8 Penyebab Telat Haid 1 Bulan pada Remaja

    8 Penyebab Telat Haid 1 Bulan pada Remaja

    Haid atau menstruasi pada wanita normalnya terjadi secara teratur setiap bulan. Namun, pada beberapa wanita, siklus haid bisa menjadi tidak teratur, bahkan hingga telat haid 1 bulan. Kondisi ini bisa dialami oleh setiap wanita, tetapi lebih rentan terjadi pada remaja. Apa penyebab telat haid 1 bulan pada remaja? Ketahui di bawah ini.

    Penyebab telat haid 1 bulan pada remaja

    Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda dari satu sama lain.

    Siklus menstruasi yang normal pada umumnya terjadi setiap 28 hari. Namun, tetap menjadi hal yang normal jika haid terjadi lebih cepat atau lambat sedikit dari siklus umum tersebut, biasanya sekitar 21 hingga 35 hari.

    Siklus haid yang tidak teratur tidak selalu menandakan adanya suatu kondisi atau gangguan di dalam tubuh.

    Pada remaja, siklus haid umumnya akan terus mengalami perubahan, sesuai dengan kemampuan tubuh menghasilkan sel telur setelah haid pertama (menarche).

    Pada 2 tahun pertama, tubuh mungkin belum mampu untuk menghasilkan sel telur secara rutin. Akibatnya, haid sering kali menjadi tidak teratur, bahkan hingga telat 1 bulan.

    Dilansir dari The American College of Obstetricians and Gynecologists, kondisi tersebut paling sering terjadi pada usia 12 hingga 13 tahun.

    Sama seperti pada wanita dewasa, penyebab utama haid tidak teratur hingga telat 1 bulan pada remaja sebenarnya adalah kadar hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh.

    Ini karena hormon merupakan hal yang paling memengaruhi produksi sel telur di dalam tubuh pada masa ovulasi.

    Ada beberapa penyebab hormon di dalam tubuh tidak seimbang, di antaranya sebagai berikut.

    1. Pubertas

    haid di sekolah

    Haid tidak teratur pada remaja dapat dipicu oleh pubertas.

    Pada masa ini, sangat umum jika kadar hormon di dalam tubuh tidak seimbang. Ini karena tubuh akan menghasilkan hormon-hormon baru untuk mendukung tumbuh kembang tubuh.

    Begitu juga dengan adanya perubahan pada hipotalamus, kelenjar pituitari, dan rahim, yaitu bagian-bagian tubuh yang berfungsi untuk mengatur siklus haid.

    Ini lah yang menyebabkan tanggal haid bisa maju ataupun mundur.

    2. Terlalu kurus

    Saat mengalami gangguan makan, tubuh tidak mendapatkan asupan kalori yang cukup untuk bisa berfungsi dengan baik. Tubuh pun berisiko mengalami gizi buruk dan bisa menjadi sangat kurus.

    Jika terlalu kurus, produksi hormon untuk ovulasi akan terganggu akibat hipotalamus yang tidak berfungsi dengan baik.

    Akibatnya, siklus haid bisa terganggu dan gangguan menstruasi dapat terjadi.

    Beberapa gangguan makan yang bisa menyebabkan kurus pada remaja hingga menjadi penyebab telat haid 1 bulan, yaitu anoreksia dan bulimia.

    3. Obesitas

    Selain terlalu kurus, terlalu gemuk atau obesitas juga bisa menyebabkan haid telat hingga 1 bulan pada remaja.

    Pada kondisi ini, penyebabnya juga sama, yaitu hipotalamus yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

    Pasalnya, lemak berlebih pada tubuh bisa memengaruhi masa ovulasi dan menyebabkan tidak terjadinya menstruasi.

    4. Stres

    Meski jarang disadari, stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa, tetapi juga remaja. Para remaja bisa mengalami stres jika terlalu banyak pikiran.

    Stres bisa memengaruhi fungsi kerja hipotalamus, yaitu bagian otak yang mengatur kadar hormon pengatur siklus haid.

    Saat mengalami stres berlebih, hormon yang terdapat di dalam tubuh pun bisa mengalami perubahan, sehingga memengaruhi siklus haid.

    5. Kelainan hormon

    Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kelainan kadar hormon di dalam tubuh pada remaja.

    Kondisi-kondisi ini dapat membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, sehingga ovulasi tidak bisa terjadi dengan baik.

    Beberapa kondisi tersebut, meliputi sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyakit endrokrin, gangguan tiroid, dan adenoma hipofisis.

    Alhasil, kelainan hormon inilah yang bisa jadi satu dari berbagai penyebab telat haid 1 bulan pada remaja.

    6. Kelainan organ reproduksi

    Selain gangguan hormon, kelainan organ reproduksi juga bisa jadi penyebab telat haid 1 bulan, bahkan bisa beberapa bulan, pada remaja.

    Terkadang, organ reproduksi bisa gagal terbentuk dengan sempurna saat masa perkembangan janin di dalam rahim, seperti kelainan pada rahim, leher rahim (serviks), atau vagina.

    Kelainan tersebut bisa mengganggu siklus haid sehingga menjadi tidak teratur.

    7. Olahraga Berat

    Olahraga dengan intensitas yang terlalu berat bisa menyebabkan sejumlah kondisi yang bisa memengaruhi kadar hormon di dalam tubuh.

    Ambil contohnya seperti kadar lemak tubuh yang rendah, stres, dan penggunaan energi tubuh yang berlebihan.

    Salah satu jenis olahraga yang membutuhkan latihan intens dan berisiko menyebabkan siklus haid tidak teratur pada remaja, yaitu balet.

    Bukan hanya itu, olahraga yang dilakukan tidak sesuai aturan juga bisa menyebabkan siklus haid menjadi terlambat karena bisa membuat tubuh bekerja terlalu berat.

    8. Efek Samping Obat-Obatan

    Beberapa jenis obat, seperti obat tiroid, kortikosteroid, antidepresan, antikonvulsan, antipsikotik, dan obat kemoterapi, bisa mengganggu perubahan hormon di dalam tubuh.

    Risiko tidak terjadinya telat haid pada remaja bisa meningkat jika mengonsumsi obat-obatan tersebut.

    Cara mengatasi telat haid 1 bulan pada remaja

    haid tidak teratur

    Untuk mengatasi penyebab telat haid 1 bulan pada remaja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

    Cara-cara tersebut bertujuan untuk memperbaiki keseimbangan hormon di dalam tubuh. Berikut beberapa caranya.

    • Menghindari stres yang bisa memengaruhi haid, misal dengan berlibur atau konsultasi dengan terapis bila perlu.
    • Mengatur kembali pola makan untuk membantu menambah atau mengurangi berat badan serta mempertahankannya.
    • Membatasi aktivitas fisik yang terlalu berat, misal dengan berbicara kepada pelatih terkait pola latihan yang lebih aman atau mengikuti aturan yang tepat

    Jika telat haid terus terjadi hingga 3 bulan atau 90 hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

    Bila diperlukan, pengobatan untuk penyebab telat haid 1 atau beberapa bulan pada remaja secara medis oleh dokter juga bisa dilakukan, di antaranya sebagai berikut.

    • Terapi hormon dengan progesteron.
    • Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu.
    • Operasi untuk menangani kelainan organ reproduksi.

    Pengobatan tersebut umumnya akan ditentukan berdasarkan gejala yang dialami, usia, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Abnormal Menstruation (Periods): Types, Causes & Treatment. (2022). Retrieved 11 August 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14633-abnormal-menstruation-periods

    Amenorrhea | Children’s Hospital of Philadelphia. (2022). Retrieved 11 August 2022, from https://www.chop.edu/conditions-diseases/amenorrhea-teens

    Amenorrhea in Teens – Health Encyclopedia – University of Rochester Medical Center. (2022). Retrieved 11 August 2022, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=90&ContentID=p01579#:~:text=Primary%20amenorrhea%20is%20when%20the,exercise%2C%20or%20a%20birth%20defect.

    Aryani, I., Rachma, U., Rokhayati, E., & Moelyo, A. (2018). Menstrual cycle patterns of Indonesian adolescents. Paediatrica Indonesiana58(3), 101-5. https://doi.org/10.14238/pi58.3.2018.101-5

    Everything You Wanted to Know About Puberty (for Teens) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 11 August 2022, from https://kidshealth.org/en/teens/puberty.html

    I’m 19. Is it Normal to Still Have Irregular Periods? (for Teens) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 11 August 2022, from https://kidshealth.org/en/teens/still-irregular.html

    Irregular periods. (2022). Retrieved 11 August 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/irregular-periods/

    Irregular Periods (for Teens) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 11 August 2022, from https://kidshealth.org/en/teens/irregular-periods.html#:~:text=It’s%20common%2C%20especially%20in%20the,influenced%20by%20events%20like%20these.

    Menstruation in Girls and Adolescents: Using the Menstrual Cycle as a Vital Sign. (2022). Retrieved 11 August 2022, from https://www.acog.org/clinical/clinical-guidance/committee-opinion/articles/2015/12/menstruation-in-girls-and-adolescents-using-the-menstrual-cycle-as-a-vital-sign

    Menstruation in Girls and Adolescents: Using the Menstrual Cycle as a Vital Sign. (2006). Pediatrics118(5), 2245-2250. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2481

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Aug 26
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita