home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Selain Baik untuk Mulut dan Gigi, Ini 3 Manfaat Siwak untuk Kulit

Selain Baik untuk Mulut dan Gigi, Ini 3 Manfaat Siwak untuk Kulit

Siwak adalah batang dari tanaman Salvadora persica yang banyak tumbuh pada daerah kering dan gersang di India. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai sikat gigi tradisional, bahkan diyakini lebih bermanfaat dibandingkan sikat gigi modern. Namun, tahukah Anda? Manfaat siwak kabarnya tidak sebatas untuk kesehatan gigi dan gusi saja, tapi juga kulit. Berikut penjelasannya.

Manfaat siwak untuk kulit dari berbagai kandungannya

Hampir semua penelitian tentang siwak menunjukkan bahwa tanaman ini bermanfaat bagi kesehatan gigi dan gusi, tetapi belum ada penelitian yang khusus membahas tentang manfaat siwak untuk kulit. Meski demikian, siwak memiliki beragam kandungan yang diyakini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kulit sebagai berikut.

1. Antibakteri

Siwak mengandung suatu senyawa yang aktif menghambat perkembangbiakan bakteri di dalam mulut. Bakteri-bakteri tersebut biasanya terdapat pada lubang gigi dan merupakan jenis bakteri Streptococcus mutans, Aggregatibacter actinomycetemcomitans, Porphyromonas gingivalis, dan Haemophilus influenzae.

Bakteri Haemophilus influenzae merupakan penyebab sejenis infeksi kulit yang disebut selulitis. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada area yang terinfeksi. Melalui penelitian lebih lanjut, senyawa antibakteri pada siwak mungkin saja berpotensi untuk meredakan gejala penyakit ini.

2. Membuat kulit lebih halus

Siwak mungkin dapat menjadi solusi alami bagi Anda yang ingin menjaga kehalusan kulit. Pasalnya, tanaman ini mengandung sejenis mineral penting yang disebut silika.

Selain bekerja sebagai pengikis alami noda gigi, silika juga penting untuk memelihara perkembangan tulang, kuku, rambut, serta kulit. Mineral ini biasanya lebih banyak terdapat pada kulit anak-anak, dan ini salah satu alasan mengapa anak-anak memiliki kulit yang lebih halus dibandingkan orang dewasa.

3. Merangsang pembentukan kolagen

Selain buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon, Anda pun dapat menemukan vitamin C dalam tanaman siwak. Vitamin ini diketahui dapat merangsang pembentukan kolagen, menangkal radikal bebas, serta menghambat pembentukan pigmen melanin pada kulit sehingga kelenturan dan kecerahan kulit Anda tetap terjaga.

Manfaat siwak untuk kulit memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, jadi Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya pada kulit. Meski demikian, Anda tetap dapat memperoleh manfaat siwak untuk aspek lain dalam kesehatan Anda, misalnya untuk menyikat gigi setiap hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 Amazing Health Benefits of Miswak. https://www.stylecraze.com/articles/miswak-health-benefits/#ActiveIngredientsInMiswak Diakses pada 26 Februari 2019.

Salvadora persica. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3249923/ Diakses pada 26 Februari 2019.

Haemophilus influenzae | Hib | Type of Infection and Causes. https://www.cdc.gov/hi-disease/about/types-infection.html Diakses pada 26 Februari 2019.

The Best Kept Secret for Healthy Hair, Skin, and Nails. https://www.victoriahealth.com/editorial/the-best-kept-secret-for-healthy-hair-radiant-skin-and-strong-nails Diakses pada 26 Februari 2019.

The Roles of Vitamin C in Skin Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579659/ Diakses pada 26 Februari 2019.

Cellulitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cellulitis/symptoms-causes/syc-20370762 Diakses pada 2 Maret 2019.

Biological Effects of Miswak (Salvadora persica). http://www.nchpjournals.com/manuscript/uploads/article_968.pdf Diakses pada 2 Maret 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 12/03/2019
x