4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jamur cordyceps adalah salah satu jenis jamur yang memiliki segudang manfaat. Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendengar mengenai jamur ini. Namun, dalam pengobatan tradisional, jamur ini sudah lama digunakan. Terdapat sekitar 400 spesies jamur cordyceps dan sebagian besar berasal dari Bhutan, China, Korea, Nepal, Thailand, dan Vietnam. Salah satu jenis yang paling sering digunakan adalah cordyceps militaris. Selain dikonsumsi secara langsung, cordyceps diproses menjadi ekstrak dan dapat ditemukan pada suplemen kesehatan. Lalu, apa saja manfaat yang ditawarkan jamur ini?

Manfaat luar biasa dari jamur cordyceps militaris yang perlu Anda tahu

Dari 400 spesies cordyceps, dua di antaranya menjadi fokus utama sejumlah penelitian. Masing-masing adalah Cordyceps sinesis dan Cordyceps militaris.

Umumnya, cordyceps militaris yang banyak digunakan oleh banyak orang karena memiliki harga yang lebih terjangkau tetapi tetap dengan manfaat dan kualitas yang sama.

Lebih lanjut, berikut beberapa manfaat dari cordyceps yang mungkin Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan:

1. Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh

sistem kekebalan tubuh manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cordyceps dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan sistem imun. Selain itu, berdasarkan ulasan ilmiah pada tahun 2017, jamur ini juga bermanfaat bagi sistem imun karena dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan penyakit, seperti artritis, HIV, dan Crohn’s disease. 

Penelitian lain pada tahun 2015 juga menemukan cordyceps militaris dapat secara efektif meningkatkan mekanisme perlindungan tubuh dari serangan patogen (sel yang terinfeksi virus atau bakteri) dan racun. Ditambah lagi, penelitian ini menemukan bahwa jamur ini aman untuk dikonsumsi.

2. Bantu meningkatkan metabolisme saat beraktivitas fisik

olahraga untuk pemalas

Penelitian yang dilakukan di Xinxiang Medical College  menemukan bahwa cordyceps dapat meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) dalam tubuh yang penting untuk menyalurkan energi ke seluruh otot. Apabila otot mendapatkan energi yang dibutuhkan ketika bekerja, ketahanan tubuh dapat meningkat selama Anda bergerak.

Ketika produksi molekul ATP meningkat, tubuh lebih efektif dalam memanfaatkan oksigen, terutama ketika beraktivitas fisik, contohnya seperti saat berolahraga.

3. Jamur cordyceps militaris dapat digunakan untuk mengurangi reaksi peradangan

jamur cordyceps

Karena dasar dari jamur cordyceps militaris ini merupakan protein, penelitian menunjukkan ketika cordyceps masuk ke dalam sel tubuh, protein-protein yang meningkatkan reaksi peradangan di tubuh akan menurun. Namun, efek antiradang dari jamur masih harus diteliti lebih lanjut.

Studi lain yang meneliti manfaat cordyceps sebagai antioksidan menemukan bahwa jamur ini dapat secara efektif mengobati penyakit yang berhubungan dengan imunitas. Efek terapi dari jamur cordyceps juga dapat menekan penyakit autoimun dan alergi.

4. Menurunkan risiko penyakit pada saluran pernapasan

sistem pernapasan manusia

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak dari cordyceps militaris dan salah satu kandungannya, yaitu cordycepin, dapat meningkatkan hidrasi sekaligus melancarkan pembersihan lendir pada permukaan saluran pernapasan. Hal ini lalu dapat berpengaruh pada pencegahan berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (menyebabkan pengidap sulit bernapas).

Selain itu, pada beberapa studi telah ditemukan bahkan jamur satu ini dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk salah satunya adalah kanker paru-paru.

Mungkin belum banyak orang yang mempertimbangkan jamur ini sebagai suplemen untuk membantu mendukung kesehatan. Namun, dengan manfaat yang disediakan oleh jamur cordyceps, suplemen yang mengandung ekstrak jamur ini seharusnya masuk ke dalam salah satu pilihan suplemen sebagai sumber antioksidan.

Selain itu, jamur ini dapat membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, serta melindungi terjadinya gangguan kesehatan pada saluran pernapasan, seperti penyakit paru-paru. Jamur cordyceps militaris dapat menjadi alternatif pengobatan atau perawatan kesehatan herbal yang aman.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Jenis Suplemen Penambah Energi yang Dapat Mendukung Stamina

Terkadang, Anda memerlukan tambahan energi untuk mendukung stamina tubuh. Apa saja jenis suplemen penambah energi yang dapat dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 4 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Makan Roti Berjamur Sebenarnya Bahaya Atau Tidak, Ya?

Selain tidak enak dipandang, ternyata ada bahaya lainnya yang muncul dari makan roti yang sudah berjamur. Apa saja dampak buruknya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

Tak Hanya Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Labu Air Bagi Kesehatan

Rasanya yang tawar membuat labu air tidak banyak digemari. Padahal, konsumsi labu air juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 21 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Mudah dan Efektif untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok

Asap rokok yang dihirup penuh dengan racun yang bisa merusak paru. Oleh karena itu, yuk cari tahu berbagai cara untuk membersihkan paru-paru perokok.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
cara agar tidak gampang sakit

Ini Tips Tidak Gampang Sakit dan Berisiko Tertular COVID-19 saat New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
bakteri bahaya dalam jamur enoki korea selatan

Pemerintah Musnahkan Jamur Enoki yang Tercemar Bakteri, Apa Bahayanya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 11 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
vitamin pria untuk program hamil

3 Suplemen Penambah Hormon Testosteron untuk Para Pria

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit