5 Cara Mudah Menghilangkan Mual Saat Mudik Lebaran

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/02/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Mudik lebaran telah menjadi sebuah rutinitas yang dilakukan sebagian besar orang muslim menjelang Idulfitri. Moda transportasi yang dipilih pun beragam, mulai dari kendaraan pribadi, bis, kereta, kapal, hingga pesawat terbang. Sayangnya, perjalanan menggunakan moda transportasi apapun tidak menjamin Anda terbebas dari  mabuk perjalanan saat sedang mudik Lebaran. Lalu, bagaimana, ya cara menghilangkan mual yang tiba-tiba muncul saat mudik lebaran?

Cara cepat menghilangkan mual saat mudik hari raya

1. Memandang ke kejauhan

Jika Anda sudah merasa akan muntah alias mual saat masih di dalam perjalanan, coba alihkan pandangan Anda ke luar jendela. Perhatikan dan pandang objek yang jaraknya agak jauh. Cara ini bisa menghilangkan mual dan pusing saat di perjalanan mudik.

Meski begitu, Anda mungkin tetap harus mengubah-ubah posisi duduk untuk mencari posisi yang lebih nyaman dan mengurangi rasa pusing dan ingin muntah selama di perjalanan.

2. Makan camilan saat buka puasa

Jika Anda harus berbuka puasa di perjalanan, hindari makan makanan berat terlebih dahulu, khususnya jika Anda harus memakannya di dalam kendaraan yang bergerak. Lebih baik mengonsumsi camilan, seperti biskuit, roti, sereal, atau buah-buahan seperti apel dan pisang.

Mengonsumsi makanan berat dan mengandung banyak minyak seperti mie goreng atau nasi goreng saat di perjalanan justru akan memperparah kondisi Anda karena jenis makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

3. Jangan baca buku atau menatap layar gadget

Saat di perjalanan, Anda akan cenderung mencari kesibukan agar tidak mudah merasa bosan. Khususnya, jika Anda melakukan perjalanan seorang diri. Beberapa kesibukan yang paling sering dilakukan adalah membaca buku atau bermain gadget.

Padahal, kedua hal tersebut adalah salah satu pemicu timbulnya rasa mual saat di perjalanan, termasuk perjalanan mudik. Hindari melakukan aktivitas yang memaksa mata bekerja lebih keras.

Cobalah beralih ke aktivitas lain seperti mendengarkan musik, audiobook, atau memanfaatkan waktu untuk tidur jika Anda melakukan perjalanan mudik sendirian.

4. Temukan posisi yang nyaman

mabuk perjalanan

Menemukan posisi yang nyaman menjadi cara utama menghilangkan mual saat mudik. Apalagi jika Anda harus melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil.

Posisi yang nyaman tergantung pada jenis kendaraan yang Anda naiki saat mudik. Sesuai yang disarankan oleh Mayo Clinic untuk posisi nyaman untuk menghilangkan mual saat mudik di perjalanan, pilihlah posisi nyaman untuk tiap-tiap jenis kendaraan yang Anda pilih.

Jika Anda mual saat naik kapal laut, cobalah untuk meminta duduk di kabin bagian depan atau di bagian tengah. Sedangkan bila Anda memilih untuk naik pesawat, pilihlah kursi di bagian depan, sebelum sayap pesawat.

Lalu, jika memilih untuk naik kereta api, pilih kursi yang menghadap ke depan sesuai dengan arah keberangkatan kereta dan di dekat jendela.

Sementara, untuk menghilangkan mual saat mudik menggunakan mobil, coba sandarkan kepala Anda ke sandaran jok, supaya Anda lebih nyaman selama di perjalanan. Jika Anda duduk di kursi belakang, hindari menatap kursi yang ada di depan Anda terlalu lama.

5. Mengobrol dengan orang lain

Jika mudik dengan keluarga, jangan ragu untuk mengobrol dengan anggota keluarga. Cara itu menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan mual saat mudik, karena pikiran Anda jadi teralihkan.

Jika Anda melakukan perjalanan seorang diri dengan moda transportasi umum, tidak ada salahnya berkenalan dengan orang baru, entah itu teman kanan dan kiri Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Memilih Makanan untuk Bekal Mudik Saat Puasa

Melakukan perjalanan jauh saat puasa membutuhkan kondisi tubuh yang fit. Mengonsumsi makanan sehat menjadi tips menjelang mudik yang wajib dilakukan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 30/05/2019 . 7 menit baca

8 Tips Aman untuk Mudik Saat Puasa

Mudik bukan alasan untuk membolos puasa jika Anda sehat walafiat. Tapi ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan jika harus bepergian jauh saat puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 30/05/2019 . 5 menit baca

5 Langkah Jitu Mengatasi Mabuk Perjalanan Pada Si Kecil

Pusing, mual, dan muntah pasti membuat anak rewel dan Anda cemas. Lantas, bagaimana caranya mengatasi mabuk perjalanan pada anak ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Tips Parenting 13/03/2019 . 3 menit baca

Jangan Sampai Si Kecil Rewel Karena Mabuk Perjalanan, Ini 5 Cara Mencegahnya

Mual, pusing, dan lemah selama perjalanan pasti tidak menyenangkan. Apalagi untuk anak-anak. Lalu, bagaimana caranya mencegah mabuk perjalanan pada anak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Tips Parenting 15/02/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

obat mabuk perjalanan untuk ibu hamil

Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Anti Mabuk Saat Perjalanan Jauh?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 20/01/2020 . 4 menit baca
alasan main gadget di kendaraan bikin pusing

Alasan Medis Mengapa Main HP (atau Gadget Lainnya) di Mobil Bikin Mual

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 07/01/2020 . 3 menit baca
akupresur untuk mabuk perjalanan

4 Titik Akupresur untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 31/12/2019 . 4 menit baca
mudik saat rematik

7 Tips Mudik Lancar Bagi Penderita Rematik

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2019 . 4 menit baca