backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan
Konten

Cara Cek Kista Sendiri di Rumah Berdasarkan Jenisnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Cara Cek Kista Sendiri di Rumah Berdasarkan Jenisnya

Saat terdapat benjolan di bagian tubuh tertentu, Anda mungkin akan mencari tahu cara cek kista sendiri di rumah karena khawatir kondisi ini merupakan kista. Apalagi kista sering kali tidak menunjukkan gejala yang khas. Namun, apakah ada cara untuk mengecek kista sendiri di rumah? Berikut ulasannya.

Apakah bisa cek kista sendiri di rumah?

Jawaban singkatnya bisa. Memang ada cara yang dapat membantu mengecek kista sendiri di rumah.

Namun, pemeriksaan kista yang dilakukan di rumah hanya untuk beberapa jenis kista, misalnya di area yang mudah dijangkau, seperti kulit dan payudara. 

Sementara untuk kista yang berada di dalam tubuh, seperti kista ovarium, pemeriksaan mandiri di rumah tidak mudah dilakukan dan umumnya membutuhkan bantuan dari dokter untuk diagnosis yang akurat. 

Jenis kista yang bisa dicek sendiri di rumah pun tetap perlu mendapat pemeriksaan dari dokter untuk menentukan diagnosis yang akurat.

Sebelum mendapat pemeriksaan dari dokter, Anda dapat mengamati gejala atau perubahan pada tubuh yang mungkin terkait dengan kista secara mandiri di rumah.

Gejala kista bervariasi bergantung pada jenisnya. Meski begitu, ada gejala umum yang dapat Anda amati, misal nyeri, pembengkakan, hingga gangguan siklus menstruasi pada kista ovarium. 

Nah, sebagai cara cek kista di rumah, Anda dapat memantau gejala, seperti nyeri yang berkepanjangan atau intensitas yang meningkat, atau tanda lainnya yang dicurigai. 

Jangan lupa juga untuk mencatat gejala yang Anda alami secara detail guna membantu dokter nantinya dalam diagnosis. 

Nantinya untuk diagnosis yang lebih akurat, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lanjutan dengan CT scan atau MRI untuk menentukan jenis hingga ukurannya. 

Hal ini penting dilakukan guna menentukan jenis pengobatan yang sesuai dengan jenis kista yang diderita, mengingat pengobatan kista dapat berbeda-beda tergantung pada jenisnya.  

Bagaimana cara cek kista sendiri?

kista payudara

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada langkah yang dapat dilakukan sebagai cara cek kista sendiri di rumah guna membantu dokter dalam mendiagnosisnya. 

Berikut ini adalah beberapa cara pemeriksaan yang dapat dilakukan secara mandiri untuk beberapa jenis kista. 

1. Kista kulit 

Melansir National Health Service UK, kista kulit dapat terbentuk di sebagian besar area tubuh, termasuk kepala, wajah, leher, dada, dan punggung.

Untuk cara cek kista kulit sendiri di rumah, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan. 

  • Periksa area yang dicurigai. Gunakan cermin untuk membantu memeriksa area kulit yang sulit dijangkau. Rasakan dengan lembut permukaan kulit untuk merasakan apakah terdapat benjolan. 
  • Amati bentuk dan ukurannya. Kista kulit biasanya berbentuk bulat dan ukurannya bisa bervariasi. Sebaiknya catat perubahan ukuran atau bentuknya dari waktu ke waktu. 
  • Perhatikan gejala lain. Jika kista terasa nyeri, merah, atau meradang, ini bisa menjadi tanda infeksi dan sebaiknya segera konsultasi kepada dokter. 

2. Kista payudara

Kista payudara adalah kantung berisi cairan yang bisa terasa sebagai benjolan di payudara. Untuk membantu memeriksanya di rumah, berikut adalah cara cek kista payudara yang dapat dilakukan. 

  • Lakukan pemeriksaan. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin, idealnya seminggu setelah menstruasi ketika payudara tidak terlalu sensitif.
  • Rasakan dengan lembut. Gunakan jari-jari untuk merasakan adanya benjolan di payudara. Periksa seluruh bagian payudara dan ketiak.
  • Catat perubahan.  Perhatikan jika ada perubahan ukuran atau bentuk benjolan dari waktu ke waktu. Jika benjolan terasa keras atau tidak bergerak, segera konsultasikan kepada dokter.

3. Kista ovarium 

Meskipun pemeriksaan kista ovarium di rumah sulit dilakukan, cara cek kista ovarium sendiri di area perut berikut mungkin dapat membantu Anda.

  • Perhatikan gejala. Perhatikan ciri darah kista yang muncul atau gejala lain, seperti nyeri panggul, perut kembung, menstruasi tidak teratur, hingga sulit buang air kecil. 
  • Catat siklus menstruasi. Perhatikan juga siklus menstruasi Anda. Jika terjadi perubahan signifikan atau nyeri yang tidak biasa, segera konsultasikan kepada dokter. 

Yang perlu diingat adalah beberapa cara di atas tidak dapat digunakan sebagai langkah akurat untuk mendiagnosis penyakit kista.

Untuk memastikannya, Anda perlu melakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter. 

Apa ciri-ciri wanita terkena kista?

Kista pada wanita dapat memiliki beberapa ciri-ciri yang mungkin bisa dikenali. Beberapa ciri kista ovarium pada wanita adalah:
  • nyeri panggul atau perut,
  • perubahan dalam siklus menstruasi,
  • sakit saat berhubungan seksual,
  • perubahan hormon, dan
  • pembengkakan pada perut akibat kista yang membesar menekan organ di sekitarnya.

Cara mengobati kista di rumah

Produk skin care alami

Pada dasarnya kista tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan bila tidak terlalu besar. 

Selain cara cek kista sendiri, mengetahui pengobatan rumahannya mungkin bisa membantu Anda mengelola gejala.

Berikut adalah cara rumahan untuk membantu meringankan benjolan dan gejala lainnya yang terjadi akibat kista.

1. Kompres panas 

Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meringankan dan mengecilkan kista adalah menggunakan kompres panas. 

Kompres panas dipercaya dapat mengurangi kekentalan cairan di dalam kista serta meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat proses penyembuhan. 

Caranya pun mudah, Anda hanya perlu membasahi kain dengan air panas dan tempelkan pada area yang dituju selama 20—30 menit. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari. 

2. Tea tree oil 

Meskipun tidak mengobati secara langsung, tea tree oil dipercaya dapat membantu mengatasi kista, biasanya kista kulit. 

Hal ini karena tea tree oil mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, virus, jamur, dan patogen lainnya. 

Untuk menggunakannya, Anda dapat mencampurkan dua hingga tiga tetes tea tree oil dengan sekitar 1 ons atau 30 ml air hangat bersih. Lalu oleskan langsung ke kista beberapa kali sehari. 

3. Cuka sari apel 

Tidak jauh berbeda dengan tea tree oil, kandungan asam asetat di dalam cuka apel memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi kista, terutama kista kulit. 

Untuk menggunakannya, Anda dapat mencampurkan air dan cuka sari apel dengan perbandingan yang sama. Lalu, oleskan secara langsung ke kista beberapa kali sehari. 

4. Minyak jarak 

Minyak jarak diketahui memiliki sifat antimikroba yang sangat efektif dalam membunuh bakteri yang hidup di kulit yang dapat menyebabkan kista. 

Saat menggunakan minyak jarak ini, sebaiknya pastikan produk tersebut adalah minyak jarak murni 100%. 

Caranya, teteskan satu minyak jarak pada jari dan oleskan secara langsung pada kista beberapa kali dalam sehari. 

Itulah beberapa cara cek kista sendiri yang dapat Anda coba beserta dengan pengobatan rumahan yang dapat dilakukan.

Namun ingat, beberapa pengobatan di atas tidak bisa menjadi pengganti pengobatan medis, terutama untuk kista ovarium yang membutuhkan penanganan dokter.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui keamanan dan efektivitasnya serta pengobatan yang lebih tepat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan