Biasanya, Berapa Lama Gigi Mati Rasa Setelah Diberikan Obat Bius?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 3 Februari 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tak cuma operasi aja, tindakan seperti cabut gigi juga membutuhkan bius lokal, supaya tidak begitu sakit. Banyak yang bertanya-tanya, kalau dibius lokal ketika cabut gigi, apakah sensasi mati rasanya akan bertahan lama? Apakah efek bius setelah cabut gigi akan berlangsung lama?

Efek bius setelah cabut gigi bikin mati rasa

Saat Anda pergi ke dokter gigi dan melakukan beberapa prosedur medis seperti cabut gigi, dokter akan memberikan suntikan bius lokal. Nah biasanya, bius atau anestesi lokal yang diberikan ini dipilih sesuai prosedur yang akan Anda jalani.

Umumnya, obat bius yang diberikan adalah Novocaine karena menimbulkan efek yang paling pendek. Efek bius setelah cabut gigi yang satu ini akan berlangsung selama 30 sampai 60 menit. Namun, jika Novocaine diberikan bersamaan dengan epinefrin atau dikenal juga sebagai adrenalin efeknya bisa lebih lama yaitu sekitar 90 menit.

Akan tetapi, sebenarnya efek mati rasa akibat Novocaine ini tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis prosedur yang dilakukan, area yang perlu dimatikan sensasi rasanya, dan jumlah saraf yang perlu diblokir.

Selain itu, efek bius setelah cabut gigi ini sangat beragam pada tiap orangnya. Di dalam tubuh, Novocaine diproses oleh enzim yang dikenal dengan nama pseudocholinesterase. Nah, sekitar 1 dari setiap 5.000 orang mengalami kelainan genetik yang membuat tubuhnya kekurangan enzim tersebut. Hal ini membuat mereka tidak bisa memecah Novocaine dan obat-obatan serupa. Akibatnya, efek Novocaine bisa bertahan jauh lebih lama.

Infeksi pada gigi juga sangat memengaruhi kerja Novocaine. Pasalnya, infeksi menyebabkan kondisi di sekitar menjadi lebih asam dan menghambat kerja obat bius yang diberikan.  Terakhir, seperti yang telah disebutkan di awal bahwa kombinasi Novocaine dan epinefrin sangat menentukan lamanya waktu Anda merasakan mati rasa.

Hal ini karena epinefrin menyebabkan pembuluh darah mengecil sehingga mengurangi aliran darah di sekitar tempat suntikan. Oleh sebab itu, efek obat bius setelah cabut gigi menjadi lebih lama dari yang seharusnya.

Cara menghilangkan efek bius setelah cabut gigi

obat bius total

Biasanya, efek bius setelah cabut gigi akan menghilang perlahan, karena obat terbawa ke dalam aliran darah. Namun, karena mati rasa kerap membuat mulut tidak nyaman, ada cara untuk menghilangkan efek obat bius ini dengan lebih cepat.

Caranya dengan memberikan Phentolamine mesylate (OraVerse) yang akan diberikan dokter setelah prosedur selesai. Zat ini mampu mengusir sensasi mati rasa. Dikutip dari Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa OraVerse aman digunakan dan tidak berinteraksi negatif dengan obat-obatan lain.

Jika rasa baal sudah hilang, Anda tak perlu khawatir lagi akan sariawan atau luka akibat menggigit lidah atau pipi bagian dalam secara tak sengaja. Selain itu, hal ini juga membantu Anda untuk bisa kembali makan dan berbicara dengan normal dalam 1 jam. Namun perlu diperhatikan obat ini tidak direkomendasikan untuk anak usia lebih dari 3 tahun atau dengan berat badan yang kurang dari 15 kilogram.

Bius lokal biasanya dapat hilang lebih cepat jika Anda melakukan aktivitas fisik setelah perawatan. Ini karena aktivitas fisik akan meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Namun, Anda tetap perlu menanyakan terlebih dahulu ke dokter apakah Anda boleh langsung berolahraga ringan pasca prosedur atau tidak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gigi Gingsul, Lebih Baik Dibiarkan atau Dicabut?

Gigi gingsul dianggap sebagai sesuatu yang unik dan menggemaskan bagi sebagian orang. Namun, gigi gingsul sebaiknya dibiarkan atau dicabut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut 10 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Amankah Melakukan Prosedur Cabut Dua Gigi Geraham Sekaligus?

Terkadang demi menjaga kesehatan gigi, Anda perlu melakukan cabut gigi geraham sekaligus. Namun, bagaimana keamanan dan risikonya?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 22 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Mati Rasa di Kepala Bisa Terjadi? Kenali Yuk Apa Saja Penyebabnya!

Mati rasa di kepala memang termasuk kondisi yang langka, tetapi tidak boleh disepelekan. Oleh karena itu, kenali apa saja yang menjadi penyebab kondisi ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Otak dan Saraf 16 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Kondisi yang Membuat Wajah Mati Rasa Sebelah

Mati rasa pada sebelah bagian wajah terjadi ketika saraf wajah mengalami kerusakan. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Otak dan Saraf 6 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Bius

Setelah Operasi, Berapa Lama Efek Obat Bius Bertahan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
cabut gigi

Perawatan Setelah Cabut Gigi, Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Anda Lakukan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
kesemutan

Berbagai Penyebab Kesemutan yang Mungkin Anda Alami dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit
penyebab mati rasa

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Mati Rasa pada Kaki dan Tangan

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 22 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit