Nama Generik: Coltsfoot

Manfaat

Untuk apa coltsfoot?

Coltsfoot adalah tanaman herbal yang juga dikenal dengan nama Tussilago. Meski dikenal sebagai tanaman berbahaya, namun masih banyak yang menggunakan tanaman bunga ini untuk masalah paru-paru seperti bronkitis, asma, dan batuk rejan (pertusis).

Coltsfoot juga digunakan untuk meredakan sakit mulut, sakit tenggorokan, batuk, suara serak, dan infeksi saluran pernapasan atas. Beberapa orang mengisap coltsfoot untuk mengobati bengek (sulit bernapas dan dada sakit)

Namun, coltsfoot mengandung zat kimia yang disebut pyrrolizidine alkaloid (HK) yang dapat merusak hati atau menyebabkan kanker.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja coltsfoot sebagai suplemen herbal. Baiknya, diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa coltsfoot memiliki kemampuan untuk menghambat sintesis oksida nitrat dalam makrofag (sel jaringan pada sel darah putih).

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk coltsfoot untuk orang dewasa?

Dosis umum dari coltsfoot adalah sekitar 4,5 g sampai 6 g per hari.

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja coltsfoot tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai berikut: ramuan kering, ekstrak, sirup, teh, tingtur (cairan).

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh coltsfoot?

Coltsfoot dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk:

  • Demam
  • Hipertensi
  • Mual, muntah, anoreksia, diare, sakit kuning, hepatotoksisitas (jarang)
  • Reaksi hipersensitivitas
  • Infeksi saluran pernapasan atas

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

 

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi coltsfoot?

Simpan produk herbal coltsfoot di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari panas dan kelembapan. Karena alkaloid pyrrolizidine dalam coltsfoot dapat menjadi racun dalam tubuh, Anda tidak boleh menggunakan coltsfoot selama lebih dari 6 minggu.

Jika Anda memiliki alergi, pastikan untuk memeriksa dengan dokter Anda sebelum menggunakan coltsfoot.

Distribusi dan penggunaan suplemen herbal tidak diatur ketat oleh BPOM layaknya obat medis. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanannya. Sebelum menggunakan, konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut untuk memastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya.

Seberapa amankah coltsfoot?

Jangan menggunakan coltsfoot pada anak-anak atau wanita yang sedang hamil atau menyusui karena hepatotoksisitas bisa terjadi. Coltsfoot olahan dapat menyebabkan cacat lahir dan kerusakan hati.

Coltsfoot yang digunakan dalam jumlah besar dapat mengganggu pengobatan untuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau penyakit hati.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi coltsfoot?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Coltsfoot dapat berinteraksi dengan obat untuk tekanan darah tinggi dan obat yang memperlambat pembekuan darah.

Obat yang membuat liver mengurai coltsfoot mungkin dapat meningkatkan efek racun dari bahan kimia yang terkandung di coltsfoot.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 7, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 7, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan