home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Miliki Payudara yang Kencang dengan Mengonsumsi 9 Makanan Berikut

Miliki Payudara yang Kencang dengan Mengonsumsi 9 Makanan Berikut

Bentuk payudara yang indah dan kencang tentu menjadi impian setiap wanita. Selain olahraga dan pijatan, sejumlah makanan disinyalir dapat membantu mengencangkan payudara. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak ulasan berikut!

Apa saja makanan untuk mengencangkan payudara?

Jika ingin mencoba untuk mengencangkan payudara secara alami, coba konsumsi makanan berikut sebagai salah satu usahanya.

Berikut beberapa makanan yang diduga dapat membantu mengencangkan payudara Anda.

1. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kacang almond, hazelnut, dan kacang polong diduga dapat membantu Anda untuk mengencangkan payudara.

Hal ini karena kacang-kacangan dapat meningkatkan hormon estrogen pada wanita sehingga kemungkinan membantu memperbesar payudara dan membuatnya lebih kencang.

Kandungan lain dalam kacang-kacangan adalah vitamin E yang dapat membantu menutrisi kulit. Kulit yang ternutrisi dengan baik akan membuat payudara menjadi lebih kencang.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung lemak baik sehingga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal. Dengan menjaga berat badan, maka payudara Anda pun akan menjadi lebih kencang.

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, tomat, pepaya, dan jambu biji dapat Anda konsumsi sebagai makanan untuk mengencangkan payudara.

Kandungan berbagai vitamin pada buah-buahan dapat menjadi antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan zat berbahaya dari luar.

Radikal bebas disinyalir menjadi faktor risiko yang menyebabkan berbagai masalah dan penyakit pada payudara. Di antaranya adalah payudara yang kendur hingga kanker payudara.

3. Sayuran hijau

Sejumlah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kale adalah jenis makanan untuk bantu mengencangkan payudara secara alami.

Hal ini karena sayuran hijau mengandung zat fitoestrogen yang dapat memacu peningkatan hormon estrogen pada wanita.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Current Topics in Developmental Biology, hormon estrogen ini berperan dalam pertumbuhan organ-organ reproduksi wanita, termasuk payudara.

4. Biji wijen

Makanan selanjutnya untuk mengencangkan payudara adalah biji wijen. Selain kacang-kacangan dan sayuran hijau, biji wijen adalah makanan yang juga dapat membantu peningkatan hormon estrogen.

Menurut penelitian dari The Journal of Nutrition, biji wijen dapat meningkatkan hormon seks, antioksidan dan menjaga lemak darah pada wanita post-menopause.

Dalam waktu 5 minggu, para lansia mengalami peningkatan aktivitas hormon estrogen. Ini dilihat dari lansia yang mengonsumsi 1 sendok makan bubuk biji wijen setiap minggu.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa rutin mengonsumsi biji wijen dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada wanita seperti menurunnya hormon estrogen dan payudara yang kendur.

5. Bawang putih

Makanan pengencang payudara selanjutnya adalah bawang putih. Menurut penelitian yang terbit dalam Phytotherapy Research, bawang putih mengandung kalsium dan kreatinin yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang rangka dan sendi.

Tulang rangka dan sendi yang sehat dapat memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang baik dapat mendukung posisi payudara sehingga menjadi lebih kencang.

6. Adas manis

Adas manis atau star anise adalah makanan berikutnya yang dapat membantu mengencangkan payudara. Adas manis dapat dikonsumsi sebagai rempah-rempah atau minyak.

Menurut International Journal of Pharmacology, adas manis mengandung zat anethole yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Di antara manfaat tersebut adalah dapat mencegah perkembangbiakan bakteri dan jamur pada kulit, meningkatkan hormon estrogen, serta menjaga kepadatan tulang.

Hal-hal tersebut diyakini dapat membantu agar payudara menjadi lebih kencang.

7. Makanan laut

Tidak hanya mengencangkan payudara, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang dapat mencegah berbagai penyakit pada payudara, seperti kanker payudara. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah kanker payudara adalah omega-3.

Makanan laut adalah sumber omega-3 yang baik. Disarankan untuk rutin mengonsumsi sekitar 250 gram makanan kaya omega-3 untuk mencegah karsinoma payudara penyebab kanker.

8. Susu kedelai

Selain makanan, minuman juga dapat mengencangkan payudara, salah satunya adalah susu kedelai. Menurut penelitian pada Journal of Agricultural and Food Chemistry, olahan kedelai kaya akan isoflavon.

Kandungan isoflavon pada susu kedelai diyakini dapat meningkatkan aktivitas hormon estrogen. Sehingga dapat membantu pertumbuhan payudara agar kencang.

9. Kopi

Kopi adalah minuman yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan payudara. Para ahli menyebutkan bahwa dibutuhkan peningkatan kadar hormon estrogen untuk mengencangkan payudara.

Namun, sebagian ahli juga berpendapat bahwa kelebihan hormon estrogen justru dapat memicu dampak negatif pada payudara seperti kanker.

Jika terserang kanker, bukan hanya mengakibatkan payudara menjadi tidak kencang, melainkan juga dapat beresiko pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hal ini dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi kopi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jingmei Li dari Karolinska Institutet Swedia, mengonsumsi kopi setiap hari dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita post-menopause.

Pola hidup sehat ternyata lebih efektif daripada makanan untuk mengencangkan payudara

sakit payudara

Dilansir dari Mayo Clinic, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektifitas makanan untuk mengencangkan payudara.

Terdapat cara lain yang dinilai lebih efektif untuk mengencangkan payudara, antara lain sebagai berikut.

Menjaga berat badan

Berat badan berlebih dapat menekan jaringan payudara sehingga membuatnya menjadi kendur. Sementara berat badan yang terlalu ringan dapat mengurangi kepadatan payudara.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga berat badan ideal agar memiliki payudara yang indah dan kencang.

Perbanyak minum air putih

Asupan air yang cukup dapat meningkatkan kekencangan kulit. Kulit yang kencang dapat membuat payudara menjadi lebih kencang pula.

Olehnya itu, perbanyaklah minum air putih dan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air agar payudara senantiasa sehat dan kencang.

Melakukan pijatan

Bukan hanya makanan untuk mengencangkan payudara, pijatan juga dapat Anda lakukan.

Saat memijat payudara, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak esensial, shea butter, lidah buaya, dan lain-lain.

Rutin berolahraga

Selain dapat membantu menjaga berat badan ideal, rutin berolahraga juga dapat membuat otot-otot menjadi lebih kencang.

Disarankan untuk melakukan latihan pada otot-otot di bagian tubuh atas agar payudara menjadi lebih kencang.

Yoga

Postur tubuh menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kekencangan payudara. Terlalu membungkuk dapat membuat payudara mengendur.

Rutin melakukan latihan fisik seperti yoga dapat memperbaiki postur tubuh. Sehingga payudara dapat terjaga kekencangannya.

Berhenti merokok dan tidak minum alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan risiko payudara kendur dan mengecil. Hal ini karena nikotin dan alkohol dapat mempercepat proses penuaan dan merusak jaringan penyokong payudara.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya berhenti merokok dan minum alkohol agar payudara tetap indah dan kencang.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mukherjee, M. (2007, November 21). Role of peritoneal macrophages and lymphocytes in the development of hypogonadal osteoporosis in an ovariectomized rat model: Possible phytoestrogenic efficacy of oil extract of garlic to preserve skeletal health. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17600860/ Accessed March 14, 2021.

11 foods to feed your breasts. (2020, April 8). BlackDoctor.org. https://blackdoctor.org/11-foods-to-feed-your-breasts/ Accessed March 14, 2021.

5 ways to boost breast health. (2020, October 9). Health Essentials from Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/5-ways-to-boost-breast-health/ Accessed March 14, 2021.

Hamilton, K. J. (2017). Estrogen hormone biology. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28527569/ Accessed March 14, 2021.

Wu, W. H. (2006, May). Sesame ingestion affects sex hormones, antioxidant status, and blood lipids in postmenopausal women. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16614415/ Accessed March 14, 2021.

Murphy, P. A. (1999, July). Isoflavones in retail and institutional soy foods. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10552547/ Accessed March 14, 2021.

Li, J., Seibold, P., Chang-Claude, J. et al. Coffee consumption modifies risk of estrogen-receptor negative breast cancer. Breast Cancer Res 13, R49 (2011). https://doi.org/10.1186/bcr2879 Accessed March 14, 2021.

Rinker, B. (2010, May). Breast ptosis: Causes and cure. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20354434/ Accessed March 14, 2021.

Jaffary, F. (2006). Evaluation of the Prophylactic Effect of Fennel Essential Oil on Experimental Osteoporosis Model in Rats. International Journal of Pharmacology, 2(5). https://doi.org/10.3923/ijp.2006.588.592 Accessed March 14, 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 23/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x