home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengulas 3 Manfaat Binahong untuk Penderita Diabetes

Mengulas 3 Manfaat Binahong untuk Penderita Diabetes

Berbagai tumbuhan sering kali digunakan sebagai pengobatan alami diabetes, tak terkecuali daun binahong. Daun binahong yang mudah ditemukan di Indonesia ini telah lama dipercaya bermanfaat dalam mengatasi dan mencegah penyakit diabetes. Namun, apakah anggapan itu telah terbukti secara ilmiah? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat daun binahong untuk diabetes

Daun binahong merupakan tanaman merambat berwarna hijau dengan daun berbentuk lonjong atau berbentuk hati yang banyak ditemukan di Indonesia.

Tanaman dengan nama latin Anredera cordifolia ini telah lama digunakan sebagai salah satu pengobatan tradisional untuk mengatasi diabetes.

Berbagai penelitian pun telah menunjukkan bahwa daun binahong memiliki manfaat untuk membantu mengatasi dan mencegah penyakit diabetes.

Dirangkum dari beberapa penelitian, berikut ini adalah berbagai manfaat daun binahong yang berkaitan dengan penyakit diabetes.

1. Menurunkan gula darah

gula darah normal

Manfaat daun binahong yang satu ini telah dibuktikan dalam penelitian pada hewan percobaan maupun manusia.

Penelitian pada tikus percobaan

Journal of Pharmacognosy & Natural Products yang dipublikasikan pada 2017 memaparkan studi tentang sifat antidiabetik pada flavonoid dalam ekstrak daun binahong.

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus diabetes yang diberikan ekstrak daun binahong selama dua minggu atau 14 hari.

Hasilnya, gula darah tikus percobaan tersebut berhasil menurun, terutama pada hewan yang diberikan ekstrak daun binahong sebanyak 50 dan 100 mg/kgBB.

Penelitian pada manusia

Senada dengan hasil studi di atas, Journal of Nutrition College tahun 2018 memaparkan sebuah penelitian yang membahas tentang pengaruh daun binahong terhadap kadar gula darah puasa wanita dewasa.

Studi tersebut dilakukan pada 22 wanita dewasa berusia 34-53 tahun yang diberikan rebusan daun binahong sebanyak 155 g/70kgBB selama 14 hari.

Hasilnya, gula darah puasa wanita dewasa mengalami penurunan setelah mengonsumsi rebusan daun binahong selama 14 hari.

Artinya, daun binahong mungkin memiliki manfaat sebagai obat alami untuk membantu mengatasi dan mencegah diabetes.

2. Menyembuhkan luka diabetes

luka diabetes

Manfaat daun binahong dalam penyembuhan luka telah dibahas di berbagai penelitian pada hewan percobaan.

Salah satu hasil penelitian dipaparkan dalam Althea Medical Journal pada 2014 membahas tentang pengaruh pasta daun binahong terhadap penyembuhan luka tikus percobaan.

Studi tersebut memperlihatkan bahwa daun binahong yang dihancurkan dan ditambahkan air (dijadikan pasta) dapat mempercepat penyembuhan luka pada tikus percobaan.

Bukti lain menunjukkan manfaat daun binahong untuk penyembuhan luka, khususnya luka diabetes, terlihat dalam penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia.

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus percobaan yang mengidap diabetes melitus dan memiliki luka akibat penyakitnya.

Luka tersebut kemudian diberikan ekstrak etanol daun binahong yang dicampurkan ke dalam produk gel tertentu.

Hasilnya, gel dengan konsentrasi ekstrak binahong sebanyak 10% dan 30% efektif digunakan untuk penyembuhan luka diabetes pada tikus.

Hasil penelitian tersebut memang terlihat menjanjikan, tetapi studi lanjutan pada manusia perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat binahong dalam menyembuhkan luka diabetes.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

mencegah hipertensi

Manfaat daun binahong lainnya yang baik untuk pasien diabetes adalah kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Ketika mengidap diabetes, Anda perlu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Ini karena tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes berupa penyakit kardiovaskular.

Manfaat daun binahong dalam menurunkan tekanan darah terbukti dalam penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research.

Studi tersebut meneliti adanya sifat antihipertensi dalam ekstrak daun binahong yang diuji pada tikus percobaan.

Hasilnya, ekstrak daun binahong dengan dosis 50 mg/kgBB terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada tikus percobaan.

Meskipun begitu, studi tambahan perlu dilakukan pada manusia sebab penelitian di atas hanya membuktikan sifat antihipertensi daun binahong pada hewan percobaan.

Tips aman menggunakan daun binahong sebagai obat alami diabetes

Manfaat binahong untuk diabetes

Daun binahong sebagai obat alami yang membantu mengatasi diabetes digunakan dengan diminum atau dioleskan di luka.

Sebelum menggunakan daun binahong sebagai obat alami, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Manfaat daun binahong untuk diabetes telah dipercaya masyarakat Indonesia sejak lama.

Namun, bukti ilmiah tentang khasiat tanaman ini kebanyakan masih terbatas pada hewan percobaan.

Oleh karena itu, jangan jadikan daun binahong sebagai satu-satunya obat untuk mengatasi diabetes.

Tanaman herbal ini hanya pelengkap dari rangkaian pengobatan diabetes yang telah ditentukan dokter sesuai kondisi Anda.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Muflih, F. (2019). EFEK TEH BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN.) STENNIS) TERHADAP PENURUNAN GULA DARAH. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 1(2), 445-450. Retrieved from http://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/236

Sudirman, S., & Kusumastuti, A. (2018). Pengaruh Pemberian Rebusan Daun Binahong (Anredera Cordifolia) terhadap Kadar Glukosa Darah pada Wanita Dewasa. Journal Of Nutrition College, 7(3), 114. doi: 10.14710/jnc.v7i3.22270

Astuti, S., Sakinah A.M, M., Andayani B.M, R., & Risch, A. (2011). Determination of Saponin Compound from Anredera cordifolia (Ten) Steenis Plant (Binahong) to Potential Treatment for Several Diseases. Journal Of Agricultural Science, 3(4). doi: 10.5539/jas.v3n4p224

Anredera cordifolia (Madeira vine) . (2021). Retrieved 3 May 2021, from https://www.cabi.org/isc/datasheet/112290

Kintoko, K., & Desmayanti, A. (2009). The effectivity of ethanolic extract of binahong leaves (anredera cordifolia (tenore) steen) gel in the management of diabetic wound healing in aloxan-induced rat models. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 7(5), 227-236. doi: 10.20885/jkki.vol7.iss5.art9

Diabetes – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 3 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-20371444

Djamil, R., Winarti, W., Zaidan, S., & Abdillah, S. (2017). Antidiabetic activity of flavonoid from Binahong leaves (Anredera cordifolia) extract in Alloxan induced mice. Journal of Pharmacognosy & Natural Products, 03(02). https://doi.org/10.4172/2472-0992.1000139

Singh, G., Utami, N., & Usman, H. (2014). Effect of Topical Application of Binahong [Anredera cordifolia (Ten.) Steenis] Leaf Paste in Wound Healing Process in Mice. Althea Medical Journal, 1(1), 6-11. Retrieved from http://journal.fk.unpad.ac.id/index.php/amj/article/view/289

Garmana, A. N., Sukandar E. Y., Fidrianny, I. (2016). Preliminary Study of Blood Pressure Lowering Effect of Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) on Wistar Rats. International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research 2016; 8(2); 300-304. Retrieved from http://impactfactor.org/PDF/IJPPR/8/IJPPR,Vol8,Issue2,Article15.pdf

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x