Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Odontoma (Tumor Gigi)

    Odontoma (Tumor Gigi)

    Tumor atau neoplasma merupakan kondisi ketika jaringan tumbuh akibat pembelahan sel yang tidak normal. Pertumbuhan jaringan dapat menimbulkan benjolan pada area yang terdampak. Kondisi ini bisa mengenai bagian tubuh mana saja, tak terkecuali pada gigi yang juga dikenal dengan nama odontoma.

    Apa itu odontoma?

    sakit gigi tak kunjung sembuh

    Odontoma adalah gangguan kesehatan berupa kemunculan tumor pada akar gigi. Odontoma merupakan salah satu jenis tumor odontogenik, yakni tumor yang menyerang jaringan penting dalam pertumbuhan gigi.

    Tumor ini terbentuk dari pertumbuhan struktur gigi yang keluar jalur, tepatnya pada lapisan email dan jaringan dentin gigi. Namun, tumor terkadang juga bisa mengandung jaringan pulpa.

    Dengan kata lain, tumor pada gigi mengandung jaringan yang biasanya juga terdapat dalam jaringan penyusun gigi.

    Orang awam mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan tumor gigi. Tumor pada gigi terbagi lagi atas dua jenis sebagai berikut.

    • Odontoma compound: jenis tumor yang paling sering ditemukan dengan bentuk menyerupai gigi normal.
    • Odontoma kompleks: ditandai dengan pertumbuhan tumor gigi yang tidak beraturan.

    Tumor gigi dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi lebih sering terdiagnosis pada usia sekitar 1115 tahun.

    Gejala odontoma

    odontoma

    Pasien yang memiliki odontoma umumnya tidak merasakan gejala. Tumor ini tumbuh dengan lambat dan ukurannya jarang melebihi ukuran gigi.

    Namun, bila tumor mulai membesar, benjolan bisa saja meluas ke tulang kortikal mulut sehingga mengganggu pertumbuhan atau keluarnya gigi permanen pada anak-anak. Biasanya, gigi taring merupakan gigi yang rentan terkena kondisi ini.

    Selain benjolan, beberapa gejala lain yang dapat muncul yakni rasa sakit pada gigi, rahang nyeri, serta rasa tidak nyaman di sekitar rahang dan gigi.

    Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah perburukan tumor gigi dan komplikasinya. Jadi, konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin untuk mencegah kondisi serius ini.

    Jika Anda mengalami gejala yang disebutkan atau memiliki pertanyaan seputar kondisi yang Anda rasakan, konsultasikanlah pada dokter.

    Penyebab tumor pada gigi

    Hingga kini, belum diketahui secara pasti mengapa odontoma terjadi dan faktor apa saja yang membuat seseorang lebih berisiko terhadap penyakit ini.

    Namun, odontoma kemungkinan muncul karena infeksi gigi dan/atau trauma pada gigi di area tumbuhnya tumor. Selain itu, impaksi gigi dan kelainan genetik juga bisa meningkatkan risikonya.

    Bagaimana dokter mendiagnosis kondisi ini?

    Jaringan abnormal yang tumbuh pada gigi biasanya tidak menunjukkan gejala eksternal. Tumor baru terlihat ketika Anda melakukan pemeriksaan rontgen gigi oleh dokter gigi.

    Adanya gigi yang tidak muncul ke permukaan atau absennya gigi menunjukkan bahwa Anda mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Bila ditemukan adanya kemungkinan tumor, Anda harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan jenis tumor sebelum tindakan lebih lanjut diambil.

    Selain itu, diagnosis sel-sel (histologis) jaringan yang diambil juga dapat memberikan informasi penting bagi dokter gigi dalam mendiagnosis.

    Berikut merupakan beberapa tes yang biasanya dilakukan dokter untuk mendiagnosis gangguan kesehatan ini.

    • Histologi odontoma: pemeriksaan tingkat sel untuk mengetahui apakah pulpa, dentin, enamel, dan sementum memiliki bentuk yang normal atau tidak.
    • CT scan: pengambilan gamba menggunakan sinar-X yang ditingkatkan dengan bantuan komputer. Pencitraan teknologi canggih ini membantu dokter mempelajari jaringan tumor sebelum melakukan operasi untuk mengangkatnya.

    Setiap formasi unik dan letak jaringan gigi dapat menentukan jenis struktur tumor. Terkadang, odontoma kompleks dapat meluas ke rongga hidung dan membutuhkan perawatan khusus.

    Penting untuk melakukan pemeriksaan lengkap di luar x-ray sederhana untuk mendapatkan informasi tambahan ini. Terkadang, pencitraan magnetic (MRI) juga dianjurkan untuk memperoleh analisis menyeluruh dari massa tumor yang bersifat kompleks.

    Apa saja pengobatan yang tersedia?

    gigi bungsu harus dicabut

    Satu-satunya pengobatan untuk tumor gigi yakni pengangkatan dengan operasi. Semakin cepat tumor terdeteksi, semakin tinggi peluang keberhasilan pengobatan.

    Pengobatan lebih awal juga membuat kondisi ini lebih mudah ditangani dan membawa keuntungan bagi pasien.

    Tumor gigi merupakan tumor jinak yang terbentuk dari jaringan gigi. Dalam kebanyakan kasus, pengangkatannya pun cukup sederhana. Biasanya, pemulihan yang terjadi juga cukup cepat.

    Meski begitu, beberapa tumor kompleks dapat menyebabkan komplikasi setelah pengangkatan. Untuk itu, penting untuk berkomunikasi dengan dokter bedah mulut Anda.

    Karena penyebab dan pemicu odontoma belum diketahui, belum jelas gaya hidup seperti apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya. Begitu pula pengobatan di rumah yang dapat dilakukan.

    Apabila Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Nelson, B. L., & Thompson, L. D. (2010). Compound odontoma. Head and neck pathology, 4(4), 290–291. Retrieved March 8, 2022.

    Compound Odontoma – Diagnosis and Treatment. (n.d.). American Academy of Pediatric Dentistry. Retrieved March 8, 2022, from http://www.aapd.org/assets/1/25/deOlivera-23-02.pdf

    Jaw Tumors and Cysts. (2022). Mayo Clinic. Retrieved March 8, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/jaw-tumors-cysts/symptoms-causes/syc-20350973

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Apr 08
    Ditinjau secara medis oleh drg. Farah Nadiya
    Next article: