Benarkah Merendam Kaki Dengan Air Garam Baik Bagi Kesehatan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Terapi merendam kaki dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu teknik yang dikenal dengan istilah hidroterapi. Hidroterapi sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu dengan mandi, mengompres dan merendam kaki dengan air hangat. Teknik ini ternyata sudah dikenal sejak zaman Yunani. Namun, akhir-akhir ini larutan garam kerap kali juga digabungkan dalam hidroterapi menggunakan air hangat. Lantas, apakah hal tersebut bermanfaat dan baik bagi kesehatan Anda? Yuk, cari tahu apa saja manfaat merendam kaki dalam air garam di bawah ini.

Manfaat merendam kaki dengan air garam hangat

spa kaki perawatan

Ternyata adanya kandungan garam pada air dapat menjadi antiseptik yang dapat membantu meredakan infeksi pada kaki Anda. Tak hanya itu, pada mereka yang mengalami eksim pada kulitnya, terapi ini ternyata juga dapat membantu proses penyembuhan.

Bagaimana bisa? Nah, ternyata air hangat dapat meningkatkan respon sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Perawatan sederhana ini juga dapat meningkatkan kerja fagosit dalam tubuh Anda untuk menghancurkan kotoran dan melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dan zat sisa) pada darah Anda.

Tak hanya dapat menjadi antiseptik, merendam kaki dengan air hangat ternyata juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Ferayanti dan rekan-rekannya, mereka yang sebelumnya sudah diukur tekanan darahnya, setelah kakinya direndam dalam air hangat dibarengi dengan teknik relaksasi napas, akan didapatkan penurunan tekanan darah yang cukup bermakna.  Hal ini disebabkan karena air hangat akan menciptakan efek pelebaran dan memperlancar pembuluh darah Anda.

Merendam kaki dengan air garam juga cukup ampuh untuk insomnia

perawatan kaki

Terapi merendam kaki dengan air garam ternyata sangat efektif dilakukan pada mereka yang lelah seusai pulang bekerja dan sering mengalami kesulitan tidur hingga insomnia. Pasalnya, terapi ini ternyata dapat membantu merelaksasikan otot-otot, membantu menciptakan rasa nyaman dan menghilangkan ketegangan tubuh Anda.

Hal ini disebabkan karena merendam kaki dengan air garam akan membuat aliran peredaran darah pada kaki Anda menjadi terbuka dan lancar. Aliran yang lancar ini akan membantu menciptakan rasa nyaman pada kaki dan menghilangkan pegal-pegal pada kaki Anda, terlebih bila anda melakukannya selesai beraktivitas seharian.

Adakah risiko dari merendam kaki dengan air garam?

perawatan kaki

Bila anda merendam kaki Anda terlalu lama dan ternyata air yang digunakan tidak bersih, perawatan tersebut malah dapat menyebabkan munculnya dermatosis alias masalah kulit pada kaki Anda. Gejala dermatosis bermacam-macam, mulai dari nyeri pada kulit, kulit menjadi kemerahan, perih, hingga tubuh yang mengalami demam.

Bila Anda sudah mengalami gejala-gejala seperti ini, Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa air yang anda gunakan bersih dan tidak terkontaminasi bakteri atau kotoran lain.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit