Tidak Identik Tapi Sangat Mirip, Ini Keunikan Si Kembar Cermin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Jika selama ini Anda cukup familiar dengan anak kembar identik dan tidak identik, sudah tahukah Anda kalau ternyata masih ada berbagai tipe anak kembar lainnya? Ya, dua di antaranya yang sering dianggap sama adalah anak kembar yang identik dan kembar cermin. Padahal, kedua tipe ini jelas berbeda, lho. Supaya lebih paham bagaimana membedakannya, simak informasi berikut ini.

Bagaimana kembar identik dan kembar cermin bisa terjadi?

Masing-masing jenis anak kembar tentu punya proses pembentukan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan anak kembar yang identik dan kembar cermin.

Kembar identik

Istilah kembar identik sebenarnya berasal dari proses terbentuknya janin saat di dalam kandungan. Kembar ini disebut sebagai monozigot, karena berasal dari satu sel telur dan satu sperma yang sama. Seharusnya, sel yang telah menyatu itu berkembang menjadi satu zigot setelah pembuahan.

Namun dalam kasus kembar identik, sel telur dan sperma yang telah menyatu tersebut justru membelah sehingga terbentuk menjadi dua zigot. Kedua zigot ini, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi dua calon bayi.

Oleh karena kembar identik terbentuk dari satu sel telur dan satu sperma yang sama, maka kemungkinan besar mereka memiliki genetik dan karakteristik fisik yang sangat mirip hingga kadang sulit dibedakan. Itulah mengapa mereka disebut sebagai kembar yang identik.

Kembar cermin (mirror twins)

Kembar cermin adalah jenis anak kembar yang terbentuk ketika satu sel telur dan satu sperma yang menyatu saat proses pembuahan. Sama seperti proses pembentukan anak kembar yang identik, sel yang telah menyatu pada kembar cermin ini juga akan membelah menjadi dua individu.

Hanya bedanya, proses pembuahan dalam kembar cermin terjadi sangat lambat atau tidak secara bersamaan. Proses ini akan berlangsung sekitar sembilan sampai dua belas hari pasca pembuahan.

Uniknya selama ini terjadi, calon bayi kembar yang sedang berkembang dalam kandungan akan tumbuh secara asimetris atau terbalik. Dengan kata lain, anak kembar jenis ini akan terlihat saling berkebalikan layaknya sedang bercermin.

Jadi, apa perbedaan jelas antara keduanya?

Memang, cukup sulit untuk membedakan mana anak kembar yang termasuk tipe identik dan mana yang kembar cermin. Pasalnya, kedua tipe anak kembar ini benar-benar terlihat serupa dan hampir tidak ada perbedaan. Namun, tentu masih ada ciri khusus yang membedakan keduanya, seperti:

Kembar identik

alergi anak kembar identik

Meskipun gen yang dimiliki anak kembar identik sama karena berasal dari satu sel telur dan sperma, tapi sebetulnya mereka tidak benar-benar sama persis.

Jika Anda perhatikan lebih seksama, akan terlihat beberapa hal yang membedakan keduanya walaupun hanya sedikit, bahkan tidak terlalu kentara. Entah itu warna rambut, bentuk wajah, letak tahi lalat, dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman Verywell Family, perbedaan pada anak kembar identik masih mungkin dipengaruhi oleh faktor lingkungannya.

Kembar cermin (mirror twins)

Sumber: Daily Mail

Sementara untuk kembar cermin, sesuai namanya, tanda khas yang paling terlihat adalah kedua anak kembar tersebut layaknya bayangan sebuah cermin yang saling terpantul satu sama lain. Inilah yang membedakannya dengan kembar identik.

Misalnya salah seorang anak kembar cermin memiliki lesung pipi di pipi sebelah kiri, maka saudaranya pasti akan memiliki lesung pipi di pipi sebelah kanan. Contoh lainnya, jika saudara pertama punya tanda lahir di tangan sebelah kanan, maka saudaranya tentu punya tanda lahir di tangan sebelah kiri.

Hal ini juga berlaku dalam kebiasaan gerakan yang sering dilakukan. Bila salah seorang saudaranya kidal tangan kiri, biasanya saudara yang lain akan lebih normal dalam menggunakan tangan kanannya.

Singkatnya begini, apapun bentuk atau penempatan susunan anggota tubuh maupun suatu tanda di tubuh, akan tampak berlawanan ketika kedua anak kembar cermin saling dihadapkan. Seolah-olahnya, mereka adalah sebuah pantulan cermin dari saudara kembarnya.

Kondisi ini diyakini terjadi karena bagian otak anak kembar cermin bekerja dengan cara yang tidak sama. Artinya, anak pertama mungkin lebih dominan dengan otak sebelah kanan, sementara saudara kembarnya lebih dominan di bagian kiri. Itu sebabnya, kemudian keduanya menunjukkan karakteristik yang turut berbeda, tapi saling berkebalikan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca