Alasan Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh Sebelum Haji dengan Latihan Fisik

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ibadah haji merupakan perjalanan indah, tapi dapat melelahkan apabila tidak melakukan persiapan yang matang. Dikatakan bahwa ibadah haji sangat menguras kesiapan fisik terutama pada wanita. Terdapat perbedaan antara persiapan pergi haji dan perjalanan jauh ke tempat lainnya. Saat melakukan ibadah haji, kesiapan fisik dan mental Anda akan lebih diuji.

Apa saja persiapan sebelum berangkat haji?

Kunci dari lancarnya ibadah haji adalah persiapan sebelum berangkat. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini sebagai panduan:

Persiapan fisik

Semua calon jemaah haji diharapkan untuk bugar karena ibadah haji dapat melelahkan bahkan untuk mereka yang berada pada kondisi tubuh terbaik. Oleh karena itu, persiapan pergi haji yang perlu Anda pertimbangkan adalah menambah aktivitas fisik. Anda direkomendasikan untuk tetap aktif, meningkatkan mobilitas, dan berolahraga.

Persiapan mental

Dengan mental yang kuat, meski mengalami hambatan atau tantangan berat, Anda akan tetap dapat memiliki tekad untuk menyelesaikan ibadah haji. Persiapan pergi haji untuk menyiapkan mental di antaranya seperti:

  • Mengetahui kebutuhan ibadah haji
  • Hindari berekspektasi lebih
  • Mencari informasi mengenai tips yang dapat membantu
  • Tetap ingat pada tujuan utama, yaitu ibadah haji meski ujian terasa berat
  • Jangan membandingkan diri dengan orang lain
  • Tetap ikut instruksi pemandu

Sebenarnya masih banyak yang perlu dipersiapkan sebelum waktu keberangkatan tiba. Persiapan fisik dan mental haji merupakan hal yang tidak dapat dilakukan secara mendadak sehingga perlu disiapkan dari jauh-jauh hari.

Mengapa kebugaran fisik menjadi persiapan pergi haji?

Anda yang rutin berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh kemungkinan besar akan menunaikan ibadah haji dengan lancar dan mudah. Oleh karena itu, penting untuk Anda agar dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran sebelum berangkat ke Mekah.

Berikut alasan mengapa Anda perlu melakukan latihan fisik atau setidaknya tetap aktif:

Berjalan dengan jarak dan durasi yang panjang

Tawaf merupakan kegiatan berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran melawan arah jarum jam. Kegiatan ini merupakan salah satu contoh yang memerlukan kebiasaan berjalan kaki dalam durasi dan jarak yang panjang. Anda mungkin akan mengalami kram jika tidak terbiasa. Untuk itu, mulai rutin berjalan di keseharian Anda sebagai persiapan pergi haji agar tidak terjadi masalah atau terjadi cedera pada kaki.

Menginap di padang Arafah

Dengan hanya memakai pakaian sederhana, pria dan wanita akan menghabiskan waktu yang panjang untuk berdoa. Saat beribadah di padang Arafah, Anda dapat menghabiskan waktu yang cukup lama karena besarnya jumlah jemaah haji. Kebugaran dan kesiapan menjadi faktor penting dalam menjalankannya.

Selain kebugaran, daya tahan tubuh pun ikut berperan penting dalam menjaga kesehatan Anda. Persiapan pergi haji berupa latihan fisik yang diimbangi dengan asupan makanan sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah terserang penyakit menular.

Pastikan untuk mengonsumsi buah, sayur, jus sehat, dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, serta asupan vitamin C dan kalsium.

Risiko terkena penyakit menular

Menurut sebuah penelitian, latihan fisik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit, termasuk yang menular melalui udara atau saluran pernapasan seperti flu.

Selain latihan fisik, Anda perlu melakukan persiapan pergi haji lain yaitu mendapatkan vaksin. Terdapat dua vaksin yang diwajibkan oleh Kemenkes dan Kemenag, yaitu vaksin meningitis dan influenza (flu). Apabila kebugaran tubuh tetap terjaga dan ditambah vaksin, kemungkinan besar Anda tidak terserang penyakit menular.

Sebaiknya pada saat menjalani ibadah haji, Anda juga rutin mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh yang mengandung vitamin C, Vitamin D, dan Zinc dalam format effervescent (tablet larut air). Selain efektif meningkatkan daya tahan tubuh, asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh pun ikut terpenuhi sehingga mencegah terjadi dehidrasi. Tidak ada salahnya membawa tambahan suplemen agar Anda dapat tetap bugar dan sehat selama menjalani ibadah haji.

Tidak jarang jemaah yang sedang melakukan ibadah haji terpaksa harus terhenti karena gangguan kesehatan. Kebugaran dan kesehatan menjadi sangat mahal apabila hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, mulai lakukan kebiasaan untuk berolahraga atau latihan fisik secara rutin. Manfaat kesehatannya kelak akan berperan penting dalam kelancaran Anda saat menjalankan ibadah haji.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
Persiapan sebelum berangkat haji

Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Berangkat Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 23 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit