home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Jamur Lingzhi untuk Kesehatan, dari Rematik Hingga Kanker

5 Manfaat Jamur Lingzhi untuk Kesehatan, dari Rematik Hingga Kanker

Jamur Lingzhi, atau yang punya nama latin Ganoderma lucidum, dipercaya oleh masyarakat negeri Cina, Korea, Jepang, dan beberapa negara di Asia lainnya dapat memberikan begitu banyak manfaat kesehatan, termasuk umur panjang. Apa kata dunia medis soal manfaat jamur Lingzhi?

Berbagai manfaat jamur Lingzhi untuk kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Lingzhi mengandung komponen aktif seperti polisakarida yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur ini juga bersifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu tubuh melawan flu, termasuk flu burung dan flu babi; juga mengobati gangguan paru seperti asma dan bronkitis.

Manfaat jamur Lingzhi lainnya termasuk mengurangi stres, mencegah kelelahan, mengatasi penyakit ketinggian, pertolongan untuk keracunan makanan, mengatasi ulkus lambung, dan pengobatan alternatif untuk HIV/AIDS.

2. Meredakan nyeri rematik

Selain itu, jamur Lingzhi mengandung asam ganoderik yang memiliki komposisi serupa dengan hormon steroid. Dalam tubuh, hormon steroid berfungsi mengatur metabolisme karbohidrat, membentuk otot, dan bersifat antiperadangan yang bisa mengatasi nyeri reumatik.

Jamur yang berukuran besar, berwarna gelap, bertekstur mengkilat mirip kulit kayu ini juga memiliki sifat antipenuaan.

3. Membantu pengobatan kanker

Penelitian menemukan bahwa betaglucan, komponen gula kompleks yang terkandung dalam jamur Lingzhi dapat mencegah penyebaran sel kanker. Sebagai tambahan, penelitian lain menemukan bahwa mengombinasikan komponen aktif dalam Lingzhi dengan teh hijau baik untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Dalam kombinasi dengan ramuan lainnya, jamur Lingzi juga dapat digunakan untuk membantu mengobati kanker prostat.

4. Menurunkan tekanan darah dan mengurangi alergi

Lingzhi mengandung triterpenes, komponen yang memberikan jamur ini rasa pahit khasnya. Triterpenes ini akan membantu mencegah hipertensi dan mengurangi gejala alergi.

Manfaat jamur Lingzhi lainnya termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit yang terkaitnya, seperti kolesterol tinggi; penyakit ginjal; dan penyakit hati.

5. Membantu Anda tidur lebih nyenyak

Pengobatan herbal dari Cina dan Jepang merekomendasikan untuk mengonsumsi jamur ini karena manfaat jamur Lingzhi yang dapat mengatasi sindrom kelelahan kronis, mencegah kelelahan, dan mengatasi stres sehingga juga dapat membantu masalah insomnia atau sulit tidur.

Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan beragam manfaat jamur Lingzhi di atas.

Saran penyajian jamur Lingzhi

Jamur Lingzhi banyak terdapat dalam versi suplemen makanan siap minum. Dosis minumnya pun bergantung dari bentuk suplemen yang Anda pilih.

Dosis standar untuk ekstrak jamur Lingzhi adalah 1,44g – 5,2 g yang diminum dalam tiga kali dosis, dengan dosis maksimal per hari hanya boleh 1.800 mg.

Ekstrak dasar jamur Lingzhi pada dasarnya adalah bubuk jamur yang dikeringkan dan digerus, yang membuatnya kira-kira 10 kali lebih ampuh daripada bentuk jamur aslinya. Ini berarti bahwa kekuatan dosis 5g ekstrak jamur Lingzhi hampir setara dengan kurang lebih 50 g jamur segar dan utuh.

Tapi untuk memastikan keamanannya, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. Akihisa T, Nakamura Y, Tagata M, editors. et al. Anti-inflammatory and anti-tumor-promoting effects of triterpene acids and sterols from the fungus Ganoderma lucidum. Chem Biodivers. 2007;4:224–31.
  2. Borchers A. T, Krishnamurthy A, Keen C. L, Meyers F. J, Gershwin M. E. The immunobiology of mushrooms. Exp Biol Med. 2008;233:259–76.
  3. Wu Z, Zhang Y, Tan N, Zhao C, Yang J, Zhu J-S. ReishiMax extends the life span of mice: A preliminary report. The FASEB Journal. 2011 April;25(601.2).
  4. Ganoderma lucidum. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92757/
  5. Ganoderma lucidum https://examine.com/supplements/ganoderma-lucidum/
  6. Ganoderma lucidum http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-905-reishi%20mushroom.aspx?activeingredientid=905#vit_sideeffects
Foto Penulisbadge
Ditulis oleh dr. Marsha Desica Arsanta Diperbarui 3 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x