Mengenal Smartphone Thumb: Ketika Jari Sakit Karena Smartphone

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Berapa jam waktu yang Anda habiskan untuk ‘bersentuhan’ dengan smartphone setiap harinya? Sama seperti merokok, kebiasaan memegang smartphone dan menggunakannya secara berlebihan mampu merusak kesehatan secara diam-diam. Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan sebuah ‘penyakit baru’ yang menyebabkan jari sakit akibat kebanyakan menggunakan ponsel pintar yang bernama smartphone thumb.

Ibu jari sakit karena kebanyakan main smartphone

Kecanduan ponsel tidak hanya mengganggu tidur, tapi juga berhubungan dengan tipe cedera otot yang dahulu hanya dialami oleh para pekerja pabrik. Rasa sakit akibat repetitive strain injuries (RSI) atau cedera otot dan saraf akibat regangan berulang ini kini punya sebutan baru. Para peneliti menyebutnya dengan sebutan smartphone thumb.

Nama ilmiah cedera ini sebenarnya tendinitis. Kondisi ini terjadi mana kala tendon membengkok dan melentur, ibu jari pun meradang dan menyebabkan sakit pada ibi jari Anda. Menurut para dokter, semakin hari semakin banyak orang yang mengeluhkan jari sakit terutama pada ibu jari. Sebenarnya, ini bukan hal mengejutkan mengingat pengguna ponsel meningkat, mereka juga semakin banyak menghabiskan waktu dengan ponsel.

Dr. Kristin Zhao, peneliti biomedis di Mayo Clinic Rochester, Minnesota, menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di dalam tangan hingga menyebabkan kondisi smartphone thumb. Salah satu dugaannya adalah persendian menjadi longgar dan kendur, dan karena itu gerakan tulang jadi berbeda dengan saat kondisi mereka dalam keadaan normal dan sangat mungkin menyebabkan jari sakit.

Zhao dan tim telah mempelajari smartphone thumb selama tujuh tahun terakhir. Mereka menjelaskan bahwa gerakan yang Anda buat saat memegang ponsel memaksa jempol untuk bergerak dalam posisi yang aneh.

Gerakan tersebut membutuhkan paksaan terhadap jempol. Para peneliti menggunakan teknik dynamic imaging untuk mengamati kondisi tulang pasien yang sehat. Sehingga nanti dapat dibandingkan kondisi tulang normal dengan yang tidak normal. Gerakan abnormal tulang pada ibu jari bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit dan berakhir pada osteoarthritis.

Benarkah terlalu sering menggunakan jempol saat bermain smartphone meningkatkan jumlah kasus arthritis pada ibu jari? Menurut Zhao, angka osteoartritis pada ibu jari memang tinggi, dan hal ini pasti disebabkan oleh kebiasaan buruk Anda sehari-hari.

Apa yang bisa dilakukan untuk menghindari smartphone thumb?

Jika tidak ingin jari sakit, mulailah dengan memberi waktu istirahat untuk ibu jari Anda. Ubah metode penggunaan jemari saat berponsel. Misal menggunakan telunjuk, atau fitur voice message untuk mendikte pesan.

Selain itu, lakukan peregangan secara rutin. Terutama untuk pergelangan tangan dan jari-jari. Ini akan membantu melemaskan otot.  Coba pikir, seberapa sering Anda memaksa sendi untuk bekerja, dan berapa waktu yang Anda berikan untuk jari-jari Anda beristirahat.

Para peneliti menyarankan Anda untuk menggunakan stylus ketimbang jari. Hal ini bisa memberi kesempatan ibu jari untuk beristirahat. Jika ponsel pintar Anda tidak dilengkapi stylus, Anda bisa pegang ponsel secara bergantian, kadang di tangan kanan, kadang di tangan kiri. Dengan demikian tekanan dapat terbagi rata di kedua tangan.

Cara lain yang juga bisa Anda coba adalah meletakkan ponsel di meja, lalu gunakan dengan jari. Jadi Anda membagi tugas mengirim pesan secara merata pada semua jari kecuali ibu jari. Kasus osteoarthritis pada ibu jari lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan pria. Jika Anda merasakan jari sakit dalam kurun waktu yang lama, ada baiknya segera temui dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Jika Anda seharian tidak lepas dengan HP, wajar bila Anda kemudian merasakan sakit tangan dan jari. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Mental, Kecanduan 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Tangan Sering Sakit Karena Terlalu Sering Mengetik? Berikut Cara Mengatasinya

Ada sering menggunakan komputer atau laptop untuk mengetik? Terkadang tangan terasa sakit saat mengetik, ini cara mengatasi agar tidak mengganggu.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan, Informasi Kesehatan 6 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Tips Mencegah Tangan Sakit Akibat Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel syndrome menimbulkan rasa nyeri mengganggu pada tangan. Untuk mencegah carpal tunnel syndrome, ikuti tipsnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Ampuh dan Sederhana untuk Mengatasi Cantengan

Cantengan perlu segera diobati agar lekas sembuh. Berikut ini berbagai cara mengatasi cantengan yang sederhana tapi ampuh dan bisa Anda praktikkan di rumah.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 7 September 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

menggunakan media sosial

Batasan Wajar Menggunakan Media Sosial Dalam Sehari, Menurut Psikolog

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
mengecek handphone

Terlalu Sering Mengecek Handphone Bisa Bikin Stres

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 20 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
carpal tunnel syndrome adalah

Carpal Tunnel Syndrome

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit
akibat sering main hp

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit