Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jangan Sampai Si Kecil Rewel Karena Mabuk Perjalanan, Ini 5 Cara Mencegahnya

Jangan Sampai Si Kecil Rewel Karena Mabuk Perjalanan, Ini 5 Cara Mencegahnya

Mabuk perjalanan adalah salah satu yang paling dicemaskan para orangtua saat membawa anaknya berpergian jauh. Ya, mabuk perjalanan pada anak bisa membuatnya tidak nyaman dan rewel sepanjang jalan. Tenang, Anda bisa dengan mudah kok mencegah mabuk perjalanan pada anak. Yuk, ketahui apa saja cara agar tidak mabuk perjalanan, supaya si kecil tetap nyaman di perjalanan.

Tips mencegah mabuk perjalanan pada anak

Mabuk perjalanan terjadi karena tercampurnya sinyal dari mata, telinga, otot, dan sendi ke otak. Informasi dari tubuh yang tidak seirama ini, menyebabkan respons tidak menyenangkan pada tubuh. Gejalanya ini akan menghilang paling lama setelah 4 jam turun dari kendaraan.

Mencegah mabuk perjalanan pada anak, sebenarnya tidak berbeda jauh penerapannya pada orang dewasa. Bedanya, anak-anak masih perlu bantuan orang lain sementara orang dewasa dapat mengatasinya sendiri dengan baik. Beberapa tips mencegah mabuk perjalanan pada anak, antara lain:

1. Pastikan posisi duduk sesuai

Tahukah Anda jika orang yang menyetir kendaraan jarang merasakan mabuk perjalanan? Ternyata ini dipengaruhi oleh bagaimana posisi duduk yang benar. Nah, anak bisa menerapkan sikap duduk ini untuk mencegah mabuk perjalanan.

Caranya, biarkan anak duduk di tengah kursi mobil bagian belakang. Posisi duduk ini membuat pandangannya lurus ke depan. Kemudian, minta anak untuk menyandarkan kepalanya ke kursi. Tujuannya, mencegah kepalanya bergerak ke depan atau ke belakang. Kepala yang terus bergerak bisa menimbulkan rasa pusing dan tidak nyaman dengan benturan-benturan.

2. Hindari bermain gadget atau membaca buku

Menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kendaraan, pasti membuat di kecil jadi bosan. Supaya hal tersebut tidak terjadi, Anda sengaja membawa buku kesukaannya atau memberinya gadget. Alih-alih membuat anak tenang, tindakan ini malah membuat gejala mabuk perjalanan jadi makin parah.

Membaca buku, melihat gambar atau film selama di perjalanan menciptakan stimulasi visual yang berlebihan yang dapat membingungkan presepsi anak dengan gerak. Akibatnya, sinyal tubuh yang dikirimkan pada otak akan berbeda-beda. Lalu harus bagaimana?

Sebaiknya, Anda mengalihkan perhatiannya dengan obrolan, permainan kata, mendengarkan musik sambil melihat jalanan, atau menyanyikan lagu bersama. Membiarkan anak tidur bisa juga bisa mengalihkannya dari mabuk perjalanan.

3. Minum obat jika perlu

Obat antimual bisa jadi solusi untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak. Anda bisa memilih antihistamin diphenhydramine (benadryl) atau dimenhydrinate (dramamine) yang aman digunakan anak. Berikan obat ini satu jam sebelum bepergian dan baca petunjuk penggunaan obat.

4. Pastikan udara selalu segar

Bau yang terlalu kuat, baik itu bau wangi atau bau tidak sedap sekali pun bisa memicu munculnya gejala mabuk perjalanan. Untuk itu, jaga selalu kesegaran udara di dalam kendaraan. Jangan membawa makanan atau sesuatu yang bisa menyebarkan bau tidak sedap di dalam mobil.

5. Perhatikan bekal makanan yang Anda bawa

Makanan sangat memengaruhi kesehatan anak selama di perjalanan. Melakukan perjalanan dengan perut kosong, bisa membuatnya lebih gampang mual. Jadi, untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak, pastikan si kecil sudah makan dengan porsi cukup supaya perutnya lebih nyaman.

Kemudian, untuk bekal perjalanan, siapkan makanan yang mudah dicerna, tidak pedas, tidak mengandung banyak minyak, dan tidak beraroma kuat. Selalu sedia permen karet, banyak air putih, permen jahe untuk mencegah mual.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What causes car sickness in children and how can I prevent it? https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/expert-answers/car-sickness-in-children/faq-20057876. Accessed on February 8th, 2019.

 Tips to Avoid Car Sickness. https://www.parents.com/fun/vacation/traveling-with-kids/tips-to-avoid-car-sickness/. Accessed on February 8th, 2019.

Motion Sickness. https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/motion-sickness/. Accessed on February 8th, 2019.


Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 08/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x