home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Odontoma (Tumor Gigi)

Definisi|Tanda-Tanda dan Gejala|Penyebab|Faktor Pemicu|Diagnosis dan Pengobatan|Pencegahan
Odontoma (Tumor Gigi)

 

 

Definisi

Apa itu odontoma?

Odontoma adalah tumor odontogenik yang paling sering ditemukan. Tumor ini terbentuk dari pertumbuhan enamel dan dentin gigi yang keluar jalur, namun bisa juga mengandung jaringan pulpa. Dengan kata lain, tumor ini mengandung jaringan yang biasanya juga terdapat pada penyusun gigi.

Orang awam mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan tumor gigi. Biasanya, kondisi ini jarang menimbulkan gejala.

Odontoma terbagi atas dua macam, yaitu:

  • Odontoma compound. Bentuk tumor yang dapat menyerupai gigi normal. Ini merupakan bentuk odontoma yang paling sering ditemukan.
  • Odontoma kompleks. Bentuk pertumbuhan tumor gigi yang tidak beraturan

Seberapa umumkah odontoma?

Kondisi ini merupakan jenis tumor odontogenik yang paling umum dan biasanya terdiagnosis pada usia sekitar 11-15 tahun.

Namun, ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala odontoma?

Ada banyak gejala kondisi ini yang sering kali tidak dihiraukan. Salah satunya adalah tertundanya kemunculan gigi dewasa atau gigi tetap. Terkadang, orang menganggap remeh kejadian ini.

Benjolan di gusi juga bisa jadi merupakan salah satu tanda dan gejalanya. Gigi taring adalah gigi yang paling sering terkena kondisi ini.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah memburuknya tumor gigi dan keadaan darurat medis lainnya. Jadi, konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin untuk mencegah kondisi serius ini.

Jika Anda mengalami tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apa pun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi?

Tidak ada yang mengetahui secara pasti mengapa odontoma terjadi, tetapi infeksi dan/atau trauma di tempat tumor tumbuh bisa menjadi penyebabnya.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat seseorang berisiko terkena tumor gigi?

Hingga saat ini, belum diketahui faktor apa saja yang membuat seseorang berisiko terhadap odontoma atau tumor gigi.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana odontoma didiagnosis?

Jaringan abnormal yang tumbuh ini biasanya tidak menunjukkan gejala eksternal. Tumor ini terungkap ketika melakukan pemeriksaan x-ray di dokter gigi. Adanya gigi yang tertunda atau absennya gigi dapat menunjukkan bahwa Anda mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Adanya tumor dari gigi membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan jenis tumor sebelum tindakan lebih lanjut diambil. Selain itu, diagnosis sel-sel (histologis) jaringan yang diambil juga dapat memberikan informasi berharga bagi dokter gigi dalam mendiagnosis.

Berikut ada beberapa tes yang dapat digunakan untuk mendiagnosis keadaan ini:

Histologi Odontoma

Ketika diperiksa pada tingkat sel, dapat ditemukan pulpa, dentin, enamel, dan sementum yang dapat menyerupai bentuk normal maupun tidak.

CT scan untuk Odontoma

CT scan mengacu pada gambar yang didapat dengan x-ray yang ditingkatkan dengan tomografi komputer (pandangan bagian berlapis). Pencitraan teknologi canggih ini membantu dokter gigi untuk melihat apa yang berada di dalam tumor sebelum melakukan operasi untuk mengangkatnya.

Setiap formasi unik dan pengaturan jaringan gigi dapat menentukan jenis strukturnya. Terkadang odontoma kompleks dapat meluas ke rongga hidung dan membutuhkan perhatian khusus. Penting untuk melakukan pemeriksaan lengkap di luar x-ray sederhana untuk mendapatkan informasi tambahan ini. Terkadang pencitraan magnetic juga dianjurkan (MRI) untuk memperoleh analisis menyeluruh dari massa yang bersifat kompleks.

Apa saja pengobatan untuk tumor gigi ini?

Satu-satunya pengobatan nyata untuk tumor gigi ini adalah pengangkatan dengan operasi. Penemuan dan pengobatan dini akan membuat kondisi ini dapat ditangani dengan segera dan membawa keuntungan bagi pasien.

Tumor gigi ini merupakan tumor jinak yang dibentuk dari jaringan gigi. Dalam kebanyakan kasus pun, pengangkatannya cukup sederhana. Biasanya, pemulihan yang terjadi juga cukup cepat.

Meski begitu, beberapa tumor kompleks dapat menyebabkan komplikasi setelah pengangkatan. Untuk itu, penting untuk berkomunikasi dengan dokter bedah Anda.

Pencegahan

Apa saja pencegahan dan pengobatan odontoma yang bisa dilakukan?

Karena penyebabnya dan pemicunya belum diketahui, belum jelas gaya hidup seperti apa yang harus dilakukan dan pengobatan di rumah yang bagaimana yang dapat dilakukan.

Apabila Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Odontoma. http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/odontoma. Accessed December 2, 2016.

Odontoma. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2996496/. Accessed December 2, 2016.

Compound odontoma – diagnosis and treatment:
three case reports. http://www.aapd.org/assets/1/25/deOlivera-23-02.pdf. Accessed December 2, 2016.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rena Widyawinata Diperbarui 11/05/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x