home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Bahan Alami untuk Mencerahkan Warna Kulit

4 Bahan Alami untuk Mencerahkan Warna Kulit

Ada banyak cara mencerahkan kulit. Yang paling utama adalah tentu dengan menggunakan tabir surya untuk menghindari paparan sinar matahari terlalu sering. Mengenakan topi dan baju berlengan panjang serta kacamata hitam disarankan saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Namun, adakah cara mencerahkan dan memutihkan kulit secara alami dengan bahan-bahan rumahan?

Cara mencerahkan kulit secara alami

Berikut adalah bahan-bahan alami yang aman untuk Anda coba. Namun sayangnya efektivitasnya belum teruji. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut sebelum Anda mencobanya.

1. Menggunakan yogurt

Menggunakan yogurt dapat menjadi cara untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Yogurt memiliki banyak nutrisi baik untuk kulit, misalnya seperti asam laktat dan vitamin B12.

Asam laktat bersifat menyerahkan kulit. Zat ini bekerja dengan menghambat produksi tirosinase, enzim yang berfungsi untuk memproduksi melanin, yang memberi pigmen kulit.

Sedangkan kandungan vitamin B12-nya mencegah hiperpegmentasi, meningkatkan pertumbuhan sel kulit yang sehat, serta membantu meratakan warna kulit.

Anda bisa menggunakan yogurt dengan menggosokkan yogurt dengan lembut pada kulit. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan sehari sekali selama beberapa minggu untuk melihat terjadinya perubahan pada kulit.

Alternatif lain, campurkan satu sendok makan yogurt segar dengan setengah sendok makanmadu. Oleskan bahan tersebut pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bersihkan dengan air. Lakukan ini setiap hari untuk meningkatkan warna kulit Anda.

2. Menggunakan madu

Madu bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mencerahkan kulit. Bahan satu ini juga bertindak sebagai pelembap.

Kulit kering umumnya adalah salah satu faktor yang berkontribusi pada ketidakmerataan warna kulit. Madu memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu menyamarkan tanda penuaan dan luka bekas jerawat.

Sebagai cara mencerahkan warna kulit, oleskan madu murni pada wajah, biarkan selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air hangat.

Perawatan sederhana ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati, membuat kulit tampak lebih cerah dan segar dari sebelumnya. Lakukan ini setiap hari secara rutin sebelum tidur.

3. Menggunakan lemon

Sifat asam pada lemon bekerja sebagai pencerah alami untuk kulit dan tinggi akan vitamin C yang membantu pertumbuhan sel baru. Lemon juga merupakan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

Untuk menggunakan lemon sebagai cara mencerahkan kulit secara alami, celupkan kapas pada cairan lemon yang baru diperas dan oleskan langsung pada wajah Anda.

Anda bisa menggosok potongan lemon langsung pada bagian yang terinfeksi dan biarkan cairan tersebut terserap ke dalam kulit.

Diamkan setidaknya satu jam kemudian bersihkan wajah dengan air. Lakukan ini sehari sekali. Perawatan sederhana ini akan mencerahkan warna kulit Anda dan juga bisa mencegah perkembangan luka pada wajah.

4. Menggunakan timun

Timun adalah salah satu satu bahan alami yang mampu mengikat kolagen dan memastikan bahwa kulit Anda kencang serta kenyal. Kulit kenyal dan kencang sering memiliki warna kulit rata dan cerah.

Timun juga dapat memberikan efek yang menyejukkan pada kulit Anda. Sehingga, bahan ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Untuk mencerahkan kulit secara alami menggunakan timun, Anda bisa menggunakannya dengan cara meletakkan irisan mentimun langsung pada bagian kulit yang gelap. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas kulit Anda dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Yeom, G., Yun, D. M., Kang, Y. W., Kwon, J. S., Kang, I. O., & Kim, S. Y. (2011). Clinical efficacy of facial masks containing yoghurt and Opuntia humifusa Raf. (F-YOP). Journal of cosmetic science, 62(5), 505–514. Retrieved 2 July 2021.

Kannan, R., & Ng, M. J. (2008).Cutaneous lesions and vitamin B12 deficiency: an often-forgotten link. Canadian family physician Medecin de famille canadien, 54(4), 529–532. Retrieved 2 July 2021.

Smit, N., Vicanova, J., & Pavel, S. (2009). The hunt for natural skin whitening agents. International journal of molecular sciences, 10(12), 5326–5349. Retrieved 2 July 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 15/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro