Cermati Gejala Kanker Usus, dari Perut Kembung Sampai Sembelit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Umumnya, penyakit kanker tidak menunjukkan gejala di awal, sama halnya kanker usus. Karena itu, penting untuk mengenali gejala kanker usus agar mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih cepat dan tepat.

Apa saja gejala kanker usus?

Berikut berbagai gejala kanker usus.

  • Kebiasaan buang air besar berubah, misalnya diare, sembelit, tekstur feses pun ikut berubah dan terjadi lebih dari empat minggu
  • Buang air besar berdarah
  • Perut kram, kembung, atau nyeri terus menerus
  • Perasaan bahwa Anda harus buang air besar tapi tidak mendapatkan kelegaan setelahnya
  • Kelemahan atau kelelahan
  • Penurunan berat badan tanpa sebab

Beberapa tanda dan gejala kanker usus sama dengan kondisi yang sangat umum yang bukan kanker, seperti wasir dan irritable bowel syndrome (IBS). Ketika Anda menduga adanya kanker, gejala-gejala ini biasanya baru saja dimulai, parah dan berlangsung lama, dan berubah seiring waktu.

Dengan mewaspadai gejala kanker usus, Anda dapat mendeteksi penyakit secara dini, ketika kemungkinan besar akan berhasil diobati.

Namun, banyak orang dengan kanker usus tidak memiliki gejala apa pun hingga penyakitnya berkembang, sehingga seseorang perlu diskrining secara teratur.

Selain itu, seseorang dengan kanker usus mungkin mengalami gejala atau tanda yang sudah disebutkan di atas. Akan tetapi, mungkin juga bahwa perubahan ini dapat disebabkan oleh kondisi medis yang bukan kanker, terutama untuk gejala umum seperti perut kram, perut kembung, dan buang air besar yang tidak teratur.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda memiliki beberapa gejala kanker usus yang disebutkan di atas yang berlangsung selama beberapa minggu atau menjadi lebih parah, segera kunjungi dokter Anda. Jangan hanya menganggap itu sebagai wasir.

Jika Anda khawatir tentang perubahan apa pun yang Anda alami, silakan diskusikan dengan dokter Anda dan minta untuk menjadwalkan kolonoskopi.

Umumnya pemeriksaan kanker usus dimulai pada usia 50 tahun. Namun, dokter Anda dapat merekomendasikan pemeriksaan lebih sering atau lebih awal jika Anda memiliki faktor risiko lain, seperti memiliki riwayat penyakit kanker usus dalam keluarga.

Jika kanker didiagnosis, menghilangkan gejala tetap menjadi bagian penting dari perawatan dan pengobatan kanker. Ini disebut juga dengan manajemen gejala, perawatan paliatif, atau perawatan suportif. Pastikan untuk berbicara dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang gejala yang Anda alami, termasuk gejala baru atau perubahan gejala.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 3, 2018 | Terakhir Diedit: Agustus 26, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca