home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Gigi Terasa Ngilu Saat Makan atau Minum yang Dingin?

Kenapa Gigi Terasa Ngilu Saat Makan atau Minum yang Dingin?

Pernahkah mengalami gigi ngilu setelah makan es krim? Mungkin Anda bertanya kenapa gigi sebagian orang bisa terasa ngilu setelah makan atau minum yang dingin, sedangkan beberapa yang lain tidak ngilu sama sekali.

Nah, jika Anda mengalami hal yang sama, yuk ketahui penjelasannya di bawah ini. Siapa tahu kondisi ini bisa diatasi dengan cara yang tepat.

Alasan kenapa gigi terasa ngilu saat menikmati makanan dan minuman dingin

kenapa gigi ngilu

Gigi ngilu merupakan salah satu gejala gigi sensitif. Biasanya, gigi sensitif ditandai dengan rasa kurang nyaman setelah makan atau minum sesuatu yang dingin. Biasanya timbul rasa ngilu tiba-tiba. Bahkan, tingkat sensitifnya bisa ringan, sedang, hingga berat.

Lantas, kenapa gigi begitu ngilu setelah mengonsumsi makanan atau minuman dingin? Sensitivitas gigi terjadi ketika lapisan pada bagian tengah gigi (dentin) terbuka akibat berkurangnya jaringan gusi. Jaringan gusi ini berperan sebagai pelindung untuk menutupi jaringan gigi di bawahnya.

Akar gigi yang terekspos ini disebabkan jaringan gusi yang menurun. Ini menjadi alasan kenapa gigi terasa ngilu karena akar gigi mengarah ke pusat saraf gigi atau pulpa. Gusi yang menurun ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut.

  • Sikat gigi yang terlalu agresif dalam waktu lama
  • Plak gigi yang menumpuk dan mengeras
  • Kebiasaan merokok

Menurut Californian Dental Association, berkurangnya jaringan gusi ini juga dipengaruhi oleh faktor usia. Orang dewasa yang memasuki usia 40 tahun biasanya mengalami hal ini dan ini adalah proses alami pada tubuh.

Bisa jadi, usia juga menjadi salah satu faktor mengapa seseorang bisa mengalami gigi sensitif.

Gigi sensitif juga bisa disebabkan oleh enamel terkikis

gusi bengkak

Namun, adakah sebab lain kenapa gigi ngilu saat konsumsi minuman atau makanan dingin? Selain jaringan gusi yang berkurang, gigi sensitif juga disebabkan oleh enamel yang terkikis pada permukaan gigi. Enamel bertugas untuk melapisi gigi. Enamel juga merupakan jaringan paling keras pada gigi.

Enamel adalah salah satu pelindung paling kuat, karena gigi bersentuhan dengan makanan atau minuman beragam rasa, mulai dari asam, pahit, manis, hingga asin.

Enamel juga melindungi gigi saat berkenaan dengan makanan atau minuman panas atau dingin. Ia juga memberikan proteksi saat gigi menggigit, mengunyah, dan menggertak.

Meskipun begitu kuat, sebaiknya Anda tetap memperhatikan konsumsi makanan dan minuman karena ini berpengaruh pada enamel gigi.

Mengutip dari laman Mouth Healthy, makanan dan minuman yang asam bissa menjadi faktor pemicu terkikisnya atau erosi enamel gigi. Gigi akan lebih sensitif ketika bersinggungan dengan makanan atau minuman dingin.

Ini mungkin menjadi jawaban Anda kenapa gigi terasa ngilu setelah makan es krim atau minum minuman dingin. Nah, tapi apakah ada cara untuk mengurangi gigi ngilu?

Cara mengatasi rasa ngilu akibat gigi sensitif

Menikmati makanan dan minuman tanpa terganggu gigi ngilu, pasti menjadi keinginan setiap orang. Cara untuk mengatasi gigi sensitif adalah dengan meredakan rasa sakitnya.

Anda perlu memilih produk perawatan gigi yang tepat untuk membantu penanganan gigi sensitif. Pilih pasta gigi yang diformulasikan untuk mengatasi rasa ngilu pada gigi sensitif. Anda juga bisa memilih kandungan eucalyptus dan fennel yang terkandung di dalam pasta gigi.

Kandungan eucalyptus, berdasarkan laman Healthline, mampu memberikan menjaga kesegaran dan mencegah aroma tidak sedap pada mulut. Sementara itu fennel atau biji adas, merupakan biji kering yang juga digunakan sebagai obat herbal.

Fennel memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba yang bertanggung jawab untuk melindungi kesehatan gigi, sekaligus menjaga kebersihan gigi.

Biji adas bekerja dengan mengurangi plak pada gigi yang bisa menimbulkan komplikasi gigi ngilu, karena penurunan jaringan gusi ketika mengonsumsi makanan dan minuman dingin.

Kini, pertanyaan sudah terjawab kenapa Anda bisa mengeluhkan gigi ngilu saat menyantap makanan ataupun minuman dingin. Jangan lupa untuk memilih pasta gigi yang tepat agar Anda bisa tetap menikmati makanan dan minuman tanpa lagi terganggu oleh gigi sensitif.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Teeth Sensitivity. (n.d.). Retrieved March 30, 2020, from Cleveland Clinic website: https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/10954-teeth-sensitivity

Receding Gums: Causes, Symptoms, Diagnosis, and More. (n.d.). Retrieved March 30, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/dental-oral-health-receding-gums#causes

Receding Gums. (n.d.). Retrieved March 30, 2020, from http://www.cda.org/Portals/0/pdfs/fact_sheets/receding_gums_english.pdf

Tooth Enamel Erosion and Restoration. Retrieved March 30, 2020, from WebMD website: https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-enamel-erosion-restoration#1

Foods and Beverages That Can Cause Tooth Erosion. (2019). Retrieved March 30, 2020, from Mouthhealthy.org website: https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/e/dietary-acids-and-your-teeth

Agarwal, R., & Lakshmi.T. (2013). Eucalyptus oil in dentistry: A mini Review. International Journal of Drug Development and Research5(4). Retrieved from https://www.ijddr.in/abstract/eucalyptus-oil-in-dentistry-a-mini-review-5744.html

EFFECT OF CHEWING FENNEL AND CARDAMOM SEEDS ON DENTAL PLAQUE AND SALIVARY pH – A RANDOMIZED CONTROLLED TRIAL | INTERNATIONAL JOURNAL OF PHARMACEUTICAL SCIENCES AND RESEARCH. (n.d.). Retrieved March 30, 2020, from https://ijpsr.com/bft-article/effect-of-chewing-fennel-and-cardamom-seeds-on-dental-plaque-and-salivary-ph-a-randomized-controlled-trial/?view=fulltext

9 Amazing Eucalyptus Oil Benefits You Need to Know. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.healthline.com/health/9-ways-eucalyptus-oil-can-help#breath-freshener

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x