home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Merendam Kaki Dengan Air Garam Baik Bagi Kesehatan?

Benarkah Merendam Kaki Dengan Air Garam Baik Bagi Kesehatan?

Terapi merendam kaki dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu teknik yang dikenal dengan istilah hidroterapi. Hidroterapi sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu dengan mandi, mengompres dan merendam kaki dengan air hangat. Teknik ini ternyata sudah dikenal sejak zaman Yunani. Namun, akhir-akhir ini larutan garam kerap kali juga digabungkan dalam hidroterapi menggunakan air hangat. Lantas, apakah hal tersebut bermanfaat dan baik bagi kesehatan Anda? Yuk, cari tahu apa saja manfaat merendam kaki dalam air garam di bawah ini.

Manfaat merendam kaki dengan air garam hangat

spa kaki perawatan

Ternyata adanya kandungan garam pada air dapat menjadi antiseptik yang dapat membantu meredakan infeksi pada kaki Anda. Tak hanya itu, pada mereka yang mengalami eksim pada kulitnya, terapi ini ternyata juga dapat membantu proses penyembuhan.

Bagaimana bisa? Nah, ternyata air hangat dapat meningkatkan respon sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Perawatan sederhana ini juga dapat meningkatkan kerja fagosit dalam tubuh Anda untuk menghancurkan kotoran dan melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dan zat sisa) pada darah Anda.

Tak hanya dapat menjadi antiseptik, merendam kaki dengan air hangat ternyata juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Ferayanti dan rekan-rekannya, mereka yang sebelumnya sudah diukur tekanan darahnya, setelah kakinya direndam dalam air hangat dibarengi dengan teknik relaksasi napas, akan didapatkan penurunan tekanan darah yang cukup bermakna. Hal ini disebabkan karena air hangat akan menciptakan efek pelebaran dan memperlancar pembuluh darah Anda.

Merendam kaki dengan air garam juga cukup ampuh untuk insomnia

perawatan kaki

Terapi merendam kaki dengan air garam ternyata sangat efektif dilakukan pada mereka yang lelah seusai pulang bekerja dan sering mengalami kesulitan tidur hingga insomnia. Pasalnya, terapi ini ternyata dapat membantu merelaksasikan otot-otot, membantu menciptakan rasa nyaman dan menghilangkan ketegangan tubuh Anda.

Hal ini disebabkan karena merendam kaki dengan air garam akan membuat aliran peredaran darah pada kaki Anda menjadi terbuka dan lancar. Aliran yang lancar ini akan membantu menciptakan rasa nyaman pada kaki dan menghilangkan pegal-pegal pada kaki Anda, terlebih bila anda melakukannya selesai beraktivitas seharian.

Adakah risiko dari merendam kaki dengan air garam?

perawatan kaki

Bila anda merendam kaki Anda terlalu lama dan ternyata air yang digunakan tidak bersih, perawatan tersebut malah dapat menyebabkan munculnya dermatosis alias masalah kulit pada kaki Anda. Gejala dermatosis bermacam-macam, mulai dari nyeri pada kulit, kulit menjadi kemerahan, perih, hingga tubuh yang mengalami demam.

Bila Anda sudah mengalami gejala-gejala seperti ini, Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa air yang anda gunakan bersih dan tidak terkontaminasi bakteri atau kotoran lain.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. Wiliams H, et al. Salt Water Baths and Eczema – Information for Parents. Nottingham Support Group for Carers of Children With Eczema. 2007 : 1-2
  2. Ferayanti N, Erwanto R, Sucipto A. Efektivitas Terapi Rendam Kaki Air Hangat dan Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Tekanan Darah. Nurscope Jurnal Keperawatan dan Pemikiran Ilmiah. 2017 (5): 38-45
  3. Kaur A, Kumar N. Effectiveness of Warm Water Foot Bath on Quality of Sleep among Hospitalized Patients. International Journal of Health Sciences and Research. 2017 (7): 172-175
  4. Willis I. The Effects of Prolonged Water Exposure on Human Skin. The Journal of Investigate Dermatology. 1973 (60): 1-6
  5. Tlougan B, et al. Aquatic sports Dermatoses. Part 2 – In the Water: Saltwater Dermatoses. The International Society of Dermatology. 2010 : 994-1002
  6. Pereira A, Sebastian S. Effectiveness of hot water foot bath therapy in reduction of temperature among children (6-12 years) with fever in selected hospitals at Mangaluru. International Journal of Applied Research. 2018 (1): 86-92
  7. Tsitsis N, et al. Hydrotherapy in Ancient Greece. Balkan Military Medical Review. 2013 (4): 462-466
Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Ivena
Tanggal diperbarui 12/01/2019
x