Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah sakit kepala Anda tak kunjung hilang setelah beberapa hari lalu cabut gigi? Ya, ada beberapa orang yang mengalami sakit kepala setelah cabut gigi. Sakit kepala yang dirasakan pun beragam, dari ringan hingga tak tertahankan dan tak kunjung mereda. Sebenarnya, kenapa bisa timbul sakit kepala setelah cabut gigi? Apa yang harus dilakukan jika mengalami kondisi tersebut? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Mengapa saya sakit kepala setelah cabut gigi?

Pada dasarnya, tak semua orang mengalami sakit kepala setelah melakukan pencabutan gigi. Jika Anda mengalami hal ini, maka ada gangguan atau masalah yang terjadi setelah Anda mencabut gigi. Pasalnya, prosedur cabut gigi tidak akan langsung menyebabkan kepala menjadi sakit. Lantas, apa penyebabnya?

1. Otot-otot wajah tegang

Otot di sekitar mulut, leher, wajah, dan kepala adalah otot yang sama. Jadi, ketika salah satu bagian otot tegang, ini tentu akan memengaruhi otot lainnya bahkan hingga otot kepala. Terkadang, ketika melakukan proses cabut gigi, tanpa sadar otot-otot rahang dan mulut menegang.

Karena terlalu tegang, maka akan menimbulkan kram. Hal ini yang kemudian memengaruhi otot bagian kepala dan akhirnya timbul sakit kepala setelah cabut gigi. Selain sakit kepala, Anda juga mungkin merasakan rahang terasa sakit atau pegal. 

Ketegangan ini juga bisa menjadi makin parah kalau Anda takut cabut gigi. Rasa takut ini bisa mengakibatkan otot-otot di sekitar mulut dan wajah tambah tegang. Karena itu, usahakan untuk percaya pada dokter gigi Anda untuk melakukan prosedur dengan aman. Ingatkan juga diri Anda sendiri bahwa cabut gigi memang perlu dilakukan kalau dokter sudah menyarankannya. Justru kalau tidak dicabut, Anda mungkin akan mendapatkan masalah yang jauh lebih menyakitkan lagi.

2. Gangguan saraf

Setelah cabut gigi, Anda bisa saja mengalami gangguan saraf. Biasanya, gejala yang dialami dari sensasi baal pada lidah, gusi, gigi, hingga sakit kepala. Kondisi ini dapat terjadi dalam hitungan hari atau minggu setelah pencabutan gigi.

Namun, kondisi ini cukup jarang terjadi. Bila memang Anda merasakan gejala atau tanda tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Apa yang harus saya lakukan jika mengalami sakit kepala setelah cabut gigi?

Pada dasarnya, sakit kepala yang Anda rasakan bisa saja disebabkan juga dari kondisi lainya, tak hanya karena ada masalah pada gigi dan mulut. Maka itu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, agar diketahui dengan pasti apa penyebab dari gejala tersebut.

Untuk mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan, sementara gunakan obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol (acetaminophen) atau ibuprofen. Anda juga bisa memijat lembut daerah leher dan kepala untuk mengurangi rasa sakit dengan cepat. Pijatan bisa melancarkan aliran darah sehingga rasa sakit berkurang. 

Bila memang sakit kepala tak kunjung berhenti dan terus muncul, maka jangan menunda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Biasanya, jika memang sakit kepala diakibatkan oleh infeksi, maka dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mengatasi infeksi yang Anda alami.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penyakit pada Kuku yang Perlu Diwaspadai

Penyakit kuku, mulai dari penampakannya yang aneh atau sekadar mudah patah, bisa berarti ada masalah juga pada kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Tiara Putri
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit