Sebenarnya, Berapa Banyak Sel yang Ada Dalam Tubuh Manusia?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Meski kecil hampir tak kasat mata, sel tubuh adalah cikal bakal dari terbentuknya semua organ yang ada di dalam tubuh Anda. Bahkan, sel tubuhlah yang bertanggung jawab terhadap setiap fungsi dan gerak-gerik tubuh. Coba bayangkan, berapa banyak sel yang tubuh Anda miliki untuk bisa melakukan fungsinya dan menjaga Anda tetap sehat sampai sekarang ini?

Ada berapa banyak sel tubuh yang dimiliki manusia?

Faktanya, tak ada yang tahu pasti berapa jumlah sel tubuh manusia. Sampai saat ini, para ahli masih memperdebatkannya. Namun, rata-rata sel yang ada pada seorang manusia berkisar antara 30-40 triliun sel.

Sel tubuh adalah unit terkecil yang membentuk jaringan serta organ manusia sehingga membentuk suatu sistem organ, seperti sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, atau sistem peredaran darah. Semua sistem-sistem yang Anda di dalam tubuh Anda itu, berawal dari sebuah sel yang kemudian tumbuh dan berkembang. Saking kecilnya, sel memiliki rata-rata ukuran sebesar 0,001-0,003 cm, sehingga harus menggunakan alat khusus – mikroskop – untuk melihatnya dengan jelas.

Di dalam tubuh, sel yang paling mendominasi adalah sel darah merah yaitu memenuhi hingga 80% tubuh. Namun, sel darah merah ini hanya berkontribusi sebanyak 4% dari total massa tubuh. Berbeda dengan sel lemak, jumlahnya tidak sebanyak sel darah, tetapi mengambil bagian sebanyak 19% dari total massa tubuh.  

Tak hanya sel Anda saja yang tumbuh di dalam tubuh, tetapi juga sel bakteri

Fakta unik lainnya adalah, tubuh Anda tak hanya diisi dengan sel manusia saja, tetapi juga sel bakteri. Ya, berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa dari berat badan, Anda dapat mengetahui perkiraan berapa jumlah sel manusia maupun sel bakteri.

Misalnya saja, Anda memiliki berat badan sebanyak 70 kg, maka bisa diperkirakan bahwa jumlah sel Anda sebanyak 30 triliun dan 40 triliun lagi adalah bakteri. Bakteri-bakteri ini ada yang secara alami tumbuh di dalam tubuh dan untungnya, bakteri tersebut tak membahayakan, justru beberapa di antaranya membantu menjalankan fungsi tubuh.

Tapi, hal ini tentu masih sebatas perkiraan saja. Perlu penelitian dan analisis yang lebih lanjut untuk mengetahui seberapa banyak sel tubuh yang dimiliki oleh seseorang.

Ada banyak sel tubuh yang mati setiap hari

Pada dasarnya, tubuh Anda memang dirancang untuk membuat sel dan kemudian dihancurkan kembali. Tetapi, tentu tak sembarang sel yang dihancurkan oleh tubuh. Sel-sel yang dihancurkan biasanya merupakan sel yang sudah rusak dan tidak berfungsi lagi.

Dalam satu hari, ada 300 miliar sel yang mati dalam hitungan menit. Ada 210 jenis sel di dalam tubuh dan semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. dari setiap bagian tubuh, pasti ada sel yang mati dan kemudian digantikan dengan sel yang baru.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pijat Prostat, Benarkah Bisa Atasi Masalah Prostat dan Seksual?

Dewasa ini, pijat prostat mulai banyak dicari. Banyak yang yakin pijat ini bisa jadi solusi berbagai keluhan di area prostat. Apa memang benar?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Urologi, Prostat 05/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nafsu Seks Siapa yang Lebih Besar? Pria atau Wanita?

Semua orang punya nafsu seks yang berbeda. Namun apakah benar nafsu seks pria lebih besar dari wanita? Simak apa kata hasil penelitian.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Tak hanya efektif memangkas gelambir lemak perut, manfaat virgin coconut oil alias minyak kelapa dara sangat menakjubkan untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab infeksi saluran kencing

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
kesehatan kandung kemih

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit