home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Manfaat Minyak Bunga Melati untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Minyak Bunga Melati untuk Kesehatan

Selain menghiasi pekarangan rumah, bunga melati ternyata menyimpan banyak manfaat dan kegunaan buat kesehatan tubuh. Terutama jika diolah dan diambil ekstrak minyaknya. Apa saja manfaat minyak bunga melati yang bisa kita dapatkan?

Manfaat minyak bunga melati untuk kesehatan

Sumber: Lifehack.org

1. Meredakan kecemasan

Sudah banyak penelitian yang melaporkan menghirup aroma minyak bunga melati bermanfaat untuk membantu memperbaiki mood dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Natural Product Communications menemukan bahwa mengoleskan minyak bunga melati pada kulit dapat meredakan kecemasan dan stres sehari-hari, yang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

2. Meredakan nyeri PMS

Pijat perut dengan minyak bunga melati selama sedang haid terbukti dapat mengurangi keparahan kram perut gejala PMS. Menghirup aromanya juga dapat menyembuhkan sakit kepala, mengurangi kegelisahan, membantu tidur lebih nyenyak, dan menekan pertumbuhan jerawat hormon selama masa PMS.

4. Meningkatkan konsentrasi

Ternyata, peningkatan fokus dan konsentrasi berpikir jernih bisa menjadi salah satu manfaat minyak bunga melati juga. Caranya cukup dengan menghirup aroma wanginya yang menenangkan.

Minyak melati mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat mengatur kembali detak jantung, suhu tubuh, dan aktivitas otak yang diperlukan untuk berkonsentrasi tinggi.

5. Menjaga kesehatan kulit

Sebuah karya ilmiah berjudul “Commercial Essential Oils as Potential Antimicrobials to Treat Skin Diseases” secara spesifik membahas tentang manfaat minyak bunga melati untuk kulit.

Mereka menemukanbahwa zat-zat aktif dalam bunga melati dapat membantu regenerasi sel kulit sehat, melembapkan kulit kering, melawan gejala penuaan, dan mengurangi peradangan akibat psoriasis.

Bagaimana cara menggunakan minyak bunga melati?

Ada beberapa cara untuk pakai minyak bunga melati:

  • Cara yang paling umum adalah dengan menghirup aroma minyak bunga melati.
  • Anda juga bisa langsung mengoleskan minyak melati ke kulit. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak tersebut terlebih dahulu.
  • Anda bisa menggunakan minyak ini di rumah dengan dicampur lotion lain seperti minyak kelapa, pelembab tubuh, atau minyak esensial lain.
  • Gunakan juga 3- 4 tetes minyak melati ke dalam minyak pijat buatan sendiri, lulur tubuh, atau sabun untuk hadirkan aroma rileks.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Aromatherapy oil massage https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2529395/ Diakses pada 06 Desember 2018.

Jasmine oil for antibacterial benefit https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/?term=jasmine+oil%2C+antibacterial Diakses pada 06 Desember 2018.

Jasmine oil benefit https://draxe.com/jasmine-oil/ Diakses pada 06 Desember 2018.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 13/12/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x