Hidup dengan diabetes? Anda tidak sendiri. Ikut komunitas kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Mudah untuk Menurunkan Kadar Insulin Dalam Tubuh

6 Cara Mudah untuk Menurunkan Kadar Insulin Dalam Tubuh

Insulin berperan penting dalam menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Namun, resistensi insulin bisa saja membuat kadar insulin dalam tubuh terlalu tinggi. Karena resistensi insulin itu pula, tubuh tidak dapat merespons insulin dan akhirnya timbul lonjakan gula darah yang tinggi. Kondisi ini tentu tidak baik bagi tubuh karena dapat menyebabkan peradangan serius. Lantas, bagaimana cara menurunkan kadar insulin dalam tubuh agar tetap stabil?

Cara menurunkan kadar insulin dalam tubuh

Agar tidak menimbulkan masalah kesehata, berikut cara menurunkan kadar insulin yang bisa Anda lakukan:

1. Coba diet rendah karbohidrat

Dari tiga macam zat gizi makro yang Anda makan yaitu karbohidrat, protein dan, lemak, karbohidrat yang menyumbang gula paling banyak bagi tubuh.

Salah satu cara bila Anda ingin menurunkan kadar insulin dalam tubuh adalah dengan menerapkan diet rendah karbohidrat.

Pasalnya, asupan gula yang rendah dari sumber karbohidrat secara tidak langsung akan menurunkan kadar insulin dalam tubuh Anda. Banyak penelitian yang juga telah membenarkan hal ini.

Bahkan, orang dengan kondisi resistensi insulin dalam tubuhnya seperti sindrom metabolik dan sindrom ovarium polikistik (PCOS) berhasil menurunkan kadar insulin dalam tubuhnya berkat diet rendah karbohidrat.

Menurut penelitian dari American Oil Chemists Society, diet rendah karbohidrat mampu menurunkan kadar insulin lebih rendah, yakni sekitar 50%, daripada dengan diet rendah lemak.

Diet rendah lemak hanya bisa menurunkan kadar insulin hingga 19 persen.

2. Pilih makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah

Melakukan diet rendah karbohidrat bukan berarti Anda benar-benar menghilangkan sumber gula dari makanan sehari-hari karena gula masih berguna sebagai sumber energi pada tubuh.

Oleh karena itu, coba pilah-pilah makanan apa saja yang bisa menjaga kadar gula darah tetap rendah.

Pasalnya, makanan ini juga yang bisa membantu menjaga kadar insulin dalam tubuh tetap stabil.

Makanan yang bisa membantu menstabilkan kadar insulin, dikenal sebagai makanan dengan nilai indeks glikemik (IG) rendah.

Beberapa contohnya seperti buah alpukat, apel, jeruk, wortel, bawang putih, selai kacang, dan cuka.

3. Olahraga rutin

Mungkin cara untuk menurunkan kadar insulin yang satu ini sudah sering Anda dengar. Ya, olahraga yang rutin dilakukan nyatanya memang ampuh untuk menurun kadar insulin dalam tubuh Anda.

Penelitian dari American Geriatrics Society juga meyakini bahwa olahraga aerobik sangat efektif untuk mengoptimalkan kerja insulin pada orang yang memiliki obesitas ataupun diabetes tipe 2.

Terlebih jika Anda mengombinasikan olahraga aerobik ini dengan latihan ketahanan. Jenis latihan tersebut akan semakin menstabilkan kadar insulin dalam tubuh Anda.

4. Perbanyak konsumsi serat larut air

Ada banyak manfaat yang Anda peroleh dengan makan makanan yang mengandung serat larut air, seperti membantu menurunkan kadar gula darah dan berat badan.

Serat larut air adalah salah satu jenis serat yang mudah dicerna tubuh, karena sesuai namanya, serat ini larut dalam air. Serat jenis ini akan menyerap air dan kemudian berubah bentuk menjadi gel.

Dengan makan sumber serat larut air, tubuh akan merasa lebih kenyang sehingga kadar gula darah dan insulin juga tetap terjaga dengan baik.

Tak hanya itu, serat larut air juga berguna untuk memberi makan bakteri baik yang hidup di dalam usus besar Anda, sehingga bisa meningkatkan kesehatan usus dan menjaga kadar insulin dalam tubuh.

5. Hindari gaya hidup sedenter

Cara lain yang bisa dengan mudah Anda lakukan demi menurunkan kadar insulin yakni dengan meninggalkan gaya hidup sedenter alias malas gerak.

Tidak harus dengan cara yang sulit, Anda bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan santai dalam frekuensi yang cukup sering. Cara ini disinyalir lebih baik dibandingkan jika Anda hanya duduk diam dalam waktu yang lama.

Sebuah studi menemukan bahwa kadar insulin dalam tubuh wanita yang berjalan kaki selama 20 menit setelah makan lebih cepat turun dibandingkan wanita yang tidak berjalan kaki usai makan.

Selain berguna untuk menurunkan kadar insulin, berjalan kaki juga bermanfaat untuk menurunkan lemak tubuh sehingga membuat Anda terlihat lebih bugar.

6. Minum teh hijau

Menurut penelitian dari Diabetes and Metabolism Journal, seseorang yang minum teh hijau setiap hari memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan seseorang yang minum kurang dari satu cangkir teh hijau dalam seminggu.

Diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat resistensi insulin pada tubuh.

Maka secara tidak langsung, teh hijau berpengaruh pada penurunan resistensi insulin yang akan membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2.

Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kadar insulin yang tinggi pada sekelompok orang secara berangsur-angsur semakin menurun setelah rutin minum teh hijau selama 12 bulan.

Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Volek, J., Phinney, S., Forsythe, C., Quann, E., Wood, R., Puglisi, M., Kraemer, W., Bibus, D., Fernandez, M. and Feinman, R., 2008. Carbohydrate Restriction has a More Favorable Impact on the Metabolic Syndrome than a Low Fat Diet. Lipids, 44(4), pp.297-309. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19082851 

Ryan, A., Ge, S., Blumenthal, J., Serra, M., Prior, S. and Goldberg, A., 2014. Aerobic Exercise and Weight Loss Reduce Vascular Markers of Inflammation and Improve Insulin Sensitivity in Obese Women. Journal of the American Geriatrics Society, 62(4), pp.607-614. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24635342 

14 Ways to Lower Your Insulin Levels. Retrieved 9 March 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/14-ways-to-lower-insulin 

How Can I Lower My Insulin Levels?. Retrieved 9 March 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/320983.php 

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 09/03/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x