backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

5 Khasiat Daun Dadap Serep untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 28/02/2023

5 Khasiat Daun Dadap Serep untuk Kesehatan Tubuh

Daun dadap serep telah sejak lama dipercaya secara turun-temurun sebagai obat herbal untuk untuk kompres alami pada demam anak. Lalu, adakah khasiat lain dari tumbuhan ini?

Kandungan daun dadap serep

Dadap serep dapat tumbuh tinggi sampai 22 meter (m). Tanaman ini biasanya ditemukan tumbuh liar di perkebunan kopi dan lada atau di tepian hutan.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Erythrina subumbrans ini juga sering dibudidayakan sebagai tanaman obat atau sekadar penghias rumah karena keindahan bunganya.

Daun dadap serep berbentuk hampir bulat dengan pangkal membulat dan ujung agak runcing. Bagian daun dari tanaman inilah yang dipercaya berkhasiat mengatasi beragam penyakit.

Khasiat tersebut pada dasarnya berasal dari kandungan berbagai jenis fitonutrien atau senyawa kimiawi yang terkandung di dalamnya.

Adapun beberapa fitonutrien yang dapat ditemukan pada daun ini meliputi:

  • tanin, 
  • flavonoid, 
  • alkaloid, 
  • saponin, 
  • polifenol,
  • etanol,
  • steroid, dan
  • triterpenoid.

Tahukah Anda?

Tanaman dadap serep atau Erythrina subumbrans juga memiliki beragam nama lain di berbagai daerah di Indonesia, seperti dadap minyak (Sunda), dadap lisah (Jawa), dadap licin (Lampung), dan theutheuk oleng (Madura).

Manfaat daun dadap serep untuk kesehatan

Berikut ini beragam potensi khasiat daun dadap untuk membantu mengatasi beberapa jenis penyakit berdasarkan penelitian ilmiah.

1. Menurunkan demam anak

cara mengompres anak demam

Daun dadap serep memiliki manfaat untuk meredakan demam pada anak, seperti dikutip dari studi oleh Fakultas Kesehatan Universitas Hindu Indonesia.

Studi tersebut menemukan bahwa kandungan etanol pada dadap serep memberikan efek dingin dan membantu menurunkan panas dengan merangsang saraf pada kulit.

Saraf akan mengirimkan sinyal ke hipotalamus dalam otak. Lantas, hipotalamus akan otomatis merespons dan menurunkan suhu tubuh kembali ke batas normal.

2. Melindungi kulit dari sinar UV

Ekstrak daun dadap serep terbukti mengurangi paparan sinar ultraviolet (UV) matahari. Bahkan, efeknya pun hampir sebanding dengan produk sunscreen pada umumnya.

Studi yang dimuat dalam Journal of Chemical Natural Resources (2018) menemukan sunscreen dari ekstrak daun Erythrina Subumbrans memiliki tingkat SPF mulai dari 11–21.

Manfaat ini berasal dari senyawa fenolik dan flavonoid dalam ekstrak dadap serep yang mampu menyerap dan memantulkan sinar UV penyebab kerusakan kulit.

3. Mengobati infeksi kulit

Kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, dan triterpenoid dalam ekstrak daun dadap serep punya potensi untuk mengobati infeksi kulit berkat sifat antimikroba yang dimilikinya.

Pengobatan pada kulit (topikal) telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan spesies bakteri dan jamur tertentu, seperti Staphylococcus epidermidis dan Candida albicans.

Staphylococcus epidermidis merupakan bakteri yang biasanya menyebabkan jerawat dan infeksi kulit. 

Sementara itu, Candida albicans merupakan sejenis jamur yang secara alami berada pada kulit, tetapi bisa memicu kandidiasis bila pertumbuhannya tidak terkendali.

4. Mengatasi insomnia

insomnia

Salah satu kandungan fitonutrien yang cukup tinggi dalam tumbuhan Erythrina subumbrans adalah alkaloid.

Menurut beberapa studi, alkaloid memiliki sifat sedatif yang memberikan efek menenangkan dan membantu seseorang yang kesulitan untuk tidur (insomnia).

Studi lain dari Abdul Wali Khan University Mardan, Pakistan, menemukan bahwa alkaloid juga berpotensi sebagai obat antidepresan alami untuk membantu mengobati depresi.

Depresi merupakan gangguan jiwa yang membuat pengidapnya merasa sedih terus-menerus. Gangguan ini juga bisa membuat pengidapnya tidak nafsu makan dan mengalami gangguan tidur.

5. Meredakan peradangan

Daun dadap serep berpotensi mengurangi keparahan gejala rematik atau rheumatoid arthritis.

Beberapa senyawa fitokimia dalam tanaman ini, termasuk alkaloid, flavonoid, steroid, serta saponin, telah diketahui memiliki sifat anti-inflamasi (meredakan peradangan).

Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Biosciences and Biotechnology (2021) menguji pemberian efek anti-inflamasi dari ekstrak dadap serep pada objek tikus.

Ekstrak daun ini diketahui menghasilkan efek anti-inflamasi yang mirip dengan natrium diklofenak, yakni obat NSAID yang umumnya digunakan untuk mengatasi rematik.

Cara memakai dan mengolah daun dadap serep

Sebagai kompres untuk menurunkan demam pada anak-anak, daun dadap serep yang sudah dibersihkan dapat Anda tumbuk atau remas-remas sampai layu.

Kemudian, daun tersebut bisa Anda tempelkan pada dahi anak yang demam. Daun bisa diganti bila sudah kering dan lakukan hal ini berulang kali hingga suhu badan kembali normal.

Sementara untuk mengobati insomnia dan rematik, Anda dapat mengolah daun ini dengan langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan lima lembar daun dadap serep yang telah dibersihkan, lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, segera matikan kompor dan tunggu rebusan sampai hangat.
  3. Saring rebusan bila hendak diminum dan tambahkan madu sesuai kebutuhan.

Kebanyakan orang meminum rebusan daun ini sebanyak satu atau dua kali sehari.

Selain untuk kompres dan rebusan, dadap serep yang masih muda juga dapat Anda konsumsi sebagai lalapan atau dibuat sayur.

Efek samping daun dadap serep

Kebanyakan penelitian tentang manfaat daun dadap serep masih sebatas pada uji laboratorium dan pada objek hewan, seperti tikus.

Hasilnya, keamanan obat herbal ini perlu menjadi perhatian supaya tidak memicu efek samping serius.

Penggunaan daun dadap serep sebagai obat topikal relatif aman. Akan tetapi, Anda perlu lebih berhati-hati bila mengonsumsi dedaunan ini dalam jumlah banyak.

Semua tanaman dari genus Erythrina mengandung lebih banyak alkaloid. Meskipun bermanfaat dalam pengobatan, alkaloid tetap memiliki sifat narkotik atau toksik.

Beberapa orang mungkin juga mengalami reaksi alergi saat memakai daun dadap serep. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala-gejala berupa:

  • mual dan muntah,
  • diare,
  • sakit perut,
  • hidung tersumbat,
  • batuk dan sulit bernapas,
  • kulit gatal dan ruam kemerahan,
  • lidah kesemutan, 
  • pembengkakan pada mulut, bibir, dan tenggorokan, dan
  • sakit kepala hingga pingsan.

Anda perlu berhati-hati saat hendak menggunakan daun dadap serep. Jangan menjadikan daun ini sebagai satu-satunya obat untuk mengobati kondisi yang Anda alami.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar Anda dapat mengetahui manfaat dan risiko dari penggunaan obat-obatan herbal.

Kesimpulan

  • Daun dadap serep (Erythrina subumbrans) telah dipercaya turun-temurun untuk menurunkan demam anak.
  • Penelitian laboratorium dan pada objek hewan juga telah menemukan berbagai manfaat lain, seperti mengobati infeksi kulit hingga meredakan peradangan akibat rematik.
  • Meski relatif aman, kandungan di dalam daun ini mungkin bersifat toksik dan memicu reaksi alergi pada sebagian orang.
  • Selalu konsultasikan dengan dokter untuk menilai risiko dan manfaat dari obat herbal ini.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 28/02/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan