuk fungsi saraf pada tubuh. Mulailah memakan makanan yang sehat atau jika tidak ada waktu bisa mulai mengonsumsi suplemen vitamin yang dapat dibeli tanpa resep dokter.

Jika rasa kebas dan kesemutan pada kaki masih terus berlanjut bahkan semakin parah, dan penyebab di atas bukan menjadi jawaban Anda, maka lebih baik segera konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobati rasa sakit tersebut. 

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca